Skip to main content

Cara Mancing Kalau Sungai Lagi Banjir

Mancing saat sungai banjir memang terkadang membuat jengkel, terlebih bila kalian telah mengatur waktu janjian sama teman-teman sesama Angler, pas harinya mancing Liat sungai dengan warna keruh kecoklatan dan banjir. Sudah bisa dipastikan, setengahnya hati hancur karena kesulitan untuk melemparkan umpan.

cara mancing di sungai yang lagi banjir

Sebenarnya, kondisi sungai yang banjir merupakan potensi kalian mendapatkan ikan yang besar, hanya saja terkadang banyak orang yang tidak menyadarinya.

Seperti yang kita ketahui, di saat sungai banjir banyak ikan-ikan besar yang naik ke bagian hulu sungai, nah kondisi ini bisa kalian manfaatkan untuk mendapatkan ikan yang besar saat mancing dengan kondisi air sungai yang banjir ini.

Walaupun potensi dapat ikan yang besar itu ada, tapi kalian harus mengetahui dengan jelas cara mancingnya, karena bila salah-salah, bukan ikan yang kalian dapatkan tapi malah BH dan daleman perawan yang ikut terkantil kail pancing kalian.hehe

mancing ikan tapi yang nyangkut malah BH cewek


Bila kalian tetap nekat, ingin mancing dengan kondisi air sungai yang banjir, alangkah baiknya bila kalian menyiapkan beberapa perlengkapan ini terlebih dahulu:
  • Timah (timbel) pemberat yang banyak juga berukuran jumbo.
  • Mata Kail dan Kili-kili juga diperbanyak.
  • Cemilan dan air minum yang banyak, karena kondisi ini bisa membuat kalian lebih cepat haus.
Bila beberapa perlengkapan diatas sudah kalian siapkan, selanjutnya tinggal mengatur posisi dan ketahui juga cara memancingnya.

Melempar Umpan Saat Mancing Di Sungai Banjir

Perlu kalian ketahui, saat sungai dalam keadaan banjir maka melemparkan umpan harus hati-hati. Kalian jangan pernah memaksakan untuk melempar umpan ke bagian tengah sungai, karena pasti akan ada banyak sekali sampah yang hanyut terbawa arus.

Carilah lubukan yang bagian pinggirnya agak tenang dan jarang dilewati sampah, dengan begitu posisi umpan yang kalian lemparkan bisa mantap dan tetap di posisi target kalian.

Selain itu, usahakan juga mengunakan tekhnik mancing dasaran, jangan coba-coba mancing Lead dengan timbah pemberat di bawah dan senar Lead di bagian atas, karena bisa dipastikan akan terkena sampah-sampah daun, batang kayu yang kecil-kecil terbawa arus.

Bila kalian mengunakan tekhnik dasaran, kemungkinan tersangkut itu kecil, walaupun berkemungkinan juga akan kena sampah tapi itu pasti jarang sekali.

Umpan Mancing Yang Bagus Di Gunakan Saat Sungai Banjir

Karena kondisi banjir biasanya, arus sungai juga akan sedikit deras, maka dari itu cobalah mengunakan umpan yang agak keras dengan aroma yang menyengat.

Beberapa umpan yang bisa kalian gunakan adalah Cacing Kalung dan Usus ayam, kedua umpan ini sangat awet dan susah habis bila tidak dimakan ikan atau mata kail kalian tersangkut dan putus.

Jangan pernah mengunakan umpan seperti roti dan campuran pelet, bisa-bisa begitu umpan kalian tarok ke air akan langsung hancur terbawa arus sungai yang deras saat banjir ini.

Bila kalian mengunakan umpan seperti yang telah saya tuliskan diatas, insya allah kalian akan tetap mendapatkan ikan walaupun dalam keadaan banjir sekalipun.

Yang Di Hindari Pemancing Saat Sungai Banjir

Kalian harus tetap waspada bila memancing saat banjir, jangan pernah memancing ikan tepat pada bagian pinggir sungai, karena dikuatirkan debit air bertambah tanpa kalian sadari.

Selain itu, perhatikan juga cuaca, bila mendung usahakan kalian membawa mantel dan persiapan lainya, bila hujan turun kalian sudah membawa mantelnya.

Dan juga hindari mancing dari pinggir sungai yang bertebing, dengan derasnya arus sungai yang banjir tidak menutup kemungkinan bagian bawah tebing terkikis air dan membuat tebing longsor.

Untuk yang lainnya, kalian bisa menalarnya sendiri saat mancing, karena menjaga keselamatan diri, kalianlah yang menentukanya. Bila memang Boncos, alias tidak dapat ikan, sebaiknya kalian pulang saja jangan pernah memaksakan penasaran saat mancing ikan. Terlebih dengan kondisi air yang banjir.

Kesimpulan
Hobi mancing memang tidak tau waktu, tidak perduli banjir dan hujan yang namanya mancing tetap saja berangkat sekalipun kondisi sungai lagi banjir besar.