Skip to main content

Mancing Ikan Umpan Kelabang (Lipan) ✓

Mancing umpan kelabang (lipan) memang terdengar agak keras dan mengetarkan nyali, jangankan untuk memasang umpanya ke mata kail, untuk memegangnya saja saya rasa banyak yang ngeri dan hampir tidak berani. Terutama untuk para pemancing yang tergolong gelian dengan jenis binatang ini, karena tidak semua pemancing bersifat kotor atau berani memegang sembarangan umpan yang di gunakan.

mancing ikan mengunakan kelabang yang jitu untuk ikan sungai dan rawa tapi kebanyakan orang jarang mengunakanya ✓

Kelabang atau lipan memang sering di gunakan untuk umpan mancing, sasaran ikan yang makan umpan ini juga terbilang bukan main-main karena pasti hanya ikan besar saja yang mau memakanya. Ikan-ikan yang mau makan umpan kelabang (lipan) ini pada umumnya ikan sungai di alam liar seperti:
  • Patin.
  • Baung.
  • Lele / Lembat.
  • Tilan / Sili.
  • Gabus / Toman.
  • Dan ikan pari sungai.
Ikan-ikan yang saya sebutkan diatas inilah yang biasanya bisa kalian dapat bila mengunakan umpan kelabang (lipan) tapi kalian harus hati-hati memegangnya karena terdapat sengat bila megunakan umpan jenis ini.

Cara Mengunakan Kelabang Untuk Umpan Mancing Yang Jitu Tapi Tidak Berbahaya

Nah bila kalian ingin mengunakan umpan ini, sebaiknya ketahuilah dulu cara untuk mengolahnya supaya tidak berbahaya saat kalian gunakan untuk mancing.

Pertama-tama, yang harus kalian lakukan adalah mencari kelabangnya, akan lebih baik lagi bila kalian mencarinya yang masih tergolong anakan kira-kira ukuranya sebesar rok*k mild saja. Namun bila kalian menemukan yang berukuran besar tidak masalah ditangkap, pada kelabang (lipan) terdapat sengat kalian terlebih dahulu harus memutuskan sengat ini mengunakan gunting supaya tidak lagi berbahaya.

Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui apa bila mancing mengunakan umpan kelabang ini yaitu besar dan kecil ukuran kelabang yang kalian gunakan. Bila besar maka ikan yang akan memakan umpan kalian juga besar, sebaliknya bila kecil maka kecil pula ikan yang akan memakanya, tapi untuk kelabang yang berukuran kecil lebih besar potensi di sambar ikan, jadi usahakan kalian membawa umpan kelabang yang berukuran sedang saja.

Kelabang atau Lipan Bisa Juga Di Bakar Terlebih Dahulu Sebelum Di Jadikan Umpan Mancing

Sebagian orang, ada juga yang membakar kelabang sebelum di gunakan untuk umpan. Bukan dibakar sampai hangus, tapi hanya di bakar sebelum di masukan ke air saja, cukup mengunakan korek api.

Tujuan membakar kelabang ini supaya bau yang di timbulkan lebih menyengat lagi dan bisa merangsang ikan supaya lebih ganas menyambar umpan. Tapi kalian harus benar-benar paham, jangan sampai membakarnya sampai hangus menjadi hitam tapi cukup terlihat warnanya sedikit berubah saja.

Setelah dibakar, langsung masukan ke air dan kalian tinggal menunggu saja ikan menyambarnya. Bila di sekitaran lokasi kalian mancing memang ada ikan yang berukuran besar bisa dipastikan kalian tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan sambaran.
Tapi kalian tidak harus membakar kelabang sebagai umpan ini, karena tanpa dibakar sekalipun ikan akan tetap saja memakan umpan ini.
Selain di bakar, ada juga beberapa pemancing yang mematikan terlebih dahulu kelabang ini dan dibiarkan hingga 2-3 malam di dalam plastik, tujuanya supaya kelabang menimbulkan bau yang lebih khas lagi.

Kesimpulan
Dalam dunia mancing sensasi umpan memang ada banyak sekali, sebagian para pemancing memang mengunakan berbagai macam umpan untuk mendapatkan berbagai macam sambaran ikan pula pastinya. Termasuk kelabang, namun sayangnya kebanyakan pemancing jarang yang mengunakan umpan ini karena berbagai macam alasan.