3 Jenis Nama Ikan Patin Sungai dan Umpan Yang Terbaik

3 Jenis Nama Ikan Patin Sungai dan Umpan Yang Terbaik - Sebagai pemancing aktif disungai pastinya sering mendapatkan ikan jenis patin, tapi sayangnya terkadang mirip tapi ada sedikit perbedaan yang buat kita menyebutkanya cukup dengan 1 nama saja yaitu Ikan Patin, karena jenisnya sama saja jadi biar lebih mudah untuk ngomongnya. Tapi walaupun sama terlihat dari ciri-cirinya, tetap saja ikan-ikan ini masih memiliki umpan alaminya yang lebih tepat lagi untuk digunakan dan pastinya tidak akan meleset saat memancingnya.

3 Jenis Nama Ikan Patin Sungai dan Umpan Yang Terbaik - Sebagai pemancing aktif disungai pastinya sering mendapatkan ikan jenis patin, tapi sayangnya terkadang mirip tapi ada sedikit perbedaan yang buat kita menyebutkanya cukup dengan 1 nama saja yaitu Ikan Patin

Beberapa nama dari jenis ikan patin yang sering dapat saat mancing di sungai adalah:

  1. Patin Sungai.
    Cirinya sedikit mirip dari segi lebih besar dibagian perut, terdapat 2 kumis kecil di bibir kiri dan kanan serta bermata kecil, tarikan strike lebih berat dari yang lainnya serta tidak mudah untuk lemas waktu di tarik. Untuk sebutan namanya ada yang mengatakan Patin Tekuyung, karena jenis ikan patin yang pertama ini memang keberadaanya hanya di sungai dan jarang dipelihara seperti ikan yang ada di kolam.
  2. Patin Keramba.
    Biasanya untuk jenis ini banyak di pelihara untuk pengembang biak di kolam, jadi juga sering kena pancinh di sungai dan begitu banyak di pasar untuk dijual.
  3. Patin Juaro atau Ikan Bengak.
    Untuk jenis ini memang adanya di sungai karena jarang ada yang mengembang biakan ikan jenis ini, hampir mirip dengan patin yang pertama tadi cuma dari patil kiri dan kanan sirip nya lebih tajam tidak seperti jenis patin yang lainnya.

Ke 3 jenis ikan di atas sangat sering ketemu kena pancing yang memakan sembarangan umpan yang kita gunakan pas mancing, padahal aslinya bila mengunakan umpan yang sembarangan digunakan tidaklah di makan ikan patin sungai ini, hanya karena memang sedang keadaan lapar saja makanya umpan yang digunakan tetap di sambar ikan patin sungai ini.

Tapi bila ingin khusus memancing ikan patin ini, kalian bisa mengunakan beberapa pilihan umpan yang pas dan pastinya di makan bila digunakan untuk khusus mancing ikan jenis patin di sungai.

Umpan Ikan Patin Sungai Alami

Untuk jenis yang pertama seperti yang telah disebutkan tadi, untuk memancingnya memang susah-susah gampang. Untuk umpan yang alami bisa kalian gunakan sebagai berikut:

  1. Kijing sungai.
  2. Cacing kalung.
  3. Kelabang.
  4. Dan ulat pisang.

Untuk mengunakan umpanya pun cukup berbeda dengan ikan biasanya, untuk yang pertama bila kalian mengunakan Kijing sungai maka pilihlah yang sedang dan kecil sekali gunakan bisa lebih banyak ke mata kail dan jangan lupa di keluarkan dulu dari cangkangannya, bila memancing ikan patin sungai ini usahakan mengunakan yang sedang dan kecil saja karena kalau sudah berukuran besar jarang dimakan tapi tetap saja dimakan.

Sedangkan bila kalian memancing mengunakan Cacing Kalung, sebaiknya memilih untuk mencarinya yang perkebunan sawit saja, pengunakannya semakin banyak sekali pakai semakin baik. Selanjutnya kelabang/lipan, akan lebih baik lagi sebelum di gunakan untuk di bakar dulu.

Bila mengunakan ulat pisang, tidak bisa bertahan lama bila ditunggu, maksudnya seperti ini bila kalian mengunakan umpan ulat pisang lalu melemparkan ke tengah sungai dengan waktu yang lama menunggu dimakan itu sulit kecuali langