Skip to main content

Tekhnik Mancing Ikan Di Air Yang Keruh dan Buthek

Mancing di saat atau sungai dengan air keruh dan butek, sebenarnya sangat menguntungkan untuk kalian, yang penting keruh dan buteknya air bukan karena faktor selain banjir. Terkadangkan ada sungai yang airnya keruh diakibatkan oleh mesin dompeng, yang seperti ini akan sangat sulit untuk kalian memancing ikan.

cara mancing ikan di sungai air yang keruh

Mancing di saat air yang keruh diakibatkan banjir hujan, bisa dikatakan menguntungkan buat kalian yang akan mancing disaat seperti ini. Ini dikarenakan ikan-ikan yang berkumis (sungut) akan keluar, seperti Lele, Baung dan sebagainya.

Kondisi yang seperti ini, kalian bisa bebas mengunakan senar pancing, bisa yang besar dan kaku hingga berwarna warni. Karena dalam kondisi air keruh, sensitifitas ikan menjadi berkurang, sekalipun ia bisa melihat pada kondisi air yang keruh, tapi tetap saja ikan akan mengandalkan Indera penciumanya untuk bisa merasakan umpan dengan jarak yang agak jauh.

Umpan Yang Jitu Saat Air Keruh

Pada kondisi ini, kalian jangan coba-coba memancing ikan dengan umpan yang beraroma wangi atau mengandalkan gerakan. Pada kondisi air yang keruh, kalian cukup mengandalkan umpan yang berbau amis dan menyengat, beberapa umpan jitu untuk air yang keruh bisa kalian coba beberapa diantaranya:
  • Usus Ayam.
  • Hati Ayam/Bebek.
  • Cacing Tanah/Kalung.
  • Kijing/Sidik.
  • Kucur/Palit.
  • Kecoa/Lipas WC.
  • Dan Lainya yang beraroma menyengat.
Dengan beberapa umpan diatas, kalian bisa mencoba salah satunya yang penting yakin saat memancingnya.

Selain mengetahui umpannya, kalian juga jangan lupa bila memancing disungai besar harus memperhatikan kondisi airnya banjir atau tidak. Bila banjir jangan coba melemparkan umpan ke tengah, karena bisa saja banyak sampah yang lewat.

Cara Mancing Di Air Keruh dan Butek

Hal yang harus benar-benar kalian perhatikan adalah spot atau tempat memancingnya, bila keruhnya air diakibatkan oleh hujan dan banjir maka sebaiknya kalian cukup mancing di pinggiran saja.

Karena biasanya, kondisi air yang keruh diakibatkan oleh hujan, bila sebelum kalian berangkat hujan maka biasanya air akan menjadi keruh. Selain itu, terkadang pada bagian tempat kalian tidak hujan, maka dibagian hulu sungailah yang biasanya diterjang hujan dan banjir, mengakibatkan spot tempat kalian akan mancing menjadi keruh dan butek.

Tapi bila kalian tetap memancing dengan umpan yang saya rekomendasikan diatas tadi, insya Allah akan membuahkan hasil yang baik. Karena pada saat itu, sudah bisa dipastikan ikan akan sangat mengandalkan penciumanya.

Bila memungkinkan, usahakan juga kalian memancing ikan dibagian lubukan sungai seperti biasanya, namun cukup dibagian pinggiran saja.

Dalam kondisi air yang keruh, kebanyakan ikan akan minggir ke bagian tepi sungai terlebih bila kondisi air memang banjir akibat hujan.

Ikan Yang Biasanya Ada Di Sungai Yang Keruh

Pada kondisi air yang memang keruh, sebenarnya tetap saja akan ada ikannya. Tapi bila keruhnya air sebentar saja, maka bisa dipastikan tetap saja ikan yang memiliki Sungut atau kumis seperti Keting, Lele, Baung dan sebagainya.

Tapi ikan yang bersisik tetap saja ada, seperti Nila, Melem, Sitam dan Kaloi tinggal dilihat lagi penyebab keruhnya air tersebut. Bila diakibatkan dari mesin dompeng, kemungkinan ikan-ikan akan mulai punah atau mencari tempat yang lebih bersih lainya, karena Markuri (Air Raksa) bisa membuat ikan keracunan, mati dan pergi ke tempat yang lain.

Dalam kondisi yang seperti ini, kemungkinan, kalian akan sulit untuk memancing ikan karena memang tidak ada lagi ikan disekitar sungai yang seperti ini, walaupun ada hanya beberapa saja.

Beda halnya bila karena banjir, ikan tidak akan mati dan pergi tapi hanya menunggu kondisi air kembali seperti semula yaitu jernih. Kalian bisa memancing seperti biasanya, dengan umpan yang biasa kalian gunakan.

Kesimpulan
Mancing disaat air keruh memang buat penasaran, tapi harus dikondisikan penyebab keruhnya air. Dengan begitu, kalian bisa memperkirakan jenis senar dan umpan yang digunakan memancing di air yang keruh.