Umpan Buah Yang Disukai Ikan Mahseer (semah) Air Jernih dan Keruh

Mancing ikan mahseer atau semah aslinya paling asik untuk dipancing, terutama jika di daerah kita terdapat spot untuk memancingnya.

memancing ikan mahseer dengan umpan buah

Terlebih lagi jika sudah strike yang berukuran babon, sampai kapan pun tidak akan bisa dilupakan kekuatan tarikan ikan mahseer saat kena pancing.

Kalau di pikiran dengan gaya tarikan ikan biasa tetaplah sama saat strike ikan mahseer, karena berhubung area yang disukai adalah arus deras jadi bertubi-tubi kan kekuatannya.

Hanya saja, terkadang bermasalah pada umpan yang sering digunakan untuk mancing ikan mahseer, karena kebanyakan yang hanya mengikuti apa saja umpan buah yang sering dipakai untuk mancing ikan mahseer.

Sebut saja umpan yang umum di pakai adalah:

  • Kelapa sawit
  • Ubi kayu
  • Ubi jalar
  • Dan jagung manis.

Yang paling banyak dan umum dipakai adalah Jagung manis, baik itu yang baru dipanen atau untuk bahan popcorn tetap melewati kukusan dulu sebelum digunakan.

Hasilnya? Ya sama saja, kadang dapat ya ada masa nya boncos juga.

Untuk umpan yang jarang meleset mendapatkan ikan mahseer itu kelapa sawit dan ubi jalar yang warna orange.

umpan ikan mahseer buah loa

Ini jarang terpikirkan oleh para pemancing ikan mahseer, hanya untuk yang pernah merasakan kecepatan sambarannya saja baru sering digunakan.

Kebanyakan tetap setia dengan umpan jagung manis dan ubi kayu.

Sedangkan jika sering ditelusuri nantinya tetap ketemu, apa saja buah yang disukai ikan mahseer.

Khususnya untuk saya pribadi, selain umpan buah sawit dan ubi jalar warna orange, ada pada buah loa dan cermen.

buah cermen untuk memancing ikan

Sedari awal diajarkan oleh teman yang terlebih dulu memancing ikan mahseer, berpesan kalau ikan ini akan agresif pada umpan yang berwarna orange, entah itu kelapa sawit, ubi jalar dan loa tetap cepat di sambar walaupun air keruh.

Sedangkan jika air jernih (bening) cobalah pakai buah cermen, besar kecil ikan mahseer mau makan umpan buah ini.

Tapi jangan coba-coba saat air keruh tidak akan disenggol.

Semua sudah di tes memang itulah adanya, termasuk umpan buah cermen untuk mancing ikan mahseer di air jernih, kalau sudah keruh memang boncos tapi umpan lainnya tetap oke.

Top nya lagi umpan buah yang disebutkan tadi, tanpa perlu menebarkan umpan layaknya jagung manis atau ubi kayu, cukup tinggal pakai saja untuk umpan.

Kalian yang terbiasa memancing ikan mahseer pasti tau kan, saat kita pakai umpan jagung atau ubi, selang beberapa jam sekali akan menaburkan atau serak seperti pakan, tujuannya agar ikan mahseer naik ke atas dan ketemu dengan umpan yang sedang kita pakai.

Jika perhitungan saya seperti ini, kalau saatnya ikan mahseer makan dan mencari ke atas lalu ketemu dengan umpan yang kita pakai memang di sambar.

Tetapi, jika belum saatnya tetap di abaikan. Beda halnya jika mengunakan umpan yang saya sebutkan seperti kelapa sawit, ubi jalar orange, loa dan cermen tanpa perlu menebarkan umpan terasa lebih cepat untuk mendapatkannya.

Nah untuk kalian yang ingin mencoba buah yang disukai ikan mahseer diatas dipersilahkan, semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Umpan Buah Yang Disukai Ikan Mahseer (semah) Air Jernih dan Keruh"