--> Skip to main content

Cara Buat Umpan Kucur Brondolan Sawit Yang Paling Mudah

Umpan kucur sawit atau brondolan memang sedang booming dan ramai-ramainya dibahas oleh kalangan angler pemancing ikan baung sungai di alam liar, saking ramainya di forum-forum pemancing sungai pasti tetap ada saja yang mengupdate saat ia memancing dan strike mengunakan umpan kucur brondolan sawit ini.

cara buat umpan kucur sawit

Dengan umpan jenis kucur sawit ini, bukan hanya ikan baung saja yang mau makan umpanya, tapi yang lainya seperti ikan Putian, Wader, Gurame dan jenis ikan sisik lainya juga sangat ganas menyambar umpan ini. Jadi benar saja bila umpan jenis ini sedang banyak-banyaknya dipakai oleh para pemancing.

Namun sayangnya, kebanyakan dari angler diluaran sana masih bingung dan tidak mengetahui dengan detail cara membuatnya, sehingga walaupun umpan kucur sawit sudah jadi tapi tetap saja kurang pas dalam pembuatanya.

Nah bagi kalian yang memang ingin membuat umpan ini, ada beberapa langkah yang harus kalian siapkan. Saran saya, ikuti dengan pas langkah demi langkah pembuatanya supaya lebih pas dan sama dengan cara saya membuatnya.

1# MENYIAPKAN BERONDOLAN SAWIT
Terlebih dahulu kalian siapkanlah berondolan dari buah sawit, akan lebih baik lagi bila kalian memilih yang berukuran paling besar. Ambil setidaknya 2 kiloan saja.
Saran saya, ambil lebih banyak dan membuatnya sekali banyak karena bila kalian ingin membuatnya ulang membutuhkan waktu yang lama lagi.
Jadi buatlah semacam stock bila kalian ingin rutin mengunakan umpan kucur brondolan sawit ini.

2# TAHAP PEMERAMAN
Buah sawit yang sudah kalian kumpulkan tadi, selanjutnya masukan ke plastik asoy dan usahakan tidak kena sinar dan angin, usahakan pemeraman sampai 3 mingguan terlebih dahulu. Kalian juga harus menyiapkan berdolan sawit yang di peram selama 1 minggu.
Proses pemeraman itu ada 2, yang pertama diperam selama 3 mingguan, menjelang 2 minggu berlalu kalian harus memeram lagi sawit supaya bisa pas 1 minggu, gamblangnya begini, peraman pertama 3 minggu dan yang ke 2 nya 1 minggu saja, ingat! Perbandingan perseparoh atau 1 per 3.
Setelah itu, pisahkan antara kulit dan biji sawit semuanya dan carilah wadah untuk menumbuk kulit sawit yang sudah dipisahkan tadi.

3# LANGKAH TERAKHIR
Setelah kalian tumbuk, selanjutnya masukan ke dalam asoi plastik lagi tekan-tekan sampai berbentuk bulatan lalu peram lagi selama 1 mingguan. Tujuan pemeraman terakhir ini adalah supaya tekstur umpan kucur sawit bisa lebih lengket dan kuat serta tidak mudah hilang kena arus sungai.

KEKURANGAN MENGUNAKAN UMPAN KUCUR SAWIT
Ini adalah hal yang paling ribet, terbilang sangat memakan waktu dalam pembuatanya terlebih bila kalian yang kurang sabar dalam mengolah umpan maka kalian tidak akan sanggup untuk menunggunya.

Ada hal yang sering terlupa, bila belum pas saatnya lalu umpan langsung di gunakan biasanya ikan malah tidak mau memakan umpan terkesan usaha kalian akan sia-sia saja. Jadi tunggulah sampai peraman kucur sawit pas 1 bulan sebelum bisa kalian gunakan untuk mancing.