Umpan Tabur Pengumpul Ikan Mas

Umpan pengumpul ikan mas kolam yang di tabur biasanya sangat sering di gunakan oleh para pemancing, tujuan dari menabur umpan ini supaya ikan mas berkumpul di lokasi tersebut dan memakan umpan asli yang ada mata kailnya. Tapi, untuk pengunaan umpan asli dan yang untuk di tabur biasanya akan berbeda dengan yang aslinya, dan ini juga ada tujuan pastinya.

Umpan pengumpul ikan mas kolam yang di tabur biasanya sangat sering di gunakan oleh para pemancing, tujuan dari menabur umpan ini supaya ikan mas berkumpul di lokasi tersebut dan memakan umpan asli yang ada mata kailnya. Tapi, untuk pengunaan umpan asli dan yang untuk di tabur biasanya akan berbeda dengan yang aslinya, dan ini juga ada tujuan pastinya.

Tapi ada juga pemancing yang natural saja, hanya cukup mengunakan umpan biasa saja, pemancing ikan mas yang seperti ini bisa dikatakan kurang optimal memancingnya. Karena ibarat kata, semakin baik pengalaman dalam memancing ikan mas kolam maka akan bagus juga hasil pancinganya.

Inilah fungsinya, mengapa ada beberapa pemancing kolam yang kerap kali mengunakan umpan tabur pengumpul ikan ini, yang jelas ia memilih untuk mendapatkan ikan sesuai dengan harapanya. Jadi, apa saja usaha akan ia lakukan yang penting strike ikan, dari pada boncos.

Nah untuk kalian yang ingin mencoba mengunakan umpan tabur ini, sebaiknya di pikirkan dengan matang, karena bila tidak hasilnya akan sia-sia saja. Kalian juga harus mengetahui betul kapan saat yang tepat untuk mengunakan umpan tabur ini, jangan asal di sebarkan saja karena tertaburnya umpan yang tidak di makan ikan itu akan jatuh ke dasar kolam dan hancur, ikan tetap tidak akan berkumpul dan apa yang kalian buat jadi terbuang saja.

Berikut akan saya bagikan umpan tabur yang lengkap dengan bahan dan jenis ikanya.

Bahan Umpan Tabur Pengumpul Ikan Mas

Untuk jenis ikan mas, kalian bisa menyimpulkan 1 dari 2 pilihan yang biasanya di gunakan untuk umpan aslinya ikan mas yaitu: Amis dan Wangi. Ikan mas kolam ataupun sungai hanya memakan 2 jenis umpan itu saja, kalau tidak amis ya wangi.

Untuk umpan pengumpulnya, kalian bisa menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut:

  1. Pelet 88.
  2. Keroto / Telur Semut Rangrang (Angkrang).
  3. Sedikit Vanilli(bila ingin wangi.
  4. Royco ayam (bila ingin amis).

Untuk pembuatanya, terbilang simpel Pelet 88 terlebih dahulu di hancurkan mengunakan air panas dan campurkan Rocyo ayam atau Vanilli terlebih dahulu ke plastik, setelah pelet tadi di campurkan dengan vanilli atau royco terlebih dahulu jemur supaya lebih kering.

Setelah pelet tadi agak kering, remas-remas mengunakan tangan supaya pelet hancur kecil-kecil, ingat menjemur pelet ini jangan sampai sangat kering karena nanti waktu di gunakan akan sulit untuk tengelam. Sebagai saran saya, buatlah umpan tabur ini ke dua-duanya yang di campur royco dan vanilli, kadang kita tidak tau kondisi air apakah cocok dengan yang amis atau wangi, kalau siap ke 2 nya pasti salah 1 nya ada yang pas.

Nah pas kalian mau berangkat ke kolam pemancingan ikan mas dan umpan tabur siap, barulah kalian mencampurkan keroto. Jangan di remas campuran pelet dan keroto ini tapi cukup di kocok saja dalam plastik supaya aroma dari pelet bisa sedikit menempel ke keroto dan sebaliknya. Kalau di remas, nanti kerotonua hancur dan aroma umpan tabur tidak lagi khas.

Setelah siap, sekarang tinggal kalian mengoptimalkan pengunaan umpan taburnya saat memancing.

Waktu Yang Pas Untuk Mengunakan Umpan Tabur Pengunpul Ikan Mas

Untuk mengunakan umpan tabur ini, kalian tidak bisa sembarangan asal siram-siram saja. Tapi harus memperhatikan benar pas ikan lewat, karena biasanya ikan mas dalam kolam akan berjalan keliling kolam.

Nah saat seperti ini, kalian harus siap minimal saat ikan mas akan melintasi umpan sudah kalian tabur. Diperkirakan saja antara ikan mas yang akan melintas akan melihat umpan yang kalian tabur pas di depatnya, tapi ingat menaburkan umpan jangan sampai menakuti ikan mas.

Taburkan sedikit saja, dan usahakan pelet yang kalian buat berbentuk butiran kecil dan lembab supaya lebih cepat tengelam. Ini juga fungsinya saat kalian duduk sambil menunggu ikan mas makan umpan kalian, selalu perhatikan gerak gerik ikan di dalam air, karena bila kalian kosentrasi memperhatikan ikan yang lewat tetap akan kelihatan tapi kalau tidak fokus ya kadang susah untuk melihatnya terutama yang warna gelap tapi untuk yang warna orange ya mudahlah kelihatan.

Kuncinya cuma itu saja, pas menaburkan umpan harus memperhatikan ikan yang akan melintas, begitu pas langsung tabur umpan, menaburkanya harus tepat pada posisi umpan asli dari mata kail kalian, walaupun ikan tidak pas melintasi umpan asli tetap saja taburkan karena ikan tetap akan kelihatan kalau jaraknya hanya beberapa meter saja.

Tapi kalian jangan berfikir mengunakan umpan tabur ikan mas yang ada di kolam akan berdatangan memakanya, yang jaraknya jauh bisa saja tidak terlihat. Lebih lagi bila pas mancing ada banyak pemancing lainya, ikan mas akan lebih sensitif di buatnya, nah demikianlah cara membuat umpan tabur pengumpul ikan mas semogga bisa menambah pengalamab kita semua.

Posting Komentar untuk "Umpan Tabur Pengumpul Ikan Mas"