Skip to main content

Mancing Di Sungai Arus Deras

Mancing ikan di air deras, memang sangat menantang karena walaupun dapat ikan yang berukuran kecil, tarikanya akan terasa sangat berat. Selain itu, pada sungai yang deras ikan-ikanya cenderung pada yang bersisik dan bertenaga kuat.

cara mancing di sungai yang arusnya deras

Maka dari itu, bila kita mancing ikan di air deras, harus mengetahui tekhniknya supaya tidak boror di umpan, senar dan mata kail. Kalian pasti sering merasakan nyangkut saat mancing disungai deras, nah ini salah satunya mengapa kita harus mengetahui cara mancing di spot yang seperti ini.

Selain mengetahui caranya, kita juga harus tau ikan-ikan yang mainya di arus deras ini, karena jika tidak tau ikanya maka umpanyapun pasti kita akan bingungkan. Beberapa jenis ikan yang hidup di sungai berarus deras ini adalah:
  • Semah (Masheer).
  • Dalum (Bagarius).
  • Baung.
  • Dan sebagainya.
Dari beberapa jenis ikan diatas, kalian bisa memilih umpan yang jitu untuk memancing jenis itu, yang pastinya kalian memilihnya umpannya yang tepat.

Cara Mancing Di Air Deras Supaya Dapat Ikan Yang Banyak

Untuk memancing di arus yang deras, ada beberapa persiapan yang kalian butuhkan selain Timah (timbel) pemberat yang besar.

Bahan bantu lainya adalah Kili-kili, bila kalian mancing di arus deras, maka jangan pernah lupa untuk mengunakan kili2 bila tidak mau senar kalian cepat keriting dan posisi umpan malah bergulung dan memuntir.

Ini dikarenakan pada bagian dasar sungai, dengan arus yang deras membuat umpan berputar kencang, semakin lama akan membuat puntiran dan senar akan kusut dan bergulung.

Maka dari itu sob, jangan lupa ya gunakan kili-kili, mungkin saya tidak perlu menjelaskan lagi cara memasangnya karena kalian pasti tau caranya.

Pilihan Umpan Untuk Mancing Di Air Deras Supaya Tidak Mudah Lepas

Untuk pilihan umpan jitunya, kalian bisa menentukan akan memancing ikan jenis apa di sungai yang arusnya deras.

Bila kalian ingin mancing ikan dalum (Bagarius) maka cukup mengunakan Cacing Kalung yang besar, dengan tekstur yang keras, membuat umpan cacing ini bisa bertahan lama di derasnya arus sungai.

Dan jika kalian ingin ikan Semah (Masher) bisa mengunakan umpan Ubi kayu atau berondolan sawit bila arusnya memang sangat deras. Selain itu, kalian juga bisa mengunakan umpan-umpan yang keras saat mancingnya.

Karena umpan yang keras, selain awet untuk kalian gunakan, umpan itu juga tidak akan mudah terbawa arus sungai saat kalian mancingnya.

Ukuran Timah Pemberat Mancing Di Sungai Deras

Supaya umpan pancing kalian tidak terbawa arus sungai, maka usahakan mengunakan timah pemberat yang berukuran besar.

Ukuran yang bisa kalian gunakan, adalah yang paling besar, semakin berat maka kian bagus karena pada saat kalian melemparkan umpan maka posisi umpan akan mantap dan tetap di lemparan kalian. Bilapun bergeser, kemungkinan tidak seberapa jauh dari posisi lemparan kalian.

Maka dari itulah, bila ingin memancing di arus sungai yang deras maka bawalah persiapan timah pemberat yang paling besar dan banyak, sebagai cadangan bila nyangkut dan putus.

Selain dari beberapa cara diatas, bila kalian kebetulan mancing di sungai yang arusnya deras maka carilah spot atau posisi yang agak tenang namun berada di tengah sungai. Jangan pernah memaksakan harus lemparan pada bagian tengah dengan arus yang deras, karena pasti stick pancing yang kalian gunakan akan terlihat sangat melengkung (mentiung) atau bahkan bisa patah karena senar terbawa derasnya arus sungai.

Selain diatas tadi, saat sudah melempar umpan ke bagian tengah atau posisi yang tepat, usahakan posisi stick pancing berdiri tegak, semakin tinggi maka semakin bagus. Tujuanya, supaya tidak terlalu banyak senar yang berada dalam air, dikuatirkan tersangkut sampah dan bisa membuat beban stick pancing kalian semakin berat.

Kesimpulan
Mancing di sungai yang berarus deras, memang sangat asik namun dibutuhkan biaya yang extra karena membutuhkan lebih banyak bahan ketimbang mancing di sungai biasa. Tapi semuanya, kembali lagi kepada hobi kalian yang mancing ikan di sungai deras.