Skip to main content

Cara Buat CPO (Minyak) Sawit Untuk Umpan

Umpan cpo (minyak) sawit mentah memang sudah tidak diragukan lagi keampuhanya untuk memancing di alam liar, hampir semua ikan mau memakan umpan yang di racik mengunakan bahan utama cpo dari buah sawit ini, tapi sayangnya kebanyakan dari mereka belum tau cara mengolah umpannya supaya bisa di gunakan untuk mancing dan strike ikan bertubi-tubi.

cara buat minyak cpo sawit untuk campuran umpan mancing paling jitu ✓

Buat kalian yang sedang mencari tau info seputaran cara mengambil cpo dan mengolahnya menjadi umpan mancing, pada kesempatan ini akan saya bagikan sesuai dengan pengalaman pribadi saya, jadi ikuti langkah demi langkahnya sampai selesai supaya tidak terjadi perubahan dari aroma umpan sawit ini bila kalian membuatnya nanti.

Untuk kalian yang ingin membuatnya, pastikan bahwa kalian siap ribet dan sibuk untuk mengambil minyak mentahnya terlebih dahulu sebelum bisa digunakan sebagai campuran umpan nantinya. Setidak adanya ada beberapa langkah yang harus kalian ikuti terlebih dahulu untuk membuatnya yaitu:
  1. Mengambil buah sawit masak.
  2. Memisahkan biji, kulit dan minyak cpo sawit.
  3. Meracik umpan.
  4. Dan Lakukan pengetesan.
Nah bila kalian siap dengan beberapa langkah diatas, silahkan ikuti tata caranya dibawah ini dan pastikan kalian akan sukses keluar dari boncos mancing.

Cara Ngambil Cpo Sawit Untuk Campuran Umpan Mancing Dengan Mudah

Pertama-tama yang harus kalian siapkan adalah buah kelapa sawitnya, usahakan memilih yang berikuran besar, tujuanya supaya minyaknya nanti bisa kalian dapatkan lebih banyak dan usahakan yang sudah benar-benar matang.

Setidaknya, ada 3 cara yang bisa kalian gunakan untuk mengambil minyak sawit ini:
  • Di Rebus.
  • Di Goreng.
  • Dan di Rendam.
Kalian bisa memilih salah satu cara yang telah saya sebutkan diatas untuk mengambil minyaknya, adapun caranya sebagai berikut:

1# DENGAN CARA DI REBUS:
Langkah pertamanya, buah kelapa sawit yang telah kalian siapkan harus direbus sampai warna sawitnya berubah menjadi kekuningan dan lembut. Setelah direbus tunggulah biar dingin dulu, setelah itu pisahkan antara biji dan kulitnya.

Ambil bagian kulit dari kelapa sawit, kemudian kalian peras mengunakan kain halus dan kuat, karena proses pemerasan nantinya akan dibutuhkan tenaga yang sangat kuat.

2# Dengan Cara di Goreng:
Ingat ini bukan mengoreng mengunakan minyak lain, tapi di gongseng langsung buah sawitnya, akan lebih baik lagi bila kulit kelapa sawitnya di iris terlebih dahulu. Kalian bisa menyiapkan kuali atau wajan dan apa saja untuk mengosengnya.

Saat mengoreng buah sawitnya, jangan lupa untuk terus di aduk-aduk sampai warna dan aroma khas minyak sawit keluar. Setelah itu peras mengunakan kain yang kuat, sama seperti langkah pertama tadi.

3# Di Rendam:
Dan ini rekomendasi dari saya, pertama rendamlah buah sawit hingga 4-7 hari, sesudah buah sawit lembut pisahkan dan peras, kurang lebih caranya hampir sama seperti diatas tadi.
Tujuan mengoreng, Merebus dan Merendam buah sawit ini adalah supaya kulitnya menjadi lembut dan mudah untuk di peras.
Ingat kalian jangan lupa untuk menampung minyak sawit yang diperas tadi, akan lebih baik lagi bila kalian membuat skala banyak supaya tidak repot lagi saat akan membuat umpanya.

Cara Meracik Umpan Dari Minyak Kelapa Sawit Mentah

Untuk membuat umpanya tidaklah terlalu sulit, kalian cukup memvariasikan umpan minyak sawit ini ke apa saja pengalaman kalian dalam membuat umpan mancingnya.

Untuk yang simpel dibuat adalah, campurkan minyak kelapa sawit dengan Tepung Kanji (sagu) dan diaduk-aduk hingga pulen menyerupai umpan pelet. Untuk perbandingan antara sagu dan minyak sawitnya, kalian bisa mengira-ngira saja, karena membuat umpan mancing dengan perpaduan ini memang akan timbul dari dalam hati kalian langsung.

Sebagian orang, ada juga sesudah tepung sagu di campur minyak sawit langsung di gunakan untuk mancing. Tapi sebagian ada juga yang di rebus terlebih dahulu, kalian bisa mencoba salah satunya terlebih dahulu dan di teskan ke ikan.

Tapi bila rekomendasi saya, akan lebih baik lagi bila umpanya kalian rebus terlebih dahulu supaya umpan bisa lebih bertahan lama saat berada di dalam air. Tapi bila kalian tidak sempat ya bisa langsung di coba.

Kesimpulan
Dalam pembuatan umpan mancing mengunakan minyak cpo sawit ini, kalian tidak harus mencampurnya mengunakan tepung sagu, tapi kalian bisa mengkombinasikan dengan bahan lainya, namun masih mengunakan bahan utamanya yaitu umpan jitu minyak cpo kelapa sawit.