Jenis Ikan Air Tawar Yang Di Lindungi, Pemancing Sungai Harus Tau Ini!

Jenis Ikan air tawar yang dilindungi, Angler pemancing disungai harus tau ini, karena tanpa disadari sering kali kita mendapatkannya. Semakin banyak bisa dapat tetap senang hati dan terus diulangi sampai capek, padahal ikan yang dipancing itu dilundingi.

Maka dari itu lah, untuk kita yang terbiasa memancing ikan air tawar disungai lebih baik untuk mengetahui jenis ikan apa saja yang dilindungi, maksudnya agar ikan tidak punah juga bermasalah dengan hukum.

Seperti yang kita ketahui, hewan apapun jika terbukti kita menangkap apa lagi mematikan pasti akan berhadapan dengan hukum termasuk ikan air tawar yang kita pancing. Jadi jika kalian sudah mengetahui beberapa jenis ikan yang diindungi sebaiknya di rilies atau lepaskan lagi, tujuannya biar banyak dulu lah dan tidak bermasalah untuk kita sendiri.

Sekarang kita ambil simpelnya saja, diketahui jenis ikan yang dilindungi pastinya akan menambah pengetahuan untuk kita saat memancing, bukan begitu diketahui tetap terus dipancing kan. Nah untuk beberapa jenis ikan air tawar yang dilindungi tersebut adalah:

jenis ikan pari tutul sungai yang dilindungi

1. Ikan Pari Tutul
Ikan pari tutul sungai memang sudah jarang pemancing yang mendapatkannya, walaupun begitu sesekali tetap saja ada yang strike ikan ini. Contohnya untuk sungai perairan yang besar dan berarus agak deras juga dasaran lumpuran, sudah jelas pasti ada walaupun beda jenis ikan pari.

Namun tidak semuanya ikan pari air tawar sungai itu dilarang, hanya saja ada beberapa yang mendekati kepunahan, jadi wajar jika dilarang untuk kita pancing. Setidaknya biar lah dulu berkembang biak seperti keluarganya ikan pari sungai. Kan ada banyak jenis yang sering didapat saat memancingnya.

jenis ikan pari raksasa yang dilindungi

2. Ikan Pari Raksasa
Ikan pari raksasa air tawar adalah yang berukuran besar, bisa dikatakan jenis apa saja jika bobot sudah memang besar sudah termasuk yang dilindungi.

Jenis ikan pari raksasa terkesan jarang di dapat oleh para pemancing, karena ukurannya memang sudah tidak memadai untuk di pancing lagi. Jadi saat memakan umpan yang kita pakai sudah pasti senar yang putus atau kail pancing lurus dan patah.

Untuk jenis ikan pari raksasa ini juga perlu kita ketahui, tujuannya untuk berjaga-jaga bila strike kan sudah tau bahkan ikam ini dilindungi.

jenis ikan pari pinggir putih yang dilindungi

3. Ikan Pari Pinggir Putih
Ikan pari air tawar sungai pinggir putih juga termasuk yang sudah paling jarang dan sulit untuk kita temukan, ciri-ciri utamanya setiap dipinggiran kulit ikan pari ini ada garis warna putih. Bahkan saya yang hobi memancing di air tawar seperri sungai, sudah sedari kecil belum pernah ketemu ikan pari pinggiran putih yang di lindungi.

Maka dari itulah, ikan pari pinggiran putih mendekati untuk punah jadi wajar jika dilindungi, begitu juga saat kita mancing strike ikan jenis ini, sebaiknya dilepaskan lagi biar berkembang biak dan banyak lagi dulu lah hingga tiba saatnya nanti untuk strike dan bawa pulang untuk digoreng.

jenis ikan arwana kalimantan yang dilindungi

4. Ikan Arwana Kalimantan
Ikan Arwana Kalimantan juga air tawar ini biasanya banyak kita temukan pada Aquarium rumahan. Bukan hanya sampai disitu saja, beberapa pengembang biak ikan Arwana juga sudah banyak yang memeliharanya.

Walaupun banyak yang pelihara ikan Arwana air tawar, tetapi tetap sulit untuk ditemukan yang liar seperti disungai atau waduk dan danau.

Namun pada habitatnya tetap saja kemungkinan masih ada, karena dilokasi saya tidak pernah melihat adanya ikan Arwana yang liar, jadi hanya sebatas berbagi saja jenis ikan Arwana Kalimantan air tawar yang dilindungi.

jenis ikan belida borneo yang dilindungi

5. Ikan Belida Borneo
Ikan belida borneo juga air tawar pastinya, mirip dengan yang punya kita. Hampir diberbagai sungai ada banyak sekali ikan jenis ini, karena belum banyak diketahui jenis ini dilindungi jadi wajar jika terkadang menjadi pacuan untuk dipancing.

