Skip to main content

Cara Menyambung Joran Pancing Yang Patah

Joran pancing patah jangan buru-buru di buang, masih bisa kita perbaiki atau menyambungnya kembali. Sebagai pemancing, kalian pasti pernah mengalami joran yang patah dan biasanya langsung membuangnya saja tapi kalau ingin di sambung sebenarnya masih tetap bisa kok yang penting tau caranya.
joran pancing yang patah bisa di sambung lagi jadi jangan buru-buru di buang

Stick joran pancing yang patah, biasanya bisa di sebabkan oleh berbagai hal, baik karena di tarik ikan besar atau memang nyangkut lalu kalian paksa untuk menariknya langsung dari joran pancing, bila begini ya tetap saja patah. Besi sekalipun juga akan patah bila di paksakan, kecuali bila senarnya kecil, bisa jadi hanya senarnya saja yang putus.

Tapi seharusnya, tidak akan sampai patah bila kalian memiliki pengalaman dan kesabaran yang cukup.
Joran pancing, pada bagian ujungnya itu memang sudah di setting lentur, seharusnya tidak akan mudah patah bila kalian sabar. Joran ini bisa patah karena memang kalian paksa.
Jadi bila ini terjadi pada kalian tetap bisa kita sambung lagi, tinggal patahanya di bagian mananya. Dan joran yang kalian pakai itu sambung 2 atau model antena karena memang ada cara sendiri-sendiri untuk memperbaikinya.

Tidak sama untuk menyambung joran yang berbeda, jadi bila kalian ingin menyambungnya tinggal kalian sesuaikan dulu model dari joran kalian dan ikuti tata cara memperbaikinya.

Cara Perbaiki Joran Sambung 2 Yang Patah

Sebelum di sambung pastikan dulu pada bagian mananya yang patah, karena umunnya bila joran sambung 2 maka akan patah tepat di bawah sambungan yang untuk memasukan stick atasnya. Untuk menyambung bagian stick joran pancing ini, yang utama harus kalian siapkan adalah lem bakar dan alteko atau lem setan.

A# Menyambung Joran Patah Pada Bagian Bawah Sambungan.
Bila pas dibawah sambungan dan untuk penyambungnya masih ada, cobalah untuk mengikikis terlebih dahulu bagian yang patah. Bila besi pipa sambunganya terdapat patahan juga maka potong mengunakan gergaji besi terlebih dahulu supaya rata. Selanjutnya terus kikis sampai bagian pipa sambungan bisa masuk, kira-kira masuk sekitar 4-5 CM saja nanti bisa di buat lebih kuat.

Bila sudah bisa masuk, sambung mengunakan lem bakar terlebih dahulu. Setelah itu, ambil benang jahit dan gulung sekuat mungkin, makin banyak gulung akan makin bagus, setelah cukup lalu oleskan dengan lem alteko/setan berulang-ulang, bila di rasa lem kering maka kalian tambah lagi sampai tekstur benang tidak kalian rasakan lagi bila di raba mengunkan jari.

Kemudian coba sambungkan bagian ujungnya, tes apakah cukup kuat dan cabut apakah pipa besi sambungan ikut tercabut juga atau tidak. Bila ingin semakin kuat maka lem alteko/setan masukan dari bagian lobang sambungan pipanya dan tunggu sampai benar-benar kering sebelum mencoba memasukan sambunganya.

B# Joran Patah Pada Bagian Ujungnya / Ring Atas Nomer 1
Ini yang paling rawan, biasanya ring ujung pertama itu sering sekali patah, baik tidak sengaja terbentur atau memang sudah rapuh. Untuk menyambungnya, terlebih dahulu kalian belilah ring nomer 1 nya di toko pancing, kemudian kikis mengunakan pisau sampai ujung joran bisa masuk ke lobang ring, setelah bisa masuk pakaikan lem bakar dan masukan bersamaan.

Jika ingin lebih kuat, gulungkan kembali benang jahit seperti yang pertama tadi.

C# Joran Patah Di Bagian Tengah Sambungan.
Inilah yang paling sulit untuk di sambung, kalaupun bisa di sambung maka akan terlihat sambunganya. Bagaimanapun tidak akan bisa terlihat rapi, untuk menyambungnya kalian bisa mengunakan seng atau kaleng.

Gunting bagian seng atau kaleng, perkirakan panjangnya lalu sesuaikan layaknya pipa. Lalu masukan ke bagian yang patah, supaya lebih tahan kalian bisa mengulung benang pada bagian luar seng atau kaleng kemudian siram lagi dengan lem alteko/setan supaya kuat dan joran bisa kalian gunakan lagi.

Pada bagian-bagian lainya juga sama, bila patahan di tempat yang tanggung maka jalan satu-satunya untuk menyambung ya dengan bantuan dari luarnya. Tapi bila bagian atas sambungan, sebenarnya kalian bisa tinggal beli saja lagi di toko pancing.

Cara Menyambung Joran Pancing Antena Yang Patah

Joran antena yang patah, pastinya lebih mudah menyambungnya ketimbang joran yang sambung 2. Karena patahan pada joran antena ini biasa terjadi tepat pada bagian ujung ring 1, dan itu bisa dengan mudah untuk di sambung karena memang banyak yang jual di toko-toko pancing.

Selain itu, bila patahan di bagian kolong nomer 2, 3, 4 dan seterusnya juga ada yang menjualnya, kalian cukup beli terlebih dahulu kolong berapa yang patah. Lalu tinggal lepaskan ring dari 1 sampai dengan yang patah, buka tutup bagian bawahnya dan keluarkan satu-persatu dan ganti yang patah dengan yang baru dan pasang ulang ringnya, begitu selanjutnya dan joran siap kalian gunakan lagi.

Ini juga sebabnya, kebanyakan pemancing memilih joran antena ketimbang yang sambung 2 atau 3. Selain mudah menyambungnya bila patah, juga di nilai tidak ribet saat membawanya.

Cara Supaya Joran Pancing Tidak Mudah Patah

Sebagai saran dari saya, supaya joran pancing kalian tidak mudah patah saat di gunakan itu kembali kepada kalian. Seperti joran, ini sebenarnya tidak mudah patah kecuali benar-benar ikan yang kalian tarik besar atau batang kayu yang tersangkut pancing kalian.

Ujung pancing yang ngentul dan lentur akan terus bermain saat ikan membawa kemanapun mata kail kalian, dengan bantuan dibukanya kunci reel maka sulit dipastikan bila joran bisa patah. Hal lain yang harus kalian ketahui juga adalah, pada bagian joran pancing terdapat ukuran bobot ikan dengan LBS semakin besar ukuran LBS maka semakin besar juga daya tahan joran pada kekuatan bobot ikan dan sulit untuk patah.

Joran-joran yang mudah patah itu kembali pada ukuran LBS dan material yang di gunakan untuk membuat joran itu sendiri. Bila joran dengan bahan biasa, ya tetap saja akan lebih mudah patah. Sebagai saran, jika membeli joran usahakan yang harga terjangkau tapi awet dan tidak mudah patah.