Skip to main content

Umpan Ikan Lampam (TENGADAK) Paling Manjur

Umpan mancing ikan lampam atau tengadak sungai sebenarnya susah-susah gampang, pemancing kadang pakai roti gabin untuk umpan lampam babon, seperti yang kita ketahui ikan ini ukuranya lumayan besar bila makan umpan pancing. Kira-kira diatas 3 jarian sampai 5 jari bahkan ada yang lebih, untuk bobot ikan lampam sendiri bisa mencapai 5 kiloan.

Umpan mancing ikan lampam atau tengadak sungai sebenarnya susah-susah gampang, pemancing kadang pakai roti gabin untuk umpan lampam babon, seperti yang kita ketahui ikan ini ukuranya lumayan besar bila makan umpan pancing. Kira-kira diatas 3 jarian sampai 5 jari bahkan ada yang lebih, untuk bobot ikan lampam sendiri bisa mencapai 5 kilo

Kalau sempat makan pancing, gak kebayang tarikan lampam 5 kilo ini, begitulah kiranya keasikan mancing ikan lampam sungai. Bila sedang strike ukuran kecilnya 3 jarian, jadi tak heran mengapa banyak pemancing yang suka memancingnya.

Tapi ya itu, kalau tidak pas umpannya susah untuk mendapatkannya. Jadi kalian harus benar-benar mencoba dan membawa umpan yang pas untuk di gunakan, dan jangan lupa juga untuk mengetahui umpan racikan ikan lampam ini supaya bila kalian mengunakan umpan alami tidak ada sambaran maka bisa beralih ke racikan, untuk jenis umpan alami untuk ikan lampam yang bisa kalian pakai adalah:

  1. Udang mati, kupas kulitnya.
  2. Cacing sampah
  3. Jangkrik di bakar.
  4. Kelabang.
  5. Cicak bakar.
  6. Dan daging ayam.

Terkadang pakai umpan usus juga ikan lampam mau makan, tapi untuk yang berukuran besar saja, sedangkan umpan yang saya sebutkan diatas hampir semua jenis lampam besar dan kecil mau memakanya.

Bila di rasa umpan alaminya kurang pas, kalian bisa mencoba racikanya. Tapi ya buatnya agak susah kalau pertama kali belajar.

Untuk membuat paduan umpan, biasanya kebanyakan pemancing mengunakan umpan campuran gandum dan bahan lainya. Ada yang simpel dan juga yang agak susah, kalian bisa menyesuaikanya.

A# Umpan Roti
Yang pertama kalian bisa mengunakan roti gabin 5 ribuan, untuk cara membuatnya mudah, kalian cukup menyampurkan sedikit air panas ke roti gabin lalu masukan ke plastik dan di penyet-penyet seperti pelet tapi airnya jangan terlalu banyak nanti adonan tidak bisa pulen. Bila memungkinkan campurkan sedikit keju.

B# Cakoi Goreng
Ini sangat umum di gunakan, caranya beli tepung gandum, fernipan dan jasjus rasa srikaya. Pertama-tama cairkan fernipan dengan air 4 sendok makan saja, setelah cair campurkan jasjus dan aduk lagi sampai cair. Lalu masukan tepung gandum 3 sendok dan buat adonan cakoi. Buatlah seperti adonan donat memanjang kira-kira sebesar roko mil, diamkan sekitar 10 menitan dan goreng dengan minyak panas.

C# Roti Tawar
Siapkan roti tawar 6 ribuan, kunyit, bawang putih dan tempe. Giling kesemua bahan, ingat roti tawarnya paling terakhir di masukan. Bila roti sulit hancur, campurkan air pakai sendok makan sedikit-sedikit sambil di giling. Pas adonan ini pulen silahkan kalian pakai.

D# Pelet
Kalian juga bisa meracik umpan ikan lampam mengunakan pelet, caranya cukup rendam pelet dengan air panas lalu hancurkan mengunakan sendok atau alat lainya. Setelah hancur, campurkan dengan nasi hangat dan masukan ke dalam plastik sambil di kepal-kepal supaya nasi bercampur dengan pelet, ini juga cara supaya umpan pelet awet dan tahan lama di dalam air.

Umpan ikan lampam di atas adalah yang paling umum di gunakan para pemancing, tapi untuk ringkasnya kalian bisa mengunakan umpan alaminya dulu. Setelah itu baru racikan, bila umpan yang di racik lebih ganas di makan ikan mala kalian bisa mengunakan itu untuk seterusnya.

Ada hal yang harus kalian ketahui bila mengunakan umpan racikan yang saya sebutkan tadi, kalian harus rajin-rajin mengecek umpan pancing kalian karena umpan racikan diatas hampir rata-rata bisa bertahan di dalam air hanya 15 menitan saja, jika kalian terlalu lama mengeceknya maka umpan habis saja. Silahkan di coba umpan ikan lampamnya!