Waktu Jam Makan Ikan Mas Malam dan Siang Hari

waktu yang tepat untuk jam makan ikan mas malam dan siang hari

Memancing ikan mas pada siang dan malam hari, terkadang memang dibutuhkan persiapan waktu yang tepat untuk kita perkirakan.

Maksudnya seperti ini, saat tepat jam mendekati ikan mas makan, sudah pasti tanpa perlu menunggu waktu yang lebih lama untuk strike umpan kita dimakan.

Beda lagi jika kita kurang memahami waktu jam makan ikan mas, begitu berangkat menunggu berselang 3 - 4 jaman barulah strike, melewati waktunya akan menunggu lagi saat selanjutnya.

Seperti yang kita ketahui, pada umumnya ikan mas aktif di siang hari, terutama untuk yang liar berada di sungai. Semakin besar ukurannya akan lebih memilih aktif di pagi hari.

Namun berbeda untuk ikan mas peliharaan di kolam, terkadang mengunakan waktu jam makan ikan mas siang dan malam hari kurang efektif, tapi tetap bisa diprediksikan untuk mendapatkannya.

Jadi simpelnya perhitungan jam makan ikan mas kolam itu seperti ini, ketahui waktu pemberian pakan ikan mas peliharaan sedari kecil hingga dewasa.

Bila diambil dari kebiasaan pemilik kolam, akan memberikan pakan ikan mas dari kecil itu ada pada waktu pagi dan sore hari. Hingga besar nanti ukuran dewasa ikan mas yang ada di kolam tersebut akan menjadi kebiasaan, pada waktu itu mulai mencari makanan lagi termasuk umpan yang kita pakai tetap lebih ganas.

Bila ingin di sesuaikan dengan jam makan ikan mas bisa tentukan seperti ini, pagi jam setengah 7 atau 9 dan sore setengah 6. Perhitungan ini mengikuti waktu yang sering digunakan pemilik kolam memberi pakan, karena jarang yang kasih di malam atau juga siang hari walaupun ada mungkin sekali-sekali saja.

Berbeda lagi jika untuk ikan mas liar, karena pada umumnya rata-rata yang sedang berada di spot sungai itu terbagi pada 3 waktu seperti:

  • Pagi menjelang matahar terbit setengah 6 sampai 10
  • Siang jam 1 hingga 3
  • Sore jam setengah 5 sampai menjelang magrib.

Waktu diatas akan tetap harus disesuaikan dengan cuaca, karena di atas hanya diprediksikan untuk jam makan ikan mas umumnya di dapat.

Akan tetapi penyesuaian ikan mas liar dan kolam pemancingan tentang cuaca itu mendekati, tidak akan jauh perkiraan dan kadar air saat kita mancing.

Sebutlah bila malam hari hujan dan paginya tidak, kalau kita mulai disaat pagi tetap sering di abai kan kecuali pas panas matahari bersinar, karena efek hujan malam tadi tetap akan menjadikan suhu air dingin sampai kisaran jam 8 kembali normal lagi.

Begitu juga saat memancing di barengi hujan, gerimis saja susah dapat apa lagi deras! Walaupun dibarengi panas matahari tinggal sesuaikan berapa jam, kalau masih dikisaran mulai panas lagi jam 4 sore sebaiknya mending besok saja lagi.

Beda kalau kalian mencari info waktu jam makan ikan mas kolam di malam hari, karena ini bukan kebiasaan ikan untuk aktif jadi tidak bisa memperkirakan waktu yang akurat.

Namun kalian bisa mencoba dengan titik tempat biasanya ngumpul di malam hari, silahkan dipelajari dan lihat bayangan atau gerakan ikan mas saat malam, sulit sekali terlihat karena hanya diam di suatu tempat saja hingga menjelang pagi besok namun bisa diperkirakan.

Nah untuk mengetahuinya, perhatikan sisi kolam pemancingan ikan mas yang terdapat bagian redupan atau gelap, biasanya disinilah ikan mas diam sekalipun berada di dekat kita tetap saja tanpa di sadari, kalau umpan mendekati tetap dimakan karena naluri hewan tidak akan menahan nafsu untuk memakan umpan.

Jadi bila kalian memancing ikan mas malam hari, sulit menentukan waktu makan harus jam sekian strike.

Tapi cukup menyadari sisi tempat keberadaannya lalu fokuskan untuk memancing ikan mas malam hari pada titik tersebut tanpa harus di sesuaikan dengan jam makannya.

Diatas pengamalan secara pribadi yang digunakan sedari awal mengenal waktu jam makan ikan mas.

Jika kalian pelajari tetap jangan lupa untuk memaksimalkan umpan yang digunakan termasuk peralatan seperti senar dan kail pancing, sampai disini semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Waktu Jam Makan Ikan Mas Malam dan Siang Hari"