Cara Menentukan Spot Mancing Di Sungai Berbagai Arus

Titik tempat untuk memancing ikan di sungai, sedari baru tau sampai sekarang yang harus di tentukan tetaplah 1 saja yaitu dimana bagian air yang sering berkumpul dan sarang ikan.

mencari cara menentukan spot untuk mancing ikan disungai

Tanpa mengetahui bagian yang seperti ini hasilnya ya tetap dapat tapi mungkin tidak seberapa.

Beda halnya jika kita memancing memang pada spot ikan di sungai, setiap melempar umpan target yang di tunggu itu jelas yaitu ikan.

Hanya saja, terkadang kebanyakan yang hobi mancing kurang bisa menentukan spot yang terbaik untuk mereka pancing.

Hasil ikan yang di dapat juga berbeda-beda, contohnya seperti ini: Mancing hari ini dapat ikan patin, besok beda lagi dan seterusnya.

Kesalahan yang tanpa disadarinya lagi adalah umpan yang dipakai, karena titik spot memancing tersebut tidak diketahui dengan jelas ikan apa yang akan dipancing, walaupun harapan ikannya jelas namun belum tentu itulah spotnya.

Jadi sebelum kalian berangkat memancing di sungai, sangat di sarankan untuk menentukan dulu spot mancing ikan di sungai.

Selain itu jenis ikan yang akan dipancing juga harus tau, agar umpan yang dibawa itu sesuai dengan targetnya.

Akan tetapi jika mancing di sungai tanpa memilih target dengan umpan yang di anggap jitu dan sering mendapatkan ikan, itu namanya trabas yang penting strike, cukup mengunakan umpan standart saja seperti:

  • Cacing boleh kalung, sampah, posfor atau pumpun.
  • Udang boleh tajur hidup atau mati pasang.
  • Anak ikan selagi bergerak tajur.
  • Jangkrik disusun dari kail pancing hingga ke leader boleh.
  • Berbagai macam ulat silahkan dipakai.
  • Dan umpan buah juga boleh.

Mengunakan umpan trabas diatas, tidak perlu memikirkan harus strike ikan jenis ini, yang penting pakai. Perhitungan selanjutnya adalah mencari titik spot yang biasanya berada di sungai.

Tapi ini diambil dari pengalaman saya sendiri bila memilih spot dengan umpan yang dipakai!

Umpan amis: jenis cacing memilih spot yang berarus deras mengalir, jika agak tenang harus diperkirakan dalam walaupun tidak seberapa.

ciri ciri spot sungai yang banyak ikan

Biarpun arus lurus yang penting agak dalam, tekhnik mancing yang digunakan adalah dasaran.

Perlu kalian ketahui spot sungai yang terlihat lurus dan air mengalir walaupun tidak begitu dalam, bukan tidak menjadi spot ikan.

Perhatikan jenis ikan patin, sengerat, hampala, mahseer juga masih sangat sering di dapat pada kondisi air mengalir walaupun lurus, tanpa harus memilih bagian sungai yang belok dengan air sedikit berputar.

Namun di sayangkan, menentukan spot mancing ikan di sungai dengan air yang mengalir dan lurus tidak begitu dalam, sekiranya agak kesulitan mendapatkan yang besar atau babon.

Tapi ini hanyalah menjadi jalan untuk pintasan naik ke bagian atas atau bawah, karena tempat ikan lewat lah jadinya kita tetap sering mendapatkannya.

Sedangkan jika memilih spot yang memang banyak babon, tetap harus bagian spot yang memang dalam dan terdapat bongkahan di dasarnya seperti kayu-kayu besar yang sudah lama di titik tersebut. Sehingga jika dipancing sering kali tersangkut dan ditarik kail pancing putus.

Selanjutnya Umpan Ulat: spot yang di tentukan adalah tikungan atau bagian sungai yang belok, biasanya posisi seperti ini air dalam.

Tapi jangan salah, justru yang banyak bukan ikan dasaran tapi malah permukaan seperti Saitam, Lais dan juga tapah.

Titik spot mancing seperti ini akan lebih efektif jika mengunakan tekhnik mancing rangkaian kail leader pancing diatas timah, agar umpan terlihat dengan ikan dibagian atas, kurang efektif untuk mancing dasaran.

Beberapa trik menentukan spot mancing ikan sungai diatas, hanya berdasarkan yang sering saya gunakan. Untuk yang paling diakui tempat ikan adalah bagian sungai yang jarang di kunjungi manusia.

Misalkan ada sungai, tapi susah dijangkau oleh pemancing kecuali mengunakan biduk (sampan).

Atau pada lereng tebing, pastinya ikan lebih memilih pada spot seperti ini, karena selain sulit dipancing ikan yang sudah terbiasanya pada titik tersebut juga belum naik kena pancing jadinya tetap spot terbaik tapi sulit di jangkau.

Untuk spot ikan disungai yang terakhir adalah dasaran pasir, bagian seperti ini paling sering dijadikan tempat main ikan seperti Tawes, juga ikan bersisik lainnya sangat menyukai spot air berpasir.

Nah beberapa pilihan diatas bisa coba di terapkan pada tempat kalian saat akan memancing ikan di sungai, bila terlalu ribet dan sulit untuk menentukan spot mancing disungai tinggal gunakan saja umpan trabas yang penting strike, sampai disini semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Spot Mancing Di Sungai Berbagai Arus"