Supaya Senar Pancing Kuat, Awet dan Tahan Lama Di Pakai

Tips merawat senar pancing supaya bisa selalu kuat awet dan tahan lama dipakai memang jarang yang mengetahuinya, kebanyakan dari para pemancing senar yang digunakan bila sudah mulai rapuh maka akan segera diganti dengan yang baru. Sebenarnya, awet atau tidaknya senar pancing yang kita gunakan itu kembali lagi kepada kita yang merawatnya, seberapa rajin dan perhatianya kita pada alat pancing yang menjadi andalan ini.

cara merawat senar pancing supaya kuat awet dan tahan lama dipakai ✓
Banyak hal yang membuat senar pancing yang awalnya kuat, selang beberapa bulan menjadi rapuh dan sangat mudah putus, terbilang penurunan kapasitas dari kekuatan senar itu sendiri. Biasanya, kesalahan ini bukan dari senar pancingnya karena sering di gunakan, tetapi ada pada kita sendiri yang mengunakanya.

Sekarang kita buat saja 1 perbandingan antara senar pancing yang biasa digunakan untuk mancing di sungai dan kolam. Sudah bisa dipastikan, yang paling mudah rapuh dan rusak adalah senar yang biasa dipakai untuk mancing di sungai.
Ini hal yang paling mencolok adalah karena faktor sinar matahari dan panas, bila senar pancing yang digunakan mancing di sungai akan lebih sering terkena sinar matahari dibandingkan mancing kolam.
Perlu diketahui, panas adalah suatu penyebab senar menjadi rapuh dan juga mudah kriting bila terus digunakan, kalian harus mencari cara supaya senar pancing ini bisa menjadi awet dan kuat walaupun sering terkena sinar matahari.

Nah pada artikel ini, saya akan membagikan pengalaman pribadi saya untuk cara merawat senar pancing supaya tidak mudah putus dan getas.

Hindari Sinar Matahari, Lumasi Senar Pancing Dengan Minyak Goreng Bisa Buat Senar Pancing Selalu Kuat

Ini adalah langkah awal untuk merawat senar pancing, kalian bisa mencoba untuk menghindari panas berlebihan pada senar pancing yang kalian gunakan. Maksud dari panas ini kurang lebih pancing yang kalian gunakan saat memancing biasanya kan stick, rell dan senarnya sering kali kalian biarkan terjemur panas, sementara kalian ngumpet di tempat teduh sembari memperhatikan pancing dimakan ikan.

Yang seperti diatas inilah penyebab utama senar kalian menjadi molor dan kekuatanya berkurang, karena senar tidak akan tahan terhadap panas sinar matahari. Untuk solusinya, kalian bisa menajur pancing kalian juga ditempat yang teduh, atau tutupi bagian rell karena disinilah akan menyimpan banyak hawa panas.

Selain itu, kalian juga bisa sesekali meneteskan minyak goreng ke rell pancing sesudah kalian mengunakanya, minimal 1 bulan sekali cobalah untuk memberikan minyak ke senar, cara ini sangat terbukti ampuh untuk merawat senar pancing supaya tidak mudah getas dan awet di gunakan.

Bila Mata Kail Tersangkut Jangan Sering-sering Tarik Paksa Dengan Ukuran Senar Yang Panjang

Kalian pasti pernah ngalamin saat mata kail tersangkut, nah pasti kalian akan memaksa senar untuk menariknya. Ini adalah salah satu penyebab senar kalian lebih mudah putus dan getas, semakin sering kalian lakukan maka akan semakin besar juga peluang kalian ganti senar dengan yang baru.

Senar yang dipaksa ini, ia akan molor, semakin sering senar akan semakin menipis dan tidak beraturan, bila sudah seperti ini maka senar pancing kalian akan lebih mudah lagi untuk putus.

Solusinya, bila mata kail kalian tersangkut terlebih dahulu cobalah untuk mendakati tempat sangkutan tersebut, bila memungkinkan usahakan semaksimal mungkin senar yang akan dipaksa tarik. Dengan begini, ukuran senar yang akan rusak tidak terlalu panjang sehingga sisanya bisa tetap kalian gunakan.

Senar Pancing Mudah Putus Karena Memang Harganya Murah

Memang tidak salah harga menentukan kualitas, semakin bagus senar pancing maka akan semakin mahal juga harganya. Kebiasaanya senar yang bisa dibeli dengan harga yang murah biasanya akan direbus dulu supaya bisa menjadi kuat tapi sayangnya belum tentu bisa bertahan lama dipakai.

Sebaliknya, bila membeli senar dengan harga yang mahal juga belum tentu cocok dengan isi kantong kita. Sebaiknya, belilah senar pancing dengan harga yang sesuai dengan kemampuan namun cukup kuat untuk di gunakan, karena mancing adalah hobi tidak harus di turutkan dengan sebuah keharusan.

Kesimpulan
Bila kalian ingin senar yang kuat dan tahan lama, cobalah untuk membeli senar yang memang tahan panas dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk merawatnya supaya senar pancing yang kalian gunakan bisa jadi kuat, awet dan tahan lama dipakai.

Posting Komentar untuk "Supaya Senar Pancing Kuat, Awet dan Tahan Lama Di Pakai"