Umpan Ikan Nila Kolam Yang Tepat

Umpan Ikan Nila Kolam Yang Tepat - Untuk mancing ikan nila peliharan dan liar tentunya terkadang berbesa untuk umpanya, tapi terkadang tetap ada kesamaanya tapi kalau untuk ikan nila peliharaan kolam tentunya akan banyak perbedaanya. Bukan hanya di lihat dari umpan saja, masih banyak yang perlu diperhatikan bila kalian mancing di kolam pemancingan secara harian ada perjam supaya hasil mancing kalian imbang dengan biayanya.

Umpan Ikan Nila Kolam Yang Tepat - Untuk mancing ikan nila peliharan dan liar tentunya terkadang berbesa untuk umpanya, tapi terkadang tetap ada kesamaanya tapi kalau untuk ikan nila peliharaan kolam tentunya akan banyak perbedaanya. Bukan hanya di lihat dari umpan saja

Jadi, memang ada beberapa hal yang sebaiknya kalian ketahui dulu sebelum berangkat mancing ikan nila kolam mulai dari persiapan umpan sampai dengan peralatan yang akan di gunakan. Perlu kalian ketahui, peralatan yang tepat juga sangat penting di sesuaikan bila mancing ilan nila kolam selain umpan saja yang di gunakan.

Sebelum kalian mengetahui umpan yang tepat untuk ikan nila kolam ada baiknya di cek dulu peralatan yang akan kalian gunakan seperti:

  1. Joran pancing, usahakan yang sesuai ukuran panjangnya.
  2. Mata kail, gunakan yang Carbon halus dan tajam serta sesuai dengan nomer untuk mancing nila kolam.
  3. Ukuran diameter senar, kalian perlu mengunakan yang bias transfaran serta lentur dan halus karena ikan nila sifatnya sensitif terhadap senar pancing.
  4. Pelampung busa yang kecil, kalau bisa jangan gunakan timah pemberat saat mancing nila kolam cukup pakao busa untuk menyesuaikan kedalam umpan di air.

Bila beberapa peralatan diatas telah kalian sesuaikan, selanjutnya persiapkan beberapa umpan yang tepat untuk ikan nila kolam.

Umpan Ikan Nila Kolam Peliharaan

Ikan nila kolam yang dipelihara sebaiknya untuk kalian menyiapkan umpan utamanya, kalian bisa melihat pemiliknya memberikan umpan. Untuk yang umumnya adalah pelet tabur, umpan ini memang sengaja diberikan pemiliknya supaya ikan nila cepat bertumbuh besar.

Tapi sayangnya, untuk kalian yang mancing pastinya tidak bisa mengunakan umpan pelet tabur begitu saja, perlu di olah supaya bisa digunakan ke mata kail. Kalau masih berbentuk pelet tabur tentulah tidak bisa kalian gunakan.

Jadi, untuk mengunakan umpan ikan nila kolam kalian bisa menyiapkan beberapa umpan yang disiapkan dari rumah dan di bawa ke tempat mancing. Beberapa umpan nila kolam yang pas untuk di gunakan dan tidak akan meleset lagi adalah:

  • Adonan Pelet.
  • Umpan alami.
  • Dan Racikan essen.

Untuk mengetahui dengan jelas umpan ikan nila diatas sebagai berikut.

Umpan Ikan Nila Racikan Pelet

Untuk membuat racikanya terlebih dahulu kalian siapkan bahanya yaitu Pelet 88, Pelet Joss dan Umpan Pelet yang sering di gunakan oleh pemilik kolamnya.

Untuk meracik yang pertama Pelet 88 gunakan campuran Royko ayam, untuk membuatnya pertama beri air panas ke pelet lalu lumatkan mengunakan plastik, begitu sudah lumat barulah campurkan Royko Ayam dan lumat lagi sampai rata.

