--> Skip to main content

Dijamin Strike Mancing Udang Galah Capit Biru

Mancing udang galah capit biru memang asik, apa lagi kalau setiap melempar umpan terus di mendapat sambaran dari udang galah. Hal yang perlu kalian ketahui bila ingin memancing udang capit biru ataupun galah adalah umpanya, selain itu juga tau cara buat udang galah kumpul dan tekhnik memancingnya.

Mancing udang galah capit biru memang asik, apa lagi kalau setiap melempar umpan terus di mendapat sambaran dari udang galah. Hal yang perlu kalian ketahui bila ingin memancing udang capit biru ataupun galah adalah umpanya, selain itu juga tau cara buat udang galah kumpul dan tekhnik memancingnya

Nah buat kalian yang mungkin punya rencana untuk mancing udang galah capit biru, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja yang kalian perlukan. Termasuk peralatan yang kalian butuhkan, karena bila ada yang salah bisa jadi hasilnya kurang maksimal.

Oh ya 1 lagi, kalian harus tau betul kondisi air di daerah kalian, maksudnya apakah daerah kalian sungai biasa atau dekat dengan pohon bakau. Karena di ke 2 jenis air ini umpanya juga berbeda dan tidak bisa di hantam saja saat kalian memancingnya.

Alat utama yang harus kalian siapkan adalah mata kail yang khusus, tapi bukan hanya sebatas itu saja termasuk dari senar yang pas dan pokoknya semuanya lah. Supaya hasil pancingan kalian lebih pas dan mantap bila ketagihan memancingnya ulangi lagi sampai bosan. hehe.

Umpan Udang Galah Capit Biru

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi, buat kalian yang ingin memancing jenis udang ini perhatikan dulu kondisi airnya.

Umpan yang cocok untuk sungai biasa Adalah Cacing Sampah, kalian bisa coba mengunakan cacing yang biasanya ada di sampah. Dengan cacing sampah bila ada udang galahnya bisa dipastikan akan langsung di sambar. Bila kondisi sungai kalian dekat dengan pohon bakau atau nipah, umpan yang cocok adalah cacing nifah (pumpun) lebih jos lagi kalau yang kalian cari Cacing Nifa yang berukuran kecil atau sedang, jangan kebesaran.

Nah ke 2 kondisi air ini tidak bisa kalian asal saja, bila mancing udang galah capit biru di sungai dengan kondisi air dekat pohon nifah, kalian tetap bisa mengunakan Cacing Sampah. Tapi kalau kondisi sungai kalian biasa, maka kalian tidak bisa memancing udang ini dengan Cacing Nifah.

Selain kalian mengetahui umpanya diatas, sebaiknya ketahui juga apa saja yang dibutuhkan saat memancing udang ini.

Mata Kail Pancing Udang Galah Capit Biru

Perlu kalian ketahui, mata kail biasa bila digunakan untuk mancing udang galah ini memang bisa, tapi ada salahnya karena mulut udang galah ini kecil dan halus. Jadi, mata kail yang tepat untuk kalian gunakan adalah tipe halus, kecil, kuat dan tajam.

Jenis mata kail ini seperti Nissin dan Daichi, kalian bisa mencoba salah satu dari jenis mata kail ini. Bila udang galah capit biru memakan umpan pancing kalian, pasti akan masuk dan mengenai tepat di bibirnya. Berbeda dengan mata kail biasa, terkadang udang galah memakan umpan tapi tidak kena.

Selain mata kail, yang harus kalian ketahui selanjutnya adalah senar pancing yang kalian gunakan. Kalau bisa, gunakan yang halus minimal 0.25 ke bawah. Semakin halus senar, semakin bagus juga untuk kalian gunakan untuk memancing udang galah ini.

Jangan gunakan senar yang besar, karena bila senar kalian terlihat oleh udang biasanya akan di putuskan dengan capit birunya yang kuat dan tajam.

Bila kalian sudah mengetahui jenis umpan yang cocok dan mata kail yang tepat untuk mancing udang galah. Ada tips jitu lainya, yaitu cara untuk mengumpulkan udang galah ini, dengan sedikit tips ini di jamin udang galah yang berada di bagian bawah arus sungai akan naik ke atas semua.

Kelapa Bakar Untuk Mancing Udang Capit Biru

Ini adalah resep tradisional yang di gunakan dari nenek moyang kami, untuk memancing udang capit biru ini sebaiknya kalian siapkan dulu kelapa bakar.

Cara untuk membuatnya simpel saja, ambilah kelapa tua dan bakar sampai hitam bagian luarnya. Tapi jangan betul-betul hangus, cukup pada bagian luarnya saja yang terbakar. Lalu tancapkan kawat ke bagian tengah kelapa yang sudah kalian bakar tadi, selanjutnya tinggal kasih batu sebagai pemberat dan lemparkan ke bagian sungai yang akan kalian pancing.

Bila kalian mancingnya pindah-pindah, lebih baik melemparkanya dengan mengikat tali. Supaya nanti kalau kalian akan pindah tinggal tarik dan bawa pindah kelapa bakarnya.

Selain kelapa utuh yang kalian bakar, akan lebih mantap lagi bila kelapa yang sudah kalian bakar tadi di parut lebih dulu, kalian butuh kain untuk membungkus kelapa parut tadi. Pengunaanya sama saja yaitu dengan di rendamkan.

Sebaiknya, kalian menengelamkan kelapa bakar ini di atas tempat kalian memancing udang galah capit biru, supaya aroma dari kelapa terbawa arus, udang galah yang naik ke atas, sebelum ketemu kelapa bakar mereka akan lebih dulu ketemu dengan umpan pancing kalian.

Sampai disini, semogga hasil pancingan udang galah capit biru kalian melimpah ruah bila mengunakan cara yang sudah saya bagikan diatas.