Skip to main content

Air Sungai Keruh, Ikan Tetap Makan Umpan Pancing

Air yang keruh penyebab ikan tidak mau makan umpan adalah pengalaman yang salah, sekalipun air sungai yang paling keruh sekalipun ikan tetap saja butuh makan, yang penting kalian tau umpan yang paling cocok di gunakan saat kondisi air yang keruh tersebut, karena faktor air yang jernih ataupun keruh ikan tetap saja akan mencari makanan yang bisa ia makan.
ikan tetap makan umpan walau air sungai keruh bila mengunakan umpan cacing

Dengan begitu, bisa kalian pastikan bahwa ikan tetap akan memakan umpan bila air sungai keruh. Perlu kalian ketahui, ada beberapa penyebab mengapa ikan tidak mau makan umpan pancingan dan itu bukan di pengaruhi oleh faktor air yang keruh, salah satu penyebab utamanya adalah umpan yang kalian gunakan memang sedang tidak cocok dengan kondisi airnya.

Selain itu, jam makan ikan bisa jadi berubah seiring dengan perubahan kondisi air. Karena biasanya air sungai yang mendadak keruh bisa di pastikan juga ada penyebabnya, biasanya faktor hujan dan sungai sedang banjir, dengan begini pasti warna air akan berubah keruh karena bercampurnya dengan lumpur aliran sungai.

Kalau biasanya kalian memancing ikan dihari biasanya, ikan makan jam pada umumnya maka bila kondisi air yang berubah, pasti jamnya akan ikut juga berubah tapi tidak bisa dipastikan maju atau mundur. Hal yang harus kalian ketahui adalah umpan yang cocok di gunakan.

Saat air sungai jadi keruh, ikan sudah tidak mengandalkan lagi penglihatanya untuk mencari makan, tapi lebih mengutamakan penciuman. Dengan begitu, umpan yang beraroma kuat dab menyengat adalah kunci untuk memancingnya.

Dan umpan yang paling umum digunakan adalah Cacing dan Usus Ayam kalian bisa mencoba umpan yang saya sebutkan diatas karena memang 2 jenis umpan ini sangat kuat bau amisnya bila di dalam air. Untuk jenis ikannya, hampir sama saja tapi untuk aliran sungai maka ikan seperti baung dan lele akan menjadi lebih aktif bila kondisi air keruh.

Selain ikan baung dan lele, tetap saja ikan-ikan yang lainya juga masih aktif dan bisa di pancing. Maka dari itulah, kalian jangan kaget bila mancing di saat air keruh malah dapat ikan yang biasanya aktif di malam hari, karena seperti yang sudah saya sebutkan diatas tadi, nafsu makan ikan itu berubah, termasuk ikan baung dan lele yang biasanya kena pancing malam hari jadi bisa di dapat saat mancing pagi, siang ataupun sore.

Jadi, bila kalian ingin mancing pas keadaan air seperti itu bisa coba umpan yang saya sebutkan tadi. Tapi jangan pernah mancing mengunakan umpan yang biasanya kalian pakai tapi tidak beraroma kuat seperti roti ataupun jangkrik, bila umpan buah seperti nangka ataupun buah sawit juga masih bisa digunakan tapi pasti kalian agak kesulitan mancingnya karena selain umpan yang baunya kuat dan amis itu pasti sulit mancing dengan kondisi airnya.

Kecuali bila airnya sabuk, tidak jernih dan tidak juga keruh sedang-sedanglah. Pada kondisi air sabuk ini kalian bisa mengunakan umpan apa saja yang penting spot kalian mancing itu ada ikanya. Tapi, untuk mancing ikan paling bagus itu keadaan airnya yang jernih karena umpan bisa terlihat jelas oleh ikan, bahkan begitu umpan dimasukan ke air maka ikan bisa jadi langsung mengejar umpan.

Kesimpulan
Saat mancing ikan disungai yang mendadak keruh, usahakan saja mengunakan umpan yang umumnya dipakai dan berbau amis yang kuat. Selain itu, ketahui juga faktor cuaca dan spot yang banyak ikannya, dengan begitu mudah-mudahan kalian bisa panen ikan pancingan walaupun kondisi air yang keruh.