Untuk Pelet Joss bahan campuranya adalah soda kue, untuk membuatnya hampit sama saja dengan memberikan air panas ke pelet dan beri 1 sendok teh soda kue dan aduk, lumat-lumat sampai tercampur mengunakan plastik.

Untuk umpan pelet yang biasanya digunakan pemiliknya untuk pakan ikan nila kolam, cukup kalian gunakan secara natural tanpa bahan campuran yang penting lumat dulu mengunakan air panas supaya bisa dikaitkan ke mata kail. Nah beberapa umpan pelet diatas bisa kalian siapkan terlebih dahulu sebelum berangkat mancing, kalau di rasa kurang jitu kalian bisa menyiapkan umpan yang lainya.

Umpan Alami Ikan Nila

Bila diras umpan pelet yang digunakan saat mancing di kolam kurang tepat, maka tidak ada salahnya untuk kalian mengunakan umpan alami untuk ikan nila, kalau pas lagi hoki maka umpan ini bisa kalian gunakan secara terus-menerus, karena walaupun tadinya ikan nila kolam itu peliharan naluri ikan tetap saja ada dan memberikan respon yang kuat untuk makan alaminya.

Beberapa umpan alami ikan nila yang paling umum digunakan adalah:

  • Lumut halus di air yang mengalir.
  • Larva tawon di dalam tanah, bukan yang di pohon.
  • Cacing debok pisang.
  • Dan udang.

Perlu kalian ketahui bila mengunakan umpan alami seperti di atas, bila kalian mengunakan lumut yang di air mengalir pastinya akan lebih baik dari lumut yang ada di air tergenang.

Anakan (larva) tawon yang bisa digunakan itu yang dibawah tanah, sarang tawonnya itu di tanah bukan yang biasanya ada di pohon. Kalau mengunakan cacing jangan gunakan yang sembarangan tapi gunakan cacing yang biasanya ada di debok pisang yang mulai busuk, untuk yang terakhir adalah Udang kolam itu juga.

Dikolam ikan nila yang kalian pancing pastinya ada juga udangnya, nah kalian juga bisa mengunakan ini tapi pas di gunakan kulit udangnya mesti di kupas dulu supaya aromanya lebih kuat.

Nah diatas sudah pastinya siap untuk kalian gunakan, kalau masih belum cukup juga beberapa umpan diatas untuk kalian mancing ikan nila kolam kalian bisa coba campurkan essen untuk penguat aroma.

Essen Untuk Mancing Ikan Nila Kolam

Untuk persiapan terakhir kalian bisa membuat racikan dulu yang dicampur essen atau bisa langsung saja bawa essennya. Seperti yang kita ketahui, essen hanya untuk penguat aroma saja misal kalian mengunakan umpan pelet lalu berikan essen beberapa tetes supaya aromanya lebih kuat lagi.

Untuk essenya, kalian bisa gunakan Grunele, Acrawis 88, Gudong Ach 9. Ke 3 jenis essen ini paliang banyak di gunakan untuk penguat aroma apapun untuk umpan baik itu pelet dan apa saja yang penting bisa untuk meracikanya.

Kalau untuk mengunakan essen yang saya sebutkan tadi, sebenarnya itu bukan hanya untuk ikan nila kolam tapi untuk ikan lainnya seperti Mujahir, Patin, Lele dan lainnya masih tetap bisa yang penting umpannya dirancik dulu, tapi yang terpenting itu jangan gunakan essen terlalu banyak cukup gunakan beberapa tetes saja. Kebanyakan pemancing itu hanya mengunakan 3 - 4 tetes ke umpan yang sedang di racik.

Kesimpulan
Beberapa umpan diatas bisa kalian gunakan untuk persiapan saja bila sudah ada umpan yang jitu, tapi kalau memang terasa lagi sulit sebaiknya gunakan umpan secara bergantian untuk memilih umpan yang pas di gunakan untuk mancing ikan nila kolam.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Nila Kolam Yang Tepat"