--> Skip to main content

Mancing Ikan Lais (tembiring) Bisa Dapat Banyak Mengunakan Cara Ini

Mancing ikan lais memang sangat mengasikan, selain karena ikannya yang enak bila dogoreng kering, ikan lais juga sangat seru jadi target pancingan. Selain karena mudah dipancing, ikan lais juga sangat suka bergerombolan, jadi bila kita mancing dan dapat ikan lais sudah bisa dipastikan kita bisa dapat ikan lasi yang banyak.

cara mancing ikan lais supaya dapat banyak

Sebenarnya mancing ikan lais ini sangatlah mudah, namun tidak sembarangan hari ikan ini ada. Ikan lais termasuk musiman, dimana bila pas lagi banyak-banyaknya maka kita bisa memancingnya dengan mudah, sebaliknya jika pas lagi bukan musimnya, ikan ini hampir sulit sekali didapat.

Jadi bila Anda ingin mancing ikan lais, tidak sembarangan tapi memang harus ada waktu-waktu tertentunya dan yang biasanya sangat banyak ikan ini adalah di saat bulan mulai penuh.

Umpan Mancing Ikan Lais (tembiring)

umpan jitu mancing ikan lais

Untuk jenis umpan yang bisa Anda gunakan bila ingin memancing ikan Lais ini, ada baiknya Anda memilih umpan jenis serangga. Walaupun terkadang ikan lais sungai mau memakan umpan apa saja yaang dipakai, tapi tetap sajalah serakus-rakusnya ikan mau makan umpan tetap saja umpan aslinya tetap ada.

Bila Anda ingin memilih jenis umpan untuk mancing ikan lais, bisa memilih salah satu yang saya sebutkan dibawah ini:
  • Jangkrik.
  • Belalang, yang berukuran kecil.
  • Capung juga yang kecil.
  • Laron, tapi pada waktu tertentu saja.
  • Ulat daun pisang, tapi harus siap stock banyak.
  • Lupas / Cere.
Anda bisa mencoba umpan ikan lais yang telah saya sebutkan diatas tadi, tapi untuk umumnya umpan yang banyak digunakan adalah Jangkrik. Disamping mudah untuk di dapat (beli), sesekali ikan jenis lainnya juga mau memakan jangkrik.

Tapi sebaiknya, bila Anda ingin dapat banyak ikan lais dengan jumlah yang banyak, ada baiknya Anda juga harus mengerti cara mancing dan memilih waktu yang tepat.

Cara Mancing Ikan Lais

Untuk mengkondisikan hasil pancingan Anda, ada baiknya lihat spot mancingnya terlebih dahulu. Untuk hasil yang maksimal, bila memungkinan ada baiknya Anda memancing ikan lais di waktu malam hari, terlebih saat terang bulan.

Ikan lais bila bulan penuh yang terang, maka kalian bisa mendapatkannya dengan mudah karena posisi ikan ini melayang di permukaan air saat terang bulan. Anda tinggal mengkondisikan tekhnik mancing Anda. Untuk mancing ikan lais setidaknya terbagi tempat (spot) sebagai berikut:
  • Di sungai Berarus Sedang dan Deras
    Sebenarnya, untuk kondisi air sama sajalah, tapi yang harus Anda perhatikan saat mancing ikan lais di sungai mengunakan timah pemberat usahakan Anda mengunakan tekhnik mata kail yang mengantung di atas senar timah pemberat. Usahakan mengunakan mata kail lebih dari 1 makin banyak makin bagus.
  • Dari Atas Jembatan
    Umumnya, orang mancing dari atas jembatan adalah di malam hari, dan ini menjadi peluang besar untuk Anda mancing ikan lais. Bila dari jembatan, di ambil dari pengalam pribadi saya. Memancingnya tidak perlu mengunakan timah pemberat, cukup gunakan mata kail dan pelapung berukuran kecil saja, jangan lupa kasih scarlet supaya saat ikan makan itu terlihat, bila Anda merasa umpan berada di permukaan air itu lebih bagus karena ikan lais kalau makan umpan sifatnya menyambar, melihat apa saja yang lewat dipermukaan akan di sambarnya, dan disini peluang Anda untuk mendapatkan banyak sambaran dari ikan lais.
Bila Anda mancing ikan lais dari jembatan seperti yang saya sebutkan diatas, maka usahakan untuk hanya memainkan pelapung saja setidaknya jarak dari mata kail ke pelapung cukup setengah meter saja.

Selain cara diatas, ada hal penting yang harus Anda ketahui saat mancing ikan lais ini, mereka termasuk ikan yang sensitif dengan alat mancing seperti senar dan mata kailnya. Jadi usahakan Anda mengunakan senar yang halus saja saat memancing ikan lais, bila perlu gunakan untuk bobot ikan 1 KG bahkan setenga KG saja dan senar yang berwarna bening.

Selain senar, usahakan juga mengunakan mata kail yang berukuran kecil, halus dan tajam. Karena mulut ikan lais ini kecil, jadi Anda harus mengunakan mata kail yang berukuran kecil juga. Nah bila Anda sudah mengetahui, umpan dan cara mancing untuk ikan ini, ada baiknya juga mengetahui tempat-tempat yang di sukainya.

Spot dan Habitat Ikan Lais

Pada umunya, ikan lais ini sangat suka pada bagian sungai yang berarus sedang. Tapi tidak menutup kemungkinan mereka juga suka berada pada lubuk-lubuk sungai yang dalam, tapi tetap saja mereka mainnya di bagiannya permukaan.

Untuk lokasi yang tepatnya, adalah pada bagian muara sungai tapi jaraknya dibagian atas bukan tepat di muaranya. Bila sungai kecil yang bermuara di sungai besar, maka ikan lais ini sangat banyak dibagian sungai yang kecil setidaknya jarak 20-30 meter ke atas bagian muara sungai kecil tadi.

Bila Anda mendapatkan 1 ikan lais saja saat mancing, maka kemungkinan mereka ada banyak karena ikan lais selalu bergerombolan. Jangan lupa juga, usahakan Anda membawa pancing lebih dari 1, sebagai pancing tajuran semakin banyak dibawa maka akan semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan banyak ikan lais.