Umpan Ikan Bawal Racikan Kluwek, Sasa, Garam dan Pelet Jitu

Mancing ikan bawal mengunakan racikan kluwek yang dicampurkan dengan beberapa bahan seperti sasa, garam dan pelet sebagai bahan utama yang dipakai. Hasilnya, ada yang gacor juga tak jarang masih tetap boncos juga.

Umpan Ikan Bawal Racikan Kluwek, Sasa, Garam dan Pelet Jitu

Seperti yang kita ketahui, ikan bawal sangat menyukai umpan dengan aroma buah yang dekat dengan bumbu dapur, bukan hanya jenis roti yang sering dipakai untuk umpan ikan bawal tapi biji kapuk sekalipun bila dijadikan umpan yang lebih cepat disambar ikan bawal untuk dimakan.

Sebagian para pemancing ikan bawal kolam, memang jarang yang menyadari kalau biji kapuk bisa digunakan untuk umpan. Akan tetapi, untuk yang sering memancing bawal liar sudah jelas ini paling diutamakan untuk umpan.

Hanya saja masih jarang yang mengetahuinya, lebih banyak yang mengandalkan racikan kluwek karena sangat dekat dengan bumbu dapur.

Nah untuk kalian yang ingin membuat racikan kluwek sebagai umpan ikan bawal, sebelum membuatnya pastikan sudah mengetahui dengan jelas takaran dalam pembuatannya. Bila hanya diracik tanpa takaran yang tepat, bisa jadi aromanya nanti akan berubah jauh sehingga di abaikan ikan bawal, untuk cara membuat dan takarannya sebagai berikut:

  • 4 butir kluwek
  • 1 sendok teh garam kasar dapur
  • 1 sendok makan sasa
  • Dan 1 bungkus pelet jitu bungkus kecil.

Cara membuatnya, pertama siapkan wadah dan hancurkan dulu kluwek. Lalu isi air ke gelas seperempat saja untuk melarutkan sasa dan garam, setelah campurkan ke pelet jitu dan aduk-aduk agar hancur lalu menyatu dengan sasa dan garam.

Terakhir barulah dicampur dengan kluwek dan siap untuk kalian gunakan sebagai umpan ikan bawal. Umpan racikan ini bisa digunakan untuk kolam atau juga liaran, yang lebih top pastinya yang liar saja.

Sebagai tambahan untuk kalian yang akan mengunakan biji kapuk untuk ikan bawal, sebelum digunakan sebagai umpan pastikan direbus dulu sampai agak terlihat mengembang. Bila langsung pakai biji kapuk, tentu saja keras dan pecah.

Selain itu, untuk pengunaan racikan kluwek tadi, saat membuatnya perhatikan takaran dengan pas. Bila kalian ingin membuat dengan porsi sedikit pastikan setengah dari takarannya, begitu juga bila banyak gunakan perbandingan dengan takaran diatas tadi. Sampai disini semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Bawal Racikan Kluwek, Sasa, Garam dan Pelet Jitu"