Skip to main content

Penyebab dan Cara Perbaiki Stick Pancing Yang Patah

Cara perbaiki stick atau joran pancing yang patah memang terbilang konyol, kebanyakan para pemancing bila sticknya patah maka akan langsung dibuang, namun sebagian ada juga yang memperbaiki dulu selagi masih bisa dibenarin. Nah untuk kalian yang kebetulan stick pancingnya patah, bisa coba mengikuti tata cara untuk memperbaikinya pada artikel ini dan pastinya kalian tetap akan bisa mengirit biaya.

cara perbaiki stick atau joran pancing yang patah dengan mudah dan cepat ✓
Seperti yang kita ketahui, jenis stick pancing yang biasanya kita gunakan terbagi menjadi 3 jenis: Yang Sambung, Stick Susun (antena) dan Joran Getek. Untuk yang sering sekali mengalami patah adalah stick yang susun (antena) terutama pada ujung stick pancingnya. Banyak hal yang bisa membuat stick ini patah dan itu pasti tanpa di sadari oleh kalian.

Sedangkan untuk stick yang sambung, biasanya akan patah pada bagian bawah sambungan. Untuk jenis stick getek, ini lebih mudah lagi untuk patah, terbilang sangat rawan bila kalian tidak bisa mengunakanya, namun bila kalian bisa mengunakanya kemungkinan aman dan bisa awet lama dipakai.

Penyebab Stick Pancing Mudah Patah Saat Dipakai

Masalah stick yang patah saat kalian gunakan, sebenarnya semua kembali lagi pada cara kita mengunakanya karena terkadang tetap ada saja diantara kita yang mengunakan pancing secara kasar dan paksa. Bila pancing patah saat menarik ikan besar sebenarnya jarang terjadi, karena bila ikan yang makan tentu kita bisa memainkanya terlebih dahulu dengan membuka kunci rell.
Penyebab kebanyakan stick pancing patah adalah karena dipaksa, bisa jadi pas mata kail tersangkut kayu dan sebagainya kalian langsung memaksa untuk menariknya namun dengan lekukanya, yang begini sekuat apa saja stick pasti patah.
Nah diatas ini adalah penyebab yang sering sekali terjadi pada pemancing yang mendapati stick joran pancingnya patah saat digunakan. Untuk alasan lainya seperti tarikan ikan yang besar melebihi bobotnya, bisa saja terjadi tapi itu sangatlah jarang terjadi.

Namun kembali lagi pada, kualitas stick atau joran pancing yang kalian beli, bila kualitas murah tentu akan mudah patah, tapi kembali kepada kalian yang mengunakanya.

Cara Memperbaiki Stick Joran Pancing Yang Patah Dengan Mudah

Untuk Memperbaiki stick pancing yang patah, kalian tinggal mengikuti tata caranya dibawah ini yang sesuai dengan alat pancing kalian.

1# Stick Susun (Antena)
Stick jenis ini sangat rawan pada bagian ujungnya yang meruncing, bagian inilah yang sangat sering sekali patah. Untuk memperbaikinya, kalian cukup beli saja karena ada banyak toko pancing yang menjual bagian ujungnya ini, dan jangan lupa juga untuk membeli cicinya sekalian. Untuk memperbaikinya, kalian cukup membuka penutup pada bagian bawahnya, keluarkan yang patah dan masukan yang baru lalu pasang cicinya dan kasih lem supaya kuat.

2# Stick Sambung
Stick yang jenis ini sangat jarang sekali patah, karena biasanya terbuat dari full Fiber yang kuat, namun juga sering patah pada bagian ujung dan tengah sabungan bagian bawah. Untuk memperbaikinya, bila yang patah bagian ujung maka kalian bisa mengantinya dengan Fiber yang baru, bisa kalian beli di toko alat pancing dan juga jangan lupa beli cincin atau ringnya, bila yang patah bagian bawah sambungan, kalian bisa mengikisnya terlebih dahulu supaya bisa memasukan sambunganya. Dengan dikikis pasti bulatan sambungan kembali bisa kalian satukan dengan yang bawah dan stick siap untuk kalian gunakan lagi.

3# Pancing Getek
Nah untuk yang ini sangat sulit diperbaiki, karena memang bisa dikatakan tidak akan bisa diperbaiki. Lagian jenis pancing ini juga bisa dikatakan sangat mudah sekali patah. Terutama bila mendapat sambaran ikan yang besar, tetap jenis pancing ini akan patah.

Nah diatas, serangkaian penyebab mengapa pancing kalian terkadang patah tanpa di sadari, sekaligus cara untuk kalian memperbaikinya.

Kesimpulan
Pada dasarnya, stick atau joran pancing patah ini kembali kepada kita sendiri yang mengunakanya, bila pengunaan yang biasa-biasa saja cenderung pancing lebih awet di gunakan. Sebaliknya, bila di gunakan secara kasar tetap saja stick pancing akan mudah patah.