Penyebab Senar Pancing Getas Mudah Putus

Bagi yang hobi mancing pasti pernah mengalami, mengunakan senar getas dan terasa mudah sekali putus saat strike ikan.

Entah itu ikan yang besar atau sedang pas di tarik senar langsung putus.

Ada yang memang langsung menguji kekuatan dari senar hasilnya, tetap saja memang mudah putus.

Nah permasalahan senar yang seperti ini, mesti dilihat dengan jelas penyebabnya, karena memang ada yang mudah putus dan ada juga yang awalnya kuat tapi setelah di gunakan menjadi mudah tidak, kalau sudah di ketahui penyebabnya selanjutnya kan enak saja mengunakan senarnya.

Penyebab Senar Pancing Getas Mudah Putus - Bagi yang hobi mancing pasti perah mengalami, mengunakan senar getas dan terasa mudah sekali putus saat strike ikan entah itu ikan yang besar atau sedang pas di tarik senar langsung putus

Untuk penyebab utama dari senar getas dan mudah putus ini, tinggal kita lihat pengunaanya atau tes dulu kekuatanya.

Misalnya pas baru beli senar, terus dicoba tarik langsung dengan tangan untuk memperkirakan kekuatanya.

Kalau di tarik tangan terasa kuat, itu memang senarnya lumayan tapi sebaliknya kalau di tes tarikan untuk memperkirakan sudah mudah putus ya kembali ke kita yang akan mengunakanya.

Untuk pengujian senar dengan perkiraan kita yang akan mengunakanya itu sangat penting, karena kalau tidak pas dengan kekuatanya dengan di uji tangan gimana mau strike dengan kekuatan asli ikan.

Inilah sebabnya butuh diketahui dengan pasti untuk kekuatan senarnya, kalau memang senar yang sudah kita tes kuat.

Itu berarti ada penyebab lainnya yang membuat senar kita mudah putus saat di gunakan.

Dan ada yang sering terjadi membuat senar mudah putus, beberapa di antaranya adalah:

  • Senar Tidak Tahan Panas.
  • Senar Tidak Tahan Gesekan.
  • Diameter Senar Memang Kalah Kuat.
  • Dan Ukuran Tidak Sesuai Dengan Kekuatan.

Beberapa hal diatas yang sering terjadi untuk membuat senar putus, tinggal kembali pada kalian yang mengunakanya.

Kalau ada yang sama penyebabnya, berarti tinggal di sesuaikan supaya saat kalian mancing tenang dan santai Joss terus pas lagi strike ikan, tapi ketahui juga masalah pastinya.

Senar Pancing Tidak Tahan Panas

Untuk yang pertama ini, coba pastikan tempat memancing dengan cuacanya apakah tempat kalian mancing kena sinar matahari secara langsung.

Ini khususnya untuk yang mancing di sungai, sehingga Reel gulungan senar terjemur langsung dengan panas matahari, terlalu lama kena sinar jarang yang bisa tahan kecuali tidak terlalu lama.

Ciri-ciri pengaruh kepanasan ini, bila mengunakan Reel itu ada beberapa bagian senar yang terkadang mudah putus atau getas.

Sedangkan yang lainnya tidak, contohnya bagian yang terendam air masih kuat tapi yang lainnya getas.

Untuk menghindari masalah ini, kalian tidak mencari tempat yang teduh supaya senar yang di gunakan tidak mudah putus.

Kalau tidak ada tempat yang teduh, senar mesti sering kalian gulung dan lempar umpan lagi, kalau terus di pajang tetap saja akan mudah putus.

Berbeda bila memancing mengukan Tegek langsung, tidak pakai Reel walaupun mancing di lokasi yang panas tinggal membasahi bagian senar yang terjemur.

Basahkan sekilas dengan air pastinya sudah dingin lagi, kalau yang begini sudah di coba masih saja, mungkin ada permasalahan yang lainnya lagi.

Senar Pancing Tidak Tahan Dengan Gesekan

Tapi untuk pemancing rawa yang biasanya ada banyak sangkutanya juga sering terjadi gesekan senar, yang saya maksudkan itu seperti ini.

Waktu kalian mancing, beberapa bagian senar langsung bergesekan dengan lawanya seperti Napal, Bebatuan dan juga kayu di dalam air.

Senar yang tadinya terjadi gesekan membuat beberapa bagianya tadi gores, tapi tidak kelihatan secara langsung.

Kalau di raba pakai tangan ya tetap terasa bagian yang sudah gores tadi, tapi kalau kita tidak tau ya tetap terjadi mudah putus, biasanya pas strike langsung tas.

Untuk senar yang sering gesekan dan mudah putus seperti ini, sulit juga untuk di hindari, karena kita tidak akan tau lokasi tempat yang tidak ada gesekannya dengan apa yang ada di dalam air tadi.

Mengetahuinya ya cukup dengan meraba atau memang di perhatikan bagian senar yang gores tadi, kalau ketemu yang sudah gores ya mesti di potong lah.

Soalnya tidak ada jalan lainnya, yang bisa dilakukan hanya memilih spot tempat memancing yang oke dan tidak banyak gesekanya, kalau di rasa sudah pas tapi tetap getas mungkin ada penyebab lainnya lagi.

Diameter Senar Kalah Kuat

Sebagai pemancing, juga pastilah tau kalau mengunakan senar dengan ukuran yang kecil lalu strike ikan yang besar pasti putus kan.

Inilah yang di maksud dengan ukuran diameter senar kalah, dengan ukuran kekuatanya sebut saja ukuran 0.08 tapi pas strike dengan ikan yang berbobot 3 kiloan, pastinya kalah kan kecuali kalau yang mancing memang jago mainkan Reel.

Jadi masalah diameter ini mesti di sesuaikan dengan ikan apa yang akan kita pancing, penyesuaian ukuran senar bukan lagi karena getas mudah putus tapi memang kekuatanya yang kalah.

Kalian tinggal menyesuaikan saja ukuranya supaya nyaman saat mancing, begitu strike tidak getas dan mudah putus lagi.

Kesimpulan
Seperti yang sudah sedikit saya jelaskan diatas, kalau semua sudah diperhatikan bisa jadi yang membuat senar getas mudah putus itu memang dari senar yang dibeli.

Karena sebagai pembeli kita tidak akan tau kepastian bahan apa yang di buat, jadi perhatikan penyebabnya dan coba lagi untuk strike supaya pas dengan kekuatan senar yang kita gunakan dan tidak getas mudah putus lagi saat sedang strike ikan yang di targetkan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Senar Pancing Getas Mudah Putus"