Skip to main content

Mengapa Senar Pancing Mudah Putus

Mengapa senar pancing mudah putus? Nah ini, kebanyakan angler yang mancing jadi tanda tanya sendiri, padahal memang ada beberapa penyebab yang mestinya di ketahui oleh kalian, jangan mudah beranggapan bahwa senar yang sedang kalian gunakan itu kuat dan tidak mudah putus, pas di gunakan malah lebih mudah sekali putus. Terlebih kalau pas strike ikan babon berukuran besar, yang jadi tambahnya di kondisi air deras dan ikannya babon, sudah pasti akan lebih cepat putus lagi.

Jadi, kalau kalian sering mengalami putus senar dengan cepat baik sedang strike babon ataupun sedang mengulung senar, kalian juga mesti mengetahui penyebabnya. Karena salah-salah tempat yang kalian pancing memang cepat memutuskan senar yang di gunakan siapa saja, karena memang ada saja beberapa lokasi yang bagian dalam sungai begitu kuat dan bisa mutuskan senar dengan cepatnya maka dari itulah ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Untuk yang pertama penyebab senar putus adalah ikan yang kalian pancing, bukan karena ukuranya yang besar. Eh tapi ikan yang babon memang penyebab juga memutuskan senar karena berat di tarikan, tapi ada beberapa jenis ikan yang memiliki gigi yang tajam sehingga membuat senar yang kalian gunakan saat strike itu terputus, terkecuali mata kail yang kalian gunakan itu menancap tepat di bagian bibir ikan, yang begini tidak akan putus karena giginya tidak akan mengigit senar kalian.

Nah ikan yang memiliki gigi tajam ini perlu juga kalian pikiran untuk mengunakan ukuran mata kail yang pas supaya kenanya tepat di bagian bibirnya, atau kalian mesti menyambung seling langsung antara senar dan mata kail supaya tidak tergigit ikan yang kalian pancing. Selain karena ikanya yang kalian pancing, masih ada lagi penyebab lainya tapi mungkin bisa kalian perkirakan sendiri.

Untuk yang selanjutnya mesti kalian pikirkan adalah lokasinya, sebut saja arus bebatuan dan ini juga besar harapan senar kalian terputus karena gesekan senar kalian. Terutama saat strike ikan, waktu kalian tarik dan gesekan terjadi pasti putus atau kebetulan tidak putus sama sekali tapi cepat atau lambatnya pasti putus juga.

Selain gesekan antara batu dan senar, masih ada juga bongkahan di sungai yang biasa di sebut dengan Napal atau bahan pasir yang mengeras di sungai. Napal ini lebih cepat untuk memutuskan senar karena gesekan, ini perlu kalian perhatikan saat memancing ikan apa lagi kalau mengunakan tekhnik dasaran atau mengunakan timah pemberat, apa lagi waktu strike ikan pasti sangat rawan senar kalian putus.

Namun hal yang perlu kalian perhatikan waktu memancing di lokasi yang sering memutuskan senar adalah tekhniknya, selain itu kalian juga sebaiknya mengunakan batas pengunaan senar maksudnya begini, pas kalian mengunakan senar sekitar 3 bulan dan langsung mengantikan dan ukuran senar yang kalian gunakan juga pas ukuranya pada lokasi spot kalian memancing, kalau sudah pas pasti senar yang kalian gunakan sedikit awet dan jarang putus saat di gunakan.