Umpan Ikan Tapah Yang Sulit Di Pancing

Umpan ikan tapah yang sulit di pancing. Kalau kalian mancing dengan target ikan tapah, ya memang susah untuk mendapatkanya, tapi tetap saja bisa yang penting cara untuk mancingnya tepat dan pas dengan umpan yang pas untuk ikan tapah. Seperti yang kita ketahui, ikan tapah ini susah-susah gampang di pancing tapi kalau sekali kena jangan main-main untuk ukuranya, bahkan ada 1 ikan tapah yang mencapai bobot lebih dari 100 KG sebagai contohnya ikan tapah babon seperti ini.

Umpan ikan tapah yang sulit di pancing. Kalau kalian mancing dengan target ikan tapah, ya memang susah untuk mendapatkanya, tapi tetap saja bisa yang penting cara untuk mancingnya tepat dan pas dengan umpan yang pas untuk ikan tapah. Seperti yang kita ketahui, ikan tapah ini susah-susah gampang di pancing tapi kalau sekali kena jangan main-main untuk ukuranya, bahkan ada 1 ikan tapah yang mencapai bobot lebih dari 100 KG sebagai contohnya ikan tapah babon seperti ini.

Bukan hanya itu saja, bahkan masih ada banyak sekali ikan tapah yang besar di sungai karena pada waktu akan bertelur ikan tapah akan pergi ke bagian atas sungai dan dalam. Setelah bertelur dan menetas anak-anak ikan tapah nantinya akan keluar lagi ke bagian sungai yang dalam dan banyak airnya. Inilah sebabnya pada musim hujan, kebanyakan ikan tapah berada di lokasi sungai yang kecil tapi dalam, bila sudah masuk musim kemarau ikan tapah akan pergi ke bagian sungai besar yang masih banyak airnya dan juga kedalamnya yang disukai ikan tapah dan inilah kalian perlu mengetahui umpan-umpan yang cocok kalian gunakan bila ingin mancing ikan tapah ini.

Untuk memancing target ikan tapah yang pertama harus kalian pikirkan kondisi musim dan sungainya. Kalau sudah di pikirkan musim, saatnya kalian memancing ikan tapah yang besar atau masih anakan. Umpan antara anakan ikan tapah dan babon besar itu berbeda ya makanya kalian mesti pas menentukan umpan yang juga pas, berikut umpan yang bisa kalian gunakan.

Umpan Ikan Tapah Anakan Kecil dan Sedang

Kalau ikan tapah yang anakan ini kalian bisa memprediksinya melalui tempat (spot) yang akan kalian pancing, minimal ukuran anakan itu di bawah 3 jarian jadi hampir mirip dengan ikan lais tapi tetap akan berbedaanya kalau di perhatikan. Selain itu, kalau anakan ikan tapah masih terbilang gerombolan tapi berpindah-pindah lokasi, kalau terlalu kecil sulit untuk di pancing dan ini perlu kalian perhatikan juga.

Untuk umpan yang akan kalian gunakan memancing ikan tapah anakan ini tidaklah sulit karena sifatnya sama dengan ikan lain. Umpan yang bisa cepat kalian gunakan adalah Jangkrik dan Cacing saja. Tapi bila kalian mengunakan Cacing kemungkinan akan lambat anakan ikan tapah makanya, selain itu bukan hanya anakan tapah yang memakanya, hampir semua ikan akan memakan umpan ini jadi sebaiknya gunakan saja umpan Jangkrik karena tepat untuk umpanya, kalau tidak anakan ikan tapah ya pastinya ikan lais yang memakan umpan pancing kalian.

Selain mengenal umpanya, kalian juga mesti mengunakan pancing mengambang tidak tengelam dasaran. Kalau kalian memancing dasaran pastinya tidak akan dimakan anakan ikan tapah kalaupun di makan tidak begitu banyak karena anakan ikan tapah bermainya di tengah-tengah kedalam air atau mengambah, mengunakan pelampung mancing di rekomendasikan ya lur!

Umpan Ikan Tapah Besar (babon)

Kalau kalian mancing ikan tapah besar atau babon, jelas ini sedikit sulit karena ikan tapah yang berukuran besar pastinya lebih sensitif, kecuali bila ukuran besarnya tidak begitu besar misalnya di makan bobot 3 KG kalian masih bisa menarik dengan pancing saat kalian memancing yang perlu di perhatikan adalah umpanya.

Untuk umpan ikan tapah yang besar itu minimal anakan ikan, kalian bisa mengunakan anakan ikan sepat atau yang lainya minimal anakan ikan yang kalian gunakan sebagai umpan itu tanpa patil dan yang lebih cocok lagi adalah anakan ikan yang bersisik. Selain itu kalian juga masih mengunakan tekhnik mancing mengambang atau mengunakan tekhnik pancing atas supaya umpan lebih terlihat oleh ikan tapah besar.

Perlu kalian ketahui, kalau memancing langsung ikan tapah babon yang berukuran di atas 5 KG itu sulit, karena sensitif ikan tapah dengan manusia sebaiknya gunakan tekhnik tajur sama bila memaksakan dengan pancing minimal kalian jangan berada di pinggir sungai seperti biasanya, menjauhlah sedikit dan meninggalkan alat pancing kalian atau cukup perhatikan dari kejauhan saja begitu terlihat di makan ikan barulah kalian maksimalkan mancing kalian.

Jadi, inilah sebabnya mengapa ikan tapah jarang di dapat kalau pas mancing tapi lebih banyak yang dapat bila di tajur dan lokasinya jauh dari manusia, karena sensitif ikan tadilah yang menyebabkanya. Untuk kalian yang akan memancing ikan tapah, silahkan di coba tekhnik mancing tapaj diatas tadi.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Tapah Yang Sulit Di Pancing"