Hanya saja, untuk jenis ikan belida borneo di Pulau tersebut memang sangat di larang, jika ingin dipancing setidaknya sudah mendapatkan pesan bahwa strike ikan belida harap dilepaskan lagi. Jika dibawa pulang dan ketauan, siap-siap untuk berhadapan dengan hukum.

jenis ikan belida sumatera yang dilindungi

6. Ikan Belida Sumatera
Ikan Belida Sumatera air tawar, seperti yang kita ketahui ada banyak sekali pemancing ikan yang sering mendapatkan jenis ikan belida yang dilindungi. Beberapa pemancing tetap rilies atau dilepaskan lagi, hanya saja lebih banyak yang langsung dibawa pulang.

Ikan belida Sumatera pada daerah Selatan khususnya Palembang, jenis ini di budidayakan untuk bahan membuat adonan pempek. Memang dibagian sungai sudah sulit untuk di temukan jenis ini.

Akan tetapi dibeberapa daerah Sumatera lainnya, tetap masih ada banyak sekali termasuk belum begitu mendekati punah jadi wajar saja jika ada yang mendapatkan ikan air tawar belida sumatera langsung dibawa pulang.

jenis ikan belida lopis yang dilindungi

7. Ikan Belida Lopis
Ikan belida lopis juga di air tawar ya, hampir sama diberbagai sungai di Nusantara ini masih bisa ditemukan. Untuk jenis yang satu ini hampir mirip dengan ikan belida pada umumnya, hanya saja bentuknya lebih tipis dan pipih.

Untuk jenis ikan belida lopis inilah yang paling banyak dicari oleh para pemancing, karena ukuran dan bobotnya bisa diatas 5 kg an dan terbang-terbang dipermukaan air saat kena pancing, jadi senanglah bila bisa mendapatkan jenis ini tapi yaitu sayangnya dilindungi.

jenis ikan belida jawa yang dilindungi

8. Ikan Belida Jawa
Ikan air tawar belida Jawa juga dilindungi, seperti pada sebutannya hanya berada di Pulau ini saja. Jadi, untuk kalian yang diluar Pulau tersebut tidak begitu kuatir saat memancing strike ikan yang ini, karena habitatnya di Jawa saja.

Akan tetapi untuk jenis yang lainnya tetap ada kan diluar Jawa, sebutlah seperti Sumatera dan Lopis diatas tadi.

jenis ikan balashark yang dilindungi

9. Ikan Balashark
Ikan balashark air tawar yang dilindungi, termasuk jarang ditemui untuk peraian sungai di daerah saya. Jadi, memang sedari kecil saya belum pernah ketemu saat mancing mendapatkan jenis ikan balashark yang dilindungi.

Jadinya tidak bisa membuat ulasan dalam artikel ini, hanya bisa pesan saja kepada teman-teman sesama pemancing, bila masih ditemukan dilokasi kalian sebaiknya ya tetap dijaga agar berkembang biak dan banyak dulu.

jenis ikan wader goa yang dilindungi

10. Ikan Wader Goa
Ikan wader goa pasti di air tawar dilindungi, aslinya masih sering kita temukan, hanya saja terkadang pemancing memang belum bisa membedakannya. Maksudnya seperti ini, saat kita mancing kan ada saja bagian tanah yang berlubang dalam tapi tidak kita ketahui, karena sekali dapat ikan wader akhirnya diganyang terus padahal itu ikan wader goa yang di lindungi.

Jadi yang dipahami adalah ikan wader goa yang berada dilubang saja, padahal mendekati peraian juga sering ditemukan, namun dalam jumlah yang banyak juga.

jenis ikan batak yang dilindungi

11. Ikan Batak
Ikan Batak air tawar dilindungi, juga termasuk tidak pernah ditemukan di daerah saya jadi wajar bila memang sama sekali belum mengetahuinya. Mungkin karena sebutan Ikan Batak air tawar, berada di Sumatera Utara saja dengan begitu kemungkinan habitatnya disitulah dan bukan di daerah lain.

jenis ikan pasa yang dilindungi

12. Ikan Pasa
Ikan Pasa air tawar dilindungi, sama saja termasuk saya belum pernah melihat secara langsung jenis ikan dilindungi yang satu ini, begitu juga di daerah saya.

Tau nya hanya saat akan membuat artikel ini lalu mencari search di YT dan tonton saja. Setelah dipikir-pikir wajar jika ikan pasa dilindungi karena sudah mendekati kepunahan.

Kesimpulan
Karena kita sama hobi mancing sudah sewajarlah untuk mengetahui jenis ikan air tawar yang dilindungi, tujuannya agar kita bisa ikut melestarikan jika tanpa disengaja strike dan mendapatkan jenis yang ditemukan pada daerah kita.

Intinya, bisa menjadi pertimbangan saat kita mancing dan mendapatkan ikan air tawar yang dilindungi, kalau di lestarikan tentu akan baik untuk anak dan keturunan kita dikemudian hari. Sebaliknya jika langsung kita buat kepunahan jangannya untuk orang lain, kita sendiripun sudah kesulitan untuk mendapatkannya. Sampai disini semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jenis Ikan Air Tawar Yang Di Lindungi, Pemancing Sungai Harus Tau Ini!"