--> Skip to main content

Umpan Bubu Payung Paling Ampuh

Umpan bubu payung biasanya ada banyak sekali, kebanyakan orang yang memasang perangkap ikan ini akan mengunakan bermacam umpan, yang penting isi dari bubu bisa dipenuhi oleh ikan. Ikan yang biasanya masuk ke dalam bubu payung ini tidaklah besar, kebanyakan sekitaran 1-3 jarian saja tapi kalau bisa penuh isinya wah lumayan juga.
umpan yang biasanya di pasang pada bubu payung paling jitu di gunakan dan dapat banyak hasilnya

Bubu payung sendiri sebenarnya hampir sama saja dengan bubu lainya yang terbuat dari bambu atau rotan, intinya dibuat sebagai perangkap, bila ikan masuk maka tidak akan bisa keluar lagi. Selain itu, bubu payung bisa dikatakan evolusi dari bubu biasanya, kalau yang dulu terbuat dari bambu atau rotan bila di bawa pasti akan sulit dan memakan tempat, dengan bubu payung semua bisa jadi simpel dan mudah karena cukup dengan menariknya maka bubu siap di pasang.

Karena kemudahan inilah di jaman sekarang, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengunakan bubu payung ketimbang membuat yang rumit seperti dulu. Selain simpel juga dari segi harga terbilang murah, cukup 25 ribu saja sudah dapat yang lobang 8 dan 35 ribu untuk lobang 10, harga ini pasti terjangkau untuk kita pemancing alam liar.

Sambil mancing, pasang bubu payung dengan begitu hasil yang di dapat akan lebih banyak lagi. Selain dapat ikan hasil pancingan juga dapat dari perangkap bubu payung. Jadi gimana apa kalian juga ingin mencobanya? Bila iya yuk kita siapkan umpanya dulu.

Sebelum memasang bubu payung, kalian bisa memilih umpanya terlebih dahulu, kalian bisa memilih diantaranya:

Nasi Basi ini juga bisa kalian gunakan untuk isi dari bubu payung, caranya cukup campurkan terasi pada nasi dan di aduk mengunakan tangan. Kalau di kira nasi sudah terkepal-kepal, bisa kalian masukan ke dalam bubu dan pasang deh.

Buah Sawit juga bisa kalian gunakan, untuk hasil yang maksimal lebih baik kalau buah sawitnya di bakar terlebih dahulu supaya minyaknya keluar dan ikan akan mencarinya. Selain di bakar, bisa juga buah sawit di rebus tapi sebelum di masukan tumbuk sekilas terlebih dahulu.

Pelet Ikan yang biasanya di tabur pada kolam ini juga bisa kalian pakai, tapi sebelum di masukan ke dalam bubu terlebih dahulu pelet di aduk dengan air panas sampai hancur dan masukan ke dalam plastik, setelah itu plastik di kasih bolongan mengunakan sendok garpu, kasih saja lubangnya yang banyak lalu masukan ke dalam bubu dan siap kalian pasang.

Usus ayam yang bisa kalian beli atau minta langsung di tempat penjual ayam potong juga bisa kalian gunakan, bila kalian mengunakan umpan ini terkadang ada saja ikan besar yang mau masuk bubu payung kalian. Tapi rawan biawak juga mau masuk ke dalamnya dan pasti bubu payung kalian rusak.

Selain umpan yang saya sebutkan diatas, kalian bisa berexsperiment untuk memasukan umpan lain ke bubu payung kalian supaya lebih jos gandos lagi.

Tapi harus kalian perhatikan bila memasang bubu payung ini, usahakan tempat kalian masang jarang di kunjungi orang dan talinya harus di sembunyikan, cek berkala antara 5-6 jam sekali, karena bila bubu payung yang kalian pasang di ketahui orang bisa jadi akan di ambilnya.