Penyebab Senar Pancing Selalu Kriting dan Tidak Tenggelam

Pernah ngalami senar pancing yang dipakai selalu kriting? Selain itu juga tidak mudah tenggelam? Jika iya, pasti belum tau penyebab kenurnya jadi seperti itu, terutama untuk pemancing kolam yang baru terjun ke hobi mancing, pastinya penasaran sekaligus tanda tanya mengapa senar pancing selalu kriting dan tidak tenggelam.

Penyebab Senar Pancing Selalu Kriting dan Tidak Tenggelam

Sebagai pemancing disinilah kita membutuhkan sebuah rujukan artikel yang berhubungan dengan memancing ikan saja, tujuannya agar kita bisa mendapatkan terus sela atau berbagai cara seputaran senar pancing dan lainnya.

Termasuk tentang senar pancing yang kriting dan nggak mudah tenggelam, bila kalian sedang mencari tau penyebabnya berikut akan dijelaskan biar bisa kamu terapkan.

Untuk penyebab utama dari senar pancing mudah kriting itu ada ada pada:

  1. Kualitas senar pancing
  2. Bahan utama senar
  3. Kepanasan
  4. Ukuran diameter
  5. Susunan ke spol semerawutan
  6. Dan tidak tenggelam.

Bila kalian baru mulai hobi mancing kolam dan belum begitu mengetahui beberapa hal diatas, berikut akan dijelaskan agar bisa menjadi rujukan untuk kalian memilih senar pancingnya nanti.

Untuk yang pertama adalah Kualitas Senar, semakin bagus yang kita gunakan tentu akan lebih baik namun tidak harus dengan harga yang mahal saja. Memang sebuah kualitas untuk senar pancing kembali pada harganya namun ada beberapa penjual alat pancing yang tidak mengetahui seputaran itu.

Contohnya senar yang tadinya modal standart tapi dijual dengan harga mahal, yang seperti ini tentu saja tidak sebanding dengan kualitas senar pancingnya. Wajar jika mudah kriting dan juga tidak tenggelam, karena harga mahal tapi kualitasnya standart apa lagi njepit untung saja jelas nyesel belinya.

Untuk mengatasi yang seperti ini, sebelum kalian membeli senar pancing cek dulu secara detail mulai dari harga hingga kualitasnya. Dan penjual alat pancing pasti mengerti hal ini, jangan membeli senar dimana yang jual tidak memahami kualitas dari apa yang ia jual!

Selanjutnya Bahan utama senar, hubungan ini pada penjualnya. Bila ia tidak paham seputaran itu pasti ngak juga ngerti.

Senar pancing yang tidak mudah kriting, biasanya berbahan utama Monofilament juga Fluorocarbon tapi tetap harus kembali pada kualitasnya. Jangan coba gunakan bahan nylon biar harga mahal bila berbahan ini jelas akan kecewa, karena bukan untuk kolam pemancingan.

Jadi, usahakan mengunakan 2 bahan utama saja dan cobalah pakai Fluorocarbon.

Lapak atau posisi kalian duduk memancing juga mesti diperhatikan, bila terlalu sering kejemur sudah jelas akan Kepanasan. Perlu diketahui, semakin panas senar pancing akan lebih cepat mengkerut lalu kriting karena tidak tenggelam di air.

Untuk mengatasi yang ini, usahakan untuk pergi mancing di waktu tertentu saja dan pilih posisi yang tidak langsung kena sinar matahari pada alat pancing yang digunakan.

Jika kalian tidak merasa senar pancing kena sinar matahari langsung, perhatikan Ring joran pancingnya. Bila yang dipakai standart bawaan joran, biasanya akan lebih mudah membuat senar mudah kriting, cobalah ganti ring ujung dengan mamarit atau berbahan tanduk.

Dan berikutnya adalah Ukuran Diameter, semakin halus yang kita pakai juga berpengaruh mudah kriting, bukan hanya sebatas itu saja tapi juga tidak tenggelam.

Pada umumnya, pemancing kolam akan memilih senar yang halus saja contohnya ukuran 0.06 dan 0.08. Walau kualitasnya baik, bila ring ujung joran pancing tanpa mamarit tetap saja akan lebih mudah kriting dan tidak tenggelam di air karena terus terkikis juga kepasan.

Dan untuk mengatasinya, jangan hanya sebatas ukuran senar halus dan kuat saja, tapi cobalah perhatikan alat pancing yang dipakai juga kualitasnya.

Susunan senar ke spol juga perlu diperhatikan, ini hubungannya dengan senar yang Tidak Tenggelam terapung saat digunakan. Setiap senar yang mengapung, bila kita gulung ke reel susunanya tidak akan rapat bahkan semerawutan tapi kita tidak menyadarinya.

Kesalahan susunan senar ke spol ini, biasanya terjadi bila kita akan mengulung senar karena umpan tidak dimakan ikan, bisa juga hanya mengecek atau menganti yang baru tapi tatapan ke pelampung saja dan tidak memperhatikan senar pancing yang masuk ke spol akhirnya berantakan.

INTINYA: penyebab suatu senar pancing selalu kriting dan tidak tenggelam sesuai dengan diatas, satu persatu silahkan diperhatikan dan sesuaikan dengan alat pancing yang kalian gunakan. Mulai dari kualitas senar, diameter, susunan senar hingga ring mamarit ujung joran.

Bila diperhatikan, pasti terdapat yang sesuai dengan kesalahan kalian mengunakan alat untuk memancing ikan sehingga selalu kriting juga tidak mau tenggelam di air kolam. Sampai disini, semogga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Penyebab Senar Pancing Selalu Kriting dan Tidak Tenggelam"