Campuran Umpan Lumut Mancing Nila, Baru Tau Ini!

Mancing ikan nila dengan umpan utama lumut, sepertinya tidak akan heran lagi karena sudah menjadi umum untuk diketahui. Tinggal campuran lumut saja yang jadi pertanyaannya, apa ya sekiranya yang paling tepat untuk dipakai!

mengunakan campuran umpan jitu lumut untuk mancing ikan nila

Seperti biasanya, campuran umpan lumut untuk mancing ikan nila ada bermacam-macam, namun untuk yang memang baru di coba rasanya buat penasaran dan ingin tester kecepatan strike ikan nila dengan umpan lumut.

Beberapa di Grup FB sepuataran memancing ikan nila, sekarang lagi banyak yang mengunakan campuran lumut dengan Air Nira. Sempat ikut berdiskusi agar mendapatkan rekomendasi dari sesama pemancing.

Pertanyaan dari saya simpel, cara mencampurkan air nira ke lumut untuk campuran umpan ikan nila berapa cc takaran yang dipakai? Mencarinya dimana dan lebih jauh lagi, semua respon baik dan di test hasilnya memang diluar dugaan saat tester sore kemarin sebelum artikel ini diterbitkan tanggal 30 bulan juli 2022.

Untuk cara mencampurkan air nira ke lumut yang akan digunakan mancing ikan nila, silahkan ikuti cara dibawah ini apa adanya.

Pertama beli dulu air Nira, bisa langsung sama penjual (penderes) tidak direkomendasi mengunakan gula merah karena saya belum nyoba jadi takut kesalahan jika di ikut sertakan dalam tulisan mengunakannya. Sedangkan untuk Nira kelapa juga belum pernah nyoba, hanya baru air Nira aren saja.

Kalian bisa mendapatkan air Nira aren jika di domisili terdapat penderes atau penyadap untuk membuat gula merah. Jika dipesan melalui Marketplace tetap bisa, hanya saja ini tidak bisa bertahan lama dan basi (kecut) rasanya. Pernah nyoba!

air nira campuran umpan lumut

Jika sudah ada air Nira yang dibutuhkan, siapkan lumut dan masukan ke wadah. Perbadingan yang digunakan adalah 1 gayung air dengan setengah gelas Nira, dicampur dulu sambil di aduk sebelum dimasukan ke wadah lumut.

Setelah di campurkan ke lumut baru dibawah untuk mancing ikan nila, pengunaan umpan sama seperti biasanya. Karena waktu baru mengunakannya, awal dipakai umpan terkesan biasa saja ada yang datang ikan kecil-kecil gerumbulan makan lumut, sempat terselip pikiran sama saja mencampurkan dengan bahan lainnya atau tanpa sama sekali.

Berselang lebih kurang 2 jam, ikan nila jadi gacor dan cepat strike. Akhirnya disimpulkan bahwa sesudah di campurkan tidak bisa langsung dipakai, butuh menunggu dulu sebentar, entah mungkin tujuannya meresap ke lumut.

Saat menerapkan perhitungan mencampurkan, lengkap dengan mencoba takaran akhirnya disitu letak mengunakan air Nira untuk campuran umpan lumut ikan nila.

Simpel sih sebenarnya cara menyiapkan, cukup cari air Nira yang akan dipakai dengan lumut, sebelum di campur lebih dulu air dan Nira lalu tunggulah 2 jam dan baru dipakai. Sebenarnya begitu sudah dicampurkan bisa saja langsung dibawa tapi pengalaman saya menuggu lebih kurang di waktu tersebut 2 jam an.

Sebagai tambahan, jika air Nira yang kalian gunakan masih ada sisa simpan di kulkas biar tidak mudah basi, karena jika sudah berbeda aromanya tetap tidak mau ikan nila makan.

Jika kalian kesulitan menemukan air Nira untuk campuran lumut yang dipakai buat umpan ikan nila, silahkan coba beberapa ini, seperti:

  • Masako atau Royco Sapi
  • Vanilli
  • Pelet Jitu Bungkus Biru
  • Dan Luwak White Coffe.

Untuk mencampurkan bahan di atas ke lumut, kurang lebih sama saja, namun jika ingin digunakan takaran dari saya sebagai berikut.

Jika pakai masako atau royco sapi 1 bungkus untuk segayung air yang di campurkan ke lumut.

Pelet jitu bungkus biru dicampur ke air 3 sendok makan segayung air.

Vanilli 1 sendok makan per setengah gayung, kalau kalian tambahkan air penuh segayung berati 2 sendok.

Luwak white coffe campurkan setengah bungkus untuk segayung air, pernah nyoba pakai takaran sendok makan cukup 1 saja.

Inti nya kalau saya yang mencampurkan bahan ke lumut tidak langsung saat air di dalam wadah, tapi diolah sebelum mencampurkannya. Karena di awal dulu sudah beberapa kali langsung di campurkan ke wadah dan bulak-balik lumutnya tapi hasilnya membuat lumut lebih cepat mati.

Kalau lumut sudah mati berubah warna pasti kalian sudah tau kan efeknya digunakan untuk umpan ikan nila. Sampai disini semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Campuran Umpan Lumut Mancing Nila, Baru Tau Ini!"