Mitos dan Larangan Mancing Di Hari Sabtu Dalam Islam

Mitos dan Larangan Mancing Ikan Hari Sabtu Dalam Islam - Pergi mancing dihari ini terkadang bisa buat kita panen ikan, tapi ada kalanya juga sama seperti hari biasanya saat kita mancing ikan. Kalau dirasa ada perubahan yang tidak biasa seperti dapat ikan banyak di hari Sabtu, setidaknya kita boleh ada pemikiran kok dihari ini kita bisa mendapat ikan yang banyak seperti ini, karena poinya bisa dikatakan mitos juga bisa kita ambil dari Al Quran karena memang sudah tertulis, jadi sebagai pemancing setidaknya kita bisa menentukan mitosnya dan juga mengambil baiknya yang sesuai dengan Agama Islam.

Mitos dan Larangan Mancing Ikan Hari Sabtu Dalam Islam - Pergi mancing dihari ini terkadang bisa buat kita panen ikan, tapi ada kalanya juga sama seperti hari biasanya saat kita mancing ikan. Kalau dirasa ada perubahan yang tidak biasa seperti dapat ikan banyak di hari Sabtu, setidaknya kita boleh ada pemikiran kok dihari ini kita bisa mendapat ikan yang banyak seperti ini

Dalam pemikiran seperti ini sebenarnya akan lebih baik kita ketahui, karena pastinya akan lebih baik juga untuk diri kita sendiri. Bila kita harus percaya dengan hal yang mitos tentu tidak akan bagus dengan Agama yang kita Yakini, sebaliknya bila kita tidak mempercayai yang tertulis dalam Al Quran pastinya lebih celaka lagi kita nantinya.

Jadi, antara mitos mancing dan larananya di hari sabtu sebaiknya kita ketahui walaupun hanya sebatas tau saja. Tapi jangan lupa untuk hal yang berbau mitosnya juga mesti kita ketahui supaya kita tidak mumet mikirkanya lagi.

Kalau kita sudah mengetahui tentang kesemuanya pastinya jadi lega untuk kita pahami. Jadi, terkadang ada yang membuat perhitungan baik mengunakan tanggalan kalender atau hitungan hari, lalu menentukan kalau hari baik mancing itu pada hari Sabtu padahal bila kita ikuti di hari tersebut terdapat larangan untuk mencari ikan.

Larangan Hari Sabtu Untuk Mancing Ikan

Untuk larangan dihari ini, sesuai dengan Ayat dalam Al Quran berikut:

وَسْـَٔلْهُمْ عَنِ ٱلْقَرْيَةِ ٱلَّتِى كَانَتْ حَاضِرَةَ ٱلْبَحْرِ إِذْ يَعْدُونَ فِى ٱلسَّبْتِ إِذْ تَأْتِيهِمْ حِيتَانُهُمْ يَوْمَ سَبْتِهِمْ شُرَّعًا وَيَوْمَ لَا يَسْبِتُونَ ۙ لَا تَأْتِيهِمْ ۚ كَذَٰلِكَ نَبْلُوهُم بِمَا كَانُوا۟ يَفْسُقُونَ

''Dan, tanyakanlah kepada Bani Israil tentang negeri yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu, di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik.
[QS Al-A'raaf : 163]

Jadi yang tertulis sudah bisa kita ketahui bahwa pada zaman itu diperbolehkan mencari ikan di lain hari Sabtu, karena masih di langgar akhirnya mereka jadi Kera karena berlaku fasik.

Jika diatas kita ambil laranganya dalam Islam, sekarang kita ambil yang mitosnya.

Mitos Mancing Di Hari Sabtu

Karena saking percayanya dengan hari ini, maka banyak sekali yang percaya bahwa hari Sabtu banyak ikan yang bisa kena pancing. Padahal bila kita ambil dengan hari-hari biasa tetap saja sama karena pas kebetulan kita dapatkan ikan di hari itu pastinya bergantung pada cuaca.

Cuaca ikan ganas makan umpan itu biasanya memang sedang pas pada kondisinya seperti hari sedang terik panas, air sedang bagus dan kekurangan pakan ikan pada hari tertentu. Jadi, inilah sebabnya mengapa ikan sering ganas makan umpan di hari-hari tertentu yang bukan hanya Sabtu, jadi kalau ada yang buka omongan hari Hoki mancing itu Sabtu sudah jelas itu mitos!

Sama halnya dengan penyebutan di hari lainnya seperti Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis atau Jum'at banyak ikan makan maka sama saja kalau itu mitos. Karena ikan lagi memang ada waktu tertentu untuk ganas-ganasnya makan dan sedang banyak-banyaknya di lokasi tertentu.

Karena ikan ada saatnya untuk berpindah-pindah lokasi, dari tempat 1 ke yang lainnya begitupun saat ikan makan ada waktunya. Jadi bukan karena perhitungan yang tepat tapi memang keadaan ikan seperti itu, kapan saatnya berpindah dan kapan saatnya makan. Kalau karena perhitungan hari sudah jelas itu tidak termasuk pada ilmu hitungan tapi memang keadaanya seperti itu.

Kesimpulan
Jadi untuk kesimpulanya seperti ini, kalau mau di anggap mitos ya boleh saja sedangkan untuk larangan mencari ikan di hari sabtu dalam Islam sebaiknya coba kita lanjutkan untuk Dakwanya Buya Yahya dibawah ini.

Posting Komentar untuk "Mitos dan Larangan Mancing Di Hari Sabtu Dalam Islam"