Skip to main content

Tidak Dapat Mancing Ikan Hampala (adungan)

Ikan Hampala, adungan (kebarau) tidak mau makan umpan pancing yang kalian gunakan ya? Ini menjadi sebuah pertanyaan bagi para pemancing yang tidak pernah dapat ikan hampala saat mancingnya, terkadang ada yang sampai malas untuk mancing ikan ini lagi, padahal ada banyak sekali sebabnya saat memancing tidak ikan hampala ini tidak mau memakan umpan dan itu harus di ketahui supaya bisa di sadari sebabnya.

Ikan Hampala, adungan (kebarau) tidak mau makan umpan pancing yang kalian gunakan ya? Ini menjadi sebuah pertanyaan bagi para pemancing yang tidak pernah dapat ikan hampala saat mancingnya, terkadang ada yang sampai malas untuk mancing ikan ini lagi, padahal ada banyak sekali sebabnya saat memancing tidak ikan hampala ini tidak mau memakan umpan dan itu harus di ketahui supaya bisa di sadari sebabnya

Jadi buat kalian yang mencoba untuk memancing ikan hampala ini, kalian mestikan mengerti tentang keadaan air dan juga tingkat sensitif ikan hampalanya, terkadang memang ada lokasi ikan ini tidak sensitif ke alat pancing yang di gunakan pas melempar umpan langsung di sambar. Tapi ada juga di sebaikan lokasi ikan hampalanya malah sensitif bila di pancing, saat di kesting ikanya malah tidak mau menyambar umpan.

Nah, kalian mesti tau kalau kondisi ikan seperti ini sudah pasti ikan hampala yang ada di lokasi kalian pancing itu sudah terlalu sensitif pada pemancingnya. Bisa jadi juga jenis ikan hampala ini sudah sering kena strike pancing dan terlepas lagi atau memang jenis ikan ini sudah berkurang, inilah sebabnya pas kalian mencoba casting di lokasi tersebut jadi lebih susah untuk mendapatkanya.

Berbeda lagi kalau kalian masih mengetahui ikan di lokasi tersebut masih banyak, tapi memang tidak mau lagi memakan umpan yang kalian gunakan. Kalau seperti ini, kalian mesti merubah tata cara untuk memancingnya yaitu:

Jangan mengunakan casting saat memancing ikan hampala di lokasi tersebut, cobalah cara lainya.

Kalian bisa mencoba sistem mancing ikan hampalanya dengan tekhnik tajur, hampir sama seperti ikan Semah (masheer) dimana kalian mesti mengunakan pancing lebih dari 1 saat memancing di lokasi tersebut dan mengunakan teknik umpan mengambang tapi mengunakan timah pemberat, dan umpan mestinya melayang di lokasi kalian memancing.

Dengan cara umpan yang melayang lebih lama, bila di lokasi tersebut masih ada ikan hampalanya sudah pasti di sambar tapi ya memang agak lama saat menunggunya nyambar. Mengunakan tekhnik ini memang karena ikan hampala di lokasi kalian mancing itu sudah sensitif di pancing karena mungkin sudah terlalu sering di pancing.

Selain itu, terkadang memang di lokasi kalian pancing ikan hampala sudah punah atau tidak ada lagi sama sekali, kondisi seperti ini kalian harus pindah lokasi karena mungkin ada beberapa penyebab membuat ikan hampala tidak lagi nyaman di lokasi tersebut. Jadi, kalian harus pindah tempat memancingnya dan jangan lupa perhatikan lokasi dan keadaan airnya tempat yang baru kalian pancing.

Selain beberapa penyebab diatas, kalian juga harus melihat keadaan sungainya. Terkadang penyebabnya adalah keadaan airnya berubah jadi ikan hampala berpindah tempat habitatnya, nah kalian mesti mencari lokasi yang tepat tempat ikan hampala berada.

Bila kalian fokus seperti beberapa penyebab diatas, pasti kalian akan strike ikan hampala di lokasi yang kalian pancing.