Cara Mancing Ikan Belut Yang Susah Makan Umpan

Memancing ikan belut di lubang terkadang memang sangat mengasikan terutama saat strike, waktu narik babon membutuhkan tenaga yang extra. Juga tak jarang terkadang sampai mampu membuat kail pancing patah atau lurus bahkan senar putus.

mancing ikan belut tapi yang susah makan umpan dipancing

Sedangkan jika hanya untuk memancing belut di sawah, ya asik juga sih tapi tidak membutuhkan tenaga karena paling besar hanya sejempol kaki saja.

Walaupun terkesan begitu asik, ada juga ikan belut yang ngeyel, sehigga tidak mau memakan umpan yang kita gunakan untuk memancingnya.

Jadi walau sudah tau lubang tersebut ada ikan belut, saat dimasukan umpan berjam-jam lamanya tidak akan dimakan, lalu pindah lagi ke lubang yang lainnya.

Akan tetapi jangan salah, ada beberapa bagian ikan belut hampir rata-rata susah makan umpan yang kita pakai, apapun itu umpan belut seperti:

  • Cacing kalung
  • Ulat daun pisang
  • Cicak bakar
  • Orong-orong
  • Jangkrik
  • Ceremade
  • Dan daging ayam.

Tetap saja tidak mau dimakan, padahal itu adalah umpan yang paling ampuh untuk mancing ikan belut baik di sawah atau rawa-rawa. Jika sudah tidak mau dimakan, justru bikin pusing juga buat mikirkan yang paling tepat, tapi jangan salah karena terkadang juga ada penyebabnya.

Namun sebelum kalian mengetahui sebabnya, akan lebih baik mengetes dulu dengan umpan andalan satu-satunya untuk ikan belut, yaitu mengunakan cacing kalung atau cicak bakar dengan kuning telur bebek.

Umpan yang dimaksudkan ini tidak akan meleset untuk mancing ikan belut, sekalipun terbilang susah makan. Kecuali jika sudah mengunakan ini masih di tolak juga sah ada masalahnya.

Tapi alangkah baiknya dicoba dulu umpannya, untuk cara membuat seperti biasa saja, cukup kumpulkan cacing kalung atau cicak yang sudah dibakar lalu masukan ke plastik, kemudian campurkan dengan kuning telur bebek yang sudah di kocok dan ikat rapat sambil ditunggu 2 - 3 jam an sebelum digunakan.

Umpan diatas selain dipakai untuk mancing ikan belut, juga menjadi andalan untuk memancing lele liar dimalam hari.

Jadi fungsi pengunaanya seperti ini, kuning telur bebek adalah sumber amis yang paling disukai rata-rata ikan liar termasuk belut, jika tidak kalian rendam dengan cacing kalung aroma ini tetap di cari sumbernya oleh ikan belut.

Dengan itulah jika cacing yang direndam tadi masih hidup awalnya, saat sudah di tutup rapat dan mati aroma kuning telur akan meresap ke cacing. Jadi pas kalian gunakan sebagai umpan dan memasukan ke lubang belut, otomatis akan mencari sumber aroma lalu ketemulah dengan umpan yang dipakai.

Maka dari itulah setiap pemancing ikan belut dan lele jarang ada yang meleset pakai umpan ini, walaupun awalnya dikatakan ikan belut susah makan umpan. Bila sudah pakai ini masih tetap tidak dimakan nah baru kita ulas tentang permasalahannya.

Pada umumnya, ikan belut yang ada di lubang bukanlah tidak mau memakan umpan, tapi di dalamnya terdapat bolongan besar sehingga ia jauh di dalam dan sambil berkeliaran ke segala penjuru. Kita tidak akan tau itu, kecuali dibongkar agar terlihat.

Jadi saat kalian memasukan umpan ke lubang tadi, sama sekali tidak diketahui ikan belut karena jaraknya yang jauh di dalam. Dengan begitu umpan apapun yang dipakai tetap saja boncos, kecuali pakai cacing yang direndam kuning telur tadi karena aromanya menyebar.

Selain itu ikan belut yang sering kalian pancing, kemungkinan sudah terjadi sensitif yang kuat. Kalau sudah seperti ini memang pakai umpan andalan tadi tetap saja boncos, karena sebelum umpan di makan gerakan kalian lebih dulu diketahui, ini juga sebabnya diutamakan untuk tenang lalu diam.

Kadang juga awalnya ingin di makan tapi hanya di emut saja, saat kalian tarik keluar ikan belut mengikuti saja. Pas kepala belut akan keluar dari lubang ia melihat ada manusia, lalu dilepaskan lagi umpan yang di emut tadi dan mundur masuk ke dalam lagi.

Yang seperti ini ada 2 trik bisa kalian terapkan untuk strike yaitu:

  1. Pertama masukan kembali umpan yang tadi lalu kasih jarak senar agak panjang, jika ditunggu belum dimakan buat jagak an lalu tajur. Kemudian gunakan pancing belut cadangan untuk mancing dilubang lainnya sembari menunggu yang pertama ini ditelan habis dengan ikan belut dan strike.
  2. Kedua ngalah, pindah lokasi cari lubang lainnya yang ada ikan belut.

Cara pertama diatas bisa menjadi solusi untuk mendapatkan ikan belut yang tadi terbilang susah makan.

Jangan lupa untuk mengunakan umpan andalan diatas, dengan merendam cacing dengan kuning telur bebek. Sedangkan jika pakai cicak bakar cukup dicelupkan saja bisa langsung pakai, karena umumnya ini juga umpan andalan untuk ikan belut dan lele.

Sampai disini semogga bermanfaat dan salam strike ikan belut yang susah makan umpan.

Posting Komentar untuk "Cara Mancing Ikan Belut Yang Susah Makan Umpan"