--> Skip to main content

Mancing Ikan Gabus, Umpan Mainan (Lure) VS Kodok Alami

Mancing ikan gabus mengunakan kodok / katak asli memang terdapat kelebihan tersendiri dibandingkan mengunakan umpan mainan seperti lure dan sebagainya. Karena pasti, umpan alami lebih berpotensi cepat di sambar oleh ikan gabus ketimbang umpan mainanya, tapi harus diketahui dengan jelas antara Umpan Mainan dan Kodok untuk mancing ikan gabus terdapat kelebihan dan kekuranganya.

umpan lure, jumprog untuk mancing gabus dan kodok asli ✓

Nah buat kalian yang hobi mancing ikan gabus, bila ingin mengunakan umpan mainan dan kodok asli sebaiknya simak dulu kelebihan dan kekuranganya di artikel ini, supaya bisa menyesuaikan sikon saat kalian turun memancing ikan gabus.
Kebanyakan orang beranggapan bahwa mancing ikan gabus mengunakan lure atau umpan mainan lebih cepat di sambar ketimbang mengunakan asli umpan kodok alami.
Karena pada umumnya, ikan gabus memang bersifat predator dan melahap mangsa apa saja yang melintas di permukaan air yang tepat ada ikan gabusnya. Tidak perduli itu umpan kodok asli atau lure mainan bila melintas pasti akan langsung di sambar. Terutama bagi kalian yang sangat hobi mancing ikan gabus dengan tekhnik kesting (casting) pasti mencari rekomendasi umpan mainan yang lebih cepat lagi di sambar ikan gabus, oleh karena itu. Yuk kita simak kelebihan dan kekuranganya.

Kelebihan Mengunakan Kodok Asli dan Umpan Mainan (lure)

Nah kalian bisa simak dengan jelas, semua tentang kelebihannya, tapi sebaiknya jangan lupa untuk mengetahui juga kekuranganya karena biar bagaimanapun juga tetap saja pasti umpan alami lebih unggul, tidak percaya? Ayok kita ulas sob.

Kelebihan Umpan Lure dan Kodok Alami

Pastinya bila kalian ingin yang simpel dan praktis, tentu saja umpan Mainan (lure) akan menjadi yang lebih unggul ketimbang kodok asli.

Kelebihan Umpan Lure (Mainan):
Pertama adalah mudah ditemukan dan simpel, cukup pergi ke toko alat pancing kalian sudah bisa membelinya dan siap Uncal berangkat kesting. Selain itu, tidak perlu repot-repot untuk mencari umpan, begitu sudah mancing umpan di simpan dan siap pakai kapan saja.

Memiliki Hook atau mata kail bawaan, biasanya ada juga yang double Hook. Membuat kalian tidak perlu lagi untuk membeli mata kail saat ingin memancing ikan gabus.

Kelebihan Kodok Asli dan Alami:
Yang pastinya ia bisa bergerak secara alami, selain itu untuk ikan gabus predator berukuran besar biasanya juga sangat peka dengan kodok yang asli. Selain itu, keunggulan yang pastinya ada pada kodok ini adalah: Umpan Kodok Bisa Di Tengelamkan dan Ikan Gabus Tetap Saja Menyambarnya.
Karena biasanyakan bila mengunakan umpan kodok asli, bila terlalu lama di gunakan ia akan mati dengan sendirinya. Nah kalian bisa langsung saja menenggelamkanya ke dasar air dan di jamin ikan gabus tetap saja mau makan umpan ini.
Diatas hanyalah sebagian kecil kelebihan antara Lure (umpan mainan) VS Kodok asli, yang pada kenyataanya tetap saja terdapat kelebihan yang lebih jauh lagi. Tergantung pengalaman kalian sendiri.

Kekurangan Umpan Mainan dan Kodok Asli

Bicara tentang kekurangan, karena saya termasuk pemancing yang sukanya pakai umpan kodok alami dan asli, pastinya akan banyak kekurangan dari umpan mainan atau lure.

Kekurangan Umpan Mainan:
Untuk yang pertama adalah harganya ya, karena pastinya kalian harus beli umpan ini. Juga tidak bisa hanya cukup 1 saja, kalian harus membeli 2-5 biji umpan mainan ini. Bila 1 harganya 10.000 maka kalikan saja, dengan begitu pasti kalian akan terasa mengeluarkan duitnya.

Hook juga bisa menjadi salah satu kekuranganya, karena bila spot terbilang banyak sangkutan dan semak lebih berpotensi nyakut, bila di paksa maka akan putus dan kalian sudah membuang uang cuma-cuma. Selain itu, tidak semua ikan gabus mau menyambar umpan mainan ini, dan bila terlalu lama tetap saja kalian harus terus mengkesting umpan ini bila ingin dapat sambaran.

Pakai umpan mainan ini termasuk hal yang membosankan, terlebih bila terlalu lama tidak mendapat sambaran. Dan masih banyak lagi kekurann.

Kekurangan Umpan Kodok Asli:
Untuk segi ini, banyak yang mengeluhkan susahnya mencari kodok ini untuk mancing. Terkesan repot bila harus cari kodok setiap kali ingin mancing ikan gabus, bila di simpan juga tidak akan bertahan lama.

Selain itu, sangat sering terlepas dari mata kail saat di lemparkan, terutama bila ikan gabusnya menyambar dengan kecepatan penuh, umpan kodok bisa saja terlempar jauh dari atas permukaan air. Terkadang ada juga orang yang merasa jijik bila ingin memegang kodok ini, takut dan sebagainya yang membuat kebanyakan pemancing jadi enggan mengunakan kodok yang asli untuk mancing ikan gabus ini.

Diatas adalah sedikit kekurangan antara lure dan kodok asli, namun semuanya kembali lagi kepada kalian sukanya mancing gabus dengan umpan yang mana. Sesuai selera dan hobi masing-masing, tapi ingat sob umpan alami tetap akan lebih unggul.

Kesimpulan
Apa saja umpan mancing ikan gabus kesting yang di gunakan, tetap saja semuanya kembali kepada diri kalian masing-masing. Tidak harus mengunakan kodok alami, ataupun lure sebagai umpan karena yang jelaas semuanya tergantung kalian.

Asiknya mancing gabus, pakai umpan lure ya pakai saja begitu juga sebaliknya kalau asiknya mancing gabus pakai umpan kodok alami yang gunakanlah.