Skip to main content

Cara Mengunakan Keroto Telur Semut Untuk Umpan

Umpan Kroto atau anak semut untuk mancing ikan, sebenarnya susah-susah gampang di gunakan, bila pas dan tepat kalian gunakan maka hasil mancing kalian akan sangat memuaskan tapi bila tidak sesuai dengan pengunaan maka akan sangat sulit sekali bagi kalian untuk mendapatkan sambaran ikan saat mancing.

umpan mancing ikan pakai keroto tabur dan racikan ✓

Mancing ikan mengunakan umpan kroto ini sebenarnya sangat pas bila digunakan pada mancing kolam, rawa, waduk ataupun sungai-sungai yang arusnya tidak deras atau agak tenang.

Dengan air yang tenang inilah, umpan kroto bisa mantap dan bertahan lama bila di gunakan. Nah bagi kalian yang ingin mencoba mancing dengan umpan jenis ini, ada hal yang harus kalian ketahui dalam pengunaanya karena bila salah malah buat kalian ribet saat mancingnya, karena setidaknya ada beberapa macam pengunaanya seperti:
  • Umpan Kroto Untuk Tabur (Pengumpul ikan)
  • Kroto Untuk Campuran Umpan
  • Dan Langsung Mengunakan Umpan Kroto Murni.
Dari beberapa pengunaan diatas, yang paling banyak digunakan adalah untuk umpan tabur dan campuran pengadonan saat membuat umpan. Untuk kalian yang penasaran, yuk kita bahas satu persatu pengunaanya.

Cara Buat Umpan Tabur Mancing Kolam Dengan Kroto

Untuk yang jenis ini tidaklah sulit, karena umpan ini hanya untuk di tabur dekat dengan umpan pancing kalian. Cara ini umumnya digunakan oleh para pemancing kolam, saat umpan di lemparkan namun beberapa menit tidak dapat sambaran maka langsunglah di beri umpan tabur.
Tujuan dari umpan tabur ini tak lain untuk mengumpulkan ikan supaya umpan asli di makan.
Untuk lebih memaksimalkan umpan tabur mengunakan kroto ini, maka kalian bisa terlebih dahulu meneteskan cuka masak dan melumuri kroto dengannya sebelum di tabur.

Cuka makan, sangat diakui ampuh untuk merangsang ikan kolam supaya mau makan umpan. Dengan begitu, bila ikan-ikan mulai berkumpul akan lebih berselera dalam memakan umpan asli yang kalian gunakan.

Cara Meracik Adonan Umpan Kroto Biar Lebih Paten dan Jos

Untuk membuat umpan adonan mengunakan kroto, yang harus kalian pahami adalah tidak menghilangkan bau khas dari kroto itu sendiri.

Nah apa bila kalian mengunakan berbagai macam campuran, bisa di pastikan aroma dari kroto ini akan hilang, maka dari itu ada baiknya kalian tetap mempertahankan kealamianya sekalipun dibuat umpan campuran.

Cara untuk meraciknya, kalian cukup mengunakan umpan yang biasa saja jangan terlalu banyak mencampurkan bahan-bahan untuk umpan. Cukup kalian gunakan tepung kanji / aci atau sagu, caranya macukan tepung sagu 2 sendok makan ke dalam plastik, kemudian campurkan dengan kroto lalu campurkan sedikit air dan kukus.

Bila kalian ingin aroma kroto lebih khas, cukup hancurkan antara tepung sagu dan kroto di penyet-penyet mengunakan tangan. Sampai sagu bercampur dan menyerupai pelet, umpan ini siap kalian gunakan.

Mengunakan Umpan Kroto Langsung Ke Mata Kail

Dan ini yang terakhir, paling ampuh sekalian paling merepotkan karena bila lambat dalam menariknya umpan akan langsung hilang di bawa ikan.

Bila kalian ingin mengunakan cara yang terakhir ini, maka sebaiknya siapkanlah terlebih dahulu kroto lalu siram dengan air panas. Tujuanya, supaya umpan kroto kalian menjadi padat dan tidak mudah hancur, karena seperti yang kita ketahui kroto bila di masukan ke mata kail akan langsung pecah dan isinya hilang tapi jika kalian siram air panas terlebih dahulu maka umpan tidak akan hancur.

Sebelum mengunakan cara ini, sebaiknya mata kail yang di gunakan berukuran halus atau nissin. Dengan begitu keroto bisa masuk dengan baik ke mata kail, bila mengunakan yang sembarangan bisa dipastikan kroto hancur karena ukuranya yang kecil dan di masukan ke mata kail yang besar.

Kesimpulan
Umpan kroto pada umumnya memanglah sangat jitu digunakan, karena ada banyak sekali para pemancing yang telah mengakui keampuhan umpan kroto untuk mancing kolam.