--> Skip to main content

Supaya Senar Pancing Yang Kaku Jadi Lembut dan Lentur

Buat senar pancing yang kaku menjadi lembut dan lentur serta bisa molor sebenarnya bisa saja, tapi pasti akan resikonya bila memaksakan senar yang tadinya kaku menjadi lembut. Karena biasanya, tekstur senar pancing yang model ini dan itu memang sudah bawaan dari pabriknya sebelum di jual dan kalian malah ingin supaya senar tersebut menjadi lentur dan lembut.
Cara buat supaya senar pancing yang kaku menjadi lembut, lentur dan mudah molor serta tengelam di air walaupun deras

Seharusnya tidak seperti itu, bila kalian ingin senar yang lembut maka carilah yang seperti itu, karena memang di toko pancing sudah menjualnya. Jadi kalian tidak perlu repot lagi untuk membuatnya jadi lembut.

Senar pancing yang kaku, sebenarnya juga ada kelebihanya dibandingkan yang lembut, terbukti dengan banyaknya senar pancing ternama yang juga memiliki tekstur kaku, contohnya Senar pancing Sinori Tournament dari Yaku*a tekstur senar ini juga kaku, tapi tetap banyak peminatnya.

Jadi, bila kalian benar ingin membuatya jadi lembut maka tidak ada pilihan lain lagi, akan tetap saya bagikan disini. Untuk membuat senar kaku menjadi lembut tanpa menghilangkan kekuatanya, harus kalian rendam dengan air panas.
Cara merendamnya seperti ini: Pertama masaklah air panas sampai mendidih, setelah itu siapkan ember atau wadah lain, kemudian masukan senar pancing dan siram dengan air panas. Setelah itu diamkan, tunggulah air sampai dingin dengan sendirinya.
Dengan merendam senar yang tadinya kaku dengan air panas, bisa membuat tekstur senar menjadi lembut tanpa menghilangkan kekuatan aslinya senar.

Walaupun bisa lembut dan tetap kuat, masih tetap ada saja yang akan kurang dari senar tersebut. Biasanya senar pancing yang di rebus atau juga di rendam air panas ini akan lebih mudah untuk menjadi rapuh. Kalau ada tutorial yang menyatakan senar di rebus dengan teh, kopi, torabika dan sebagainya bisa menjadi kuat itu salah besar.

Kuncinya disini, saat kalian merebus ataupun merendam senar dengan air panas, itu pasti senar yang baru saja kalian beli. Nah hampir rata-rata senar yang baru dibeli itu memiliki kekuatan yang masih oke sehingga akan benar-benar masih kuat. Begitu senar yang telah kalian telah terkena air panas, ia akan menjadi lembut dan kekuatan masih seperti biasa dan tidak butuh waktu lama paling bertahan 4 - 6 bulan pakai maka senar akan menjadi lebih mudah putus atau rapuh (getas)

Berbeda dengan senar yang masih asli (original) bawaan pabriknya, dari segi kekuatan dan lainnya akan masih tetap kuat sehingga bisa lebih lama dan awet kalian gunakan. Kalian bisa perhatikan, senar biasa bila terus di pakai ia tetap akan menjadi rapuh, ini penyebabnya adalah panas, baik panas dari sinar matahari maupun panas pada saat kalian mengulung senar yang langsung beradu dengan ring utama joran pancing.

Apa lagi kalian rendam air panas atau rebus, memang bila senar yang kaku tetap bisa jadi lembut dan lentur bahkan sampai bisa molor / kendor. Sayangnya, rapuhnya senar setelahnya kaliam tidak akan menyadarinya, sehingga akan lebih mudah putus terkena sentakan dari ikan.

Sebagai Saran : bila kalian memang menginginkan senar yang lembut maka belilah senar yang bertekstur demikian, sebutlah Senar Pancing Exori Hi Speed senar ini lembut dan mudah molor, ini hanyalah sebagai contoh saja. Kalian bisa menanyakan langsung pada penjual di toko pancing kalian senar yang lembut, lentur dan mudah molor.

Penjualnya pasti tau, dan menawarkan pada kalian. Tidak perlu kalian repot-repot merebus ataupun merendam senar yang kaku supaya bisa menjadi kuat karena pasti akan ada kekuranganya membuat senar yang kaku menjadi kuat.