Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Mancing Ikan Nila Liar

Umpan Mancing Ikan Nila Liar - Mancing ikan nila liar di Rawa, Danau atau Empang memang jauh berbeda dengan ikan nila peliharaan untuk umpan yang digunakan, ikan nila liar masih sangat menyukai umpan secara alami dengan begitu untuk memancingnya mengunakan umpan yang jitu itu pastinya umpan alami. Walaupun mengunakan umpan alami tetap saja masih ada pilihan untuk digunakan, ada umpan yang di makan ikan nila liar secara standart saja dan ada pula yang sangat ganas bila di gunakan untuk mancing.

Umpan Mancing Ikan Nila Liar - Mancing ikan nila liar di Rawa

Tapi sayangnya, ikan nila liar tidak sama seperti kebanyakan ikan yang hampir sama menyukai umpan secara alami, sebut saja cacing. Walaupun ikan nila liar sesekali juga mau memakan umpan cacing tapi tidak seperti kebanyakan ikan lainnya yang sangat agresif menyambar umpan.

Terutama ikan nila liar yang berukuran besar, bila di pancing mengunakan umpan alami sangat memilih dan tidak semua yang di gunakan mau dimakan. Tapi berbeda dengan anakan ikan nila liar yang masih terbilang sedang atau kecil, mengunakan umpan alami pastinya akan terus di makan terkadang mata kail yang digunakan tidak pas dengan mulut ikan nila kecil tapi tetap saja umpannya selalu di makan sehingga sering kali mengamalami habis umpan atau terus memasang umpan baru.

Untuk kalian yang memiliki spot tempat mancing ikan nila liar tidak ada salahnya mencoba beberapa umpan alami yang biasanya selalu di makan ikan-ikan nila, beberapa umpan alaminya seperti:

  • Lumut di air mengalir yang lembut.
  • Cacing lembut yang memiliki warna terang.
  • Udang kolam yang lembut.
  • Dan Kepalan Nasi, tapi ini bukan umpan alaminya hanya tambahan dari saya saja.

Umpan alami ikan nila diatas perlu diketahui dengan jelas, karena bila hanya digunakan saja biasanya tetap saja tidak seberapa untuk mendapatkanya. Jadi, walaupun umpan alami ikan nila ini mau di makan tetap mesti kalian gunakan yang tepat supaya dapat yang berukuran besar, tidak hanya mendapatkan yang mau makan umpan.

Umpan Lumut Untuk Mancing Ikan Nila Liar Yang Tepat

Mengunakan lumut untuk mancing pastinya sering di gunakan, tapi sayangnya terkadang tetap ada saja ikan-ikan nila yang masih memilih dan tidak mau asal memakan saja umpan lumut yang di gunakan.

Jadi, kalau mau mengunakan umpan lumut sebaiknya kalian mengunakan yang khusus untuk ikan nila nila. Pemilihan lumut yang khusus itu di lihat dari tekstur lumutnya dan tempat kalian mengambil umpanya, sebut saja kalian mengambil umpan lumutnya di air yang tergenang/tidak mengalir, ikan nila liar tetap mau makan tapi hanya beberapa saja.

Bila mengunakan lumut di air yang mengalir pastinya besar kecil ikan nila liar mau makan tapi tetap kalian harus memilih yang benar-benar lembut dan bersih. Selain itu, gunakan yang masih baru di ambil karena umpan lumut yang sudah mati ikan nila juga tidak mau memakannya, jadi gunakan yang masih baru di ambil saja.

Umpan Cacing Untuk Mancing Nila

Selain lumut, cacing sebenarnya juga umpan jitu untuk ikan nila liar, tapi tidak semua cacing bisa di gunakan terutama untuk cacing tanah yang di cangkul lalu di gunakan untuk mancing, kalau anakan nila sebenar 2 jarian terkadang masih makan umpan cacing apa saja tapi untuk yang sudah besar 3 atau 4 jarian ada yang mau dan ada juga yang tidak mau sama sekali.

Jadi, cacing untuk umpan ikan nila liar ini adalah yang lembut tapi berwarna terang. Biasanya cacing ini banyak di sampah-sampah atau debok pisang yang sudah mulai membusuk.

Nah dengan umpan cacing pilihan ini, biasanya begitu di gunakan ikan nila liar akan langsung berdatangan dan memakan umpan yang kalian gunakan. Tapi kalau sudah sekian banyak ikan nila liar yang memakan umpan cacing ini tetap saja lama-lama ikannya habis atau malah jadi tidak mau makan umpan cacing di kemudian hari, jadi kalau kalian mancingnya ikan liar yang pastinya selalu ada cobalah untuk mengunakan umpan cadangan lainnya.

Mancing Nila Liar Pakai Umpan Udang Kolam

Udang kolam pastinya lembut dan berwarna bening, umpan ini masih sangat jarang di gunakan untuk pemancing ikan nila liar. Entah karena tidak mau mencari udangnya atau memang susah di cari untuk digunakan umpan mancing.

Padahal, umpan udang untuk mancing ikan nila liar malah bisa di katakan lebih jitu dari lumut sekalipun dan pastinya yang mau makan umpan udang pastinya ikan berukuran besar lebih dulu memakan umpan ini. Untuk kalian yang akan mengunakan udang kolam ini usahan untuk mencarinya yang masih hidup, pas dipasang ke mata kail barulah di kupas kulitnya dan hanya mengunakan daging udang saja.

Pengunaan umpan udang juga tidak perlu banyak, kalian cukup mengaitkan sedikir saja di bagian ujung mata kail. Tidak perlu selang berapa lama biasanya langsung dimakan ikan nila liar, karena untuk ikan nila liar biasanya akan mencari makan udang yang sudah ada di lokasinya dengan kalian gunakan udang untuk umpan pastinya akan jadi pilihan yang tepat untuk langsung di sambarnya.

Nah beberapa umpan ikan nila liar diatas secara alami bisa kalian gunakan kapan saja, bila di rasa ada perubahan saat kalian mancing maka pastinya ikan nila liar sudah mulai bosan di pancing atau stress karena kena pancing tapi terlepas lagi atau memang terlalu sering di pancing ikan nilanya jadi berukurang atau habis sama sekali.

Kesimpulan
Sebagai tambahan umpan untuk ikan nila liar, kalian bisa mengunakan nasi yang dilumat dengan plastik, nasi juga bisa loh kalian gunakan untuk mancing ikan nila liar. Tapi, sebagai pemancing tidak mesti kita habiskan ikan nila liar yang ada di lokasi tempat kita memang. Karena sebatas hobi pastinya kita hanya mancing untuk menghilangkan jenuh saja bukan berarti harus sebanyak-banyaknya ikan nila liar kita bawa pulang.

Posting Komentar untuk "Umpan Mancing Ikan Nila Liar"