Ukuran Senar Pancing Ikan Mas Kolam Harian, Diameter 0.06 Bagus!

Memilih ukuran senar pancing untuk memancing ikan mas di kolam sangat dianjurkan sekali, karena biasanya ada pemancing memang belum memahami karakter ikan yang mereka pancing, sehingga harapan yang terbesit dalam pikiran hanya memilih senar pancing yang kuat dan mudah tenggelam saja.

memilih ukuran senar pancing yang cocok untuk di kolam harian

Padahal jika mau diperhitungkan lebih jauh lagi atau justru membuang waktu dan senar pancing saja, lalu akhirnya tetap boncos.

Ukuran diameter senar pancing, memang sangat diperlukan yang sesuai pada ikannya, tanpa bisa memilih yang tepat disinilah letak kesalahan yang tanpa disadari.

Kita contohkan seperti ini: Kalian memancing ikan mas kolam dengan bobot 1 kg, karena kuatir senar pancing putus mengunakan ukuran diameter 0.12 bobot 2 kg an. Lalu hasilnya gimana? Malah umpan jadi sering diabaikan ikan pada kolam yang kita pancing.

Secara diameter senar jika ikan yang kena dibawah 2 kg dengan ukuran diatas tadi, memang tdak akan putus bahkan bisa langsung adu sentakan sekalipun. Tetapi disayangkan, mungkin kalian lupa ada sawuk yang bisa menjadi alat bantu menaikan ikan jika sudah kena pancing.

Kecuali jika target ikan yang berada di tempat kita pancing, memang membutuhkan ukuran diameter senar pancing yang memadai, seperti ikan yang bergigi tajam atau sentakan giras. Memang sangat dibutuhkan ukuran yang cukup, tetapi untuk pemancing ikan yang memahami justru itu diameter tetap bisa diminimalis lagi dan sesuai.

Jadi jika kalian ingin mencari info seputaran ukuran diameter senar pancing untuk di kolam, tidak perlu mengutamakan yang besar tapi cukupkan dengan diameter lalu pelajari saat ikan kena pancing, kuncinya jangan dipaksakan tapi jadikan pertarungan. Untuk beberapa ukuran diameter senar pancing rekomendasi saya ada di:

  • Ukuran Kolam:
    1. No 0.1 Size 0.04 mm, 0.65 kg
    2. No 0.2 Size 0.06 mm, 0.90 kg
    3. No 0.3 Size 0.08 mm, 1,25 kg
    Kunci pemilihan tidak harus ukuran besar tapi sesuaikan dengan bobot target ikan.
  • Ukuran Liaran Bebas:
    1. Size 0.16 mm, 2.5 kg
    2. Size 0.18 mm, 3.0 kg
    3. Size 0.20 mm 3.25 kg
    4. Size 0.23 mm, 3.8kg
    5. Size 0.26 mm 4.0 kg
    6. Size 0.28 mm, 4.5 kg
    7. Size 0.30 mm, 4.80 kg
    8. Size 0.32 mm, 5.0 kg
    9. Size 0.34 mm, 5.35 kg
    10. Size 0.40 mm, 6.0 kg
    11. Size 0.45 mm, 7.0 kg
    12. Size 0.50 mm, 8.0 kg.
    Perlu di ingat, spesifik ukuran senar pancing ada LBS dengan uji secara langsung untuk beban dan akan berbeda jika lawan ikan.

Untuk kalian yang memang belum memahami spesifik senar pancing yang akan dibeli, simpelnya seperti ini saja: Saat akan membeli senar pancing perhatikan Produsen yang membuat produk senar tersebut, lalu pertimbangkan dengan ukuran diameter melalui urutan No.

Pemilih dari Nomer senar pancing itu biasanya terbagi 2 dari spesifikasi yang dikeluarkan, dimana yang umum mulai dari urutan kecil lalu besar, sebaliknya ada juga yang dimulai dari ukuran besar dulu baru mengecil (tapi jarang).

Apa perlu mengetahui produsen dari senar pancing yang akan kita beli? Tentu sangat diperlukan ke akuratan yang akan kita pakai, karena jika hanya untuk kotak senar pancing, gulungan dan catatan spesifik itu banyak yang bisa membuat dan menuliskan untuk menarik perhatian pembeli.

Kembali Ke Senar Pancing Kolam!
Untuk pengunaan dikolam pemancingan, usahakan saja yang senar dengan ukuran kecil karena tidak terlalu membuat ikan sensitif pada umpan yang kita pakai. Selain itu, ketahui dengan BIAS senar pancing yang kita pakai, semakin tinggi nilai maka lebih bagus karena pastinya senar seperti ini akan menyatu dengan air warnanya jadi samar terlihat gerakannya dari ikan.

Perlu kalian ketahui bahwa ikan di air tidak buta dengan senar, inilah penyebabnya pemancing ikan dikolam atau sungai yang memahami akan menentukan spesifikasi senar pancing yang kecil, bias tinggi, halus, lembut (lentur/ lemas) juga kuat. Kekuatan bisa berasal dari cara kita sendiri mengatasi perlawanan ikan yang tidak mendahului pemaksaan harus menang, tapi cukup ikuti permainan ikan dengan mengendorkan knot Spool agar bisa diatur kekencangan dan kendor senar pancing.

Sampai disini, semogga spesifikasi ukuran diameter senar pancing kolam diatas bermanfaat untuk kita sesam pemancing.

Posting Komentar untuk "Ukuran Senar Pancing Ikan Mas Kolam Harian, Diameter 0.06 Bagus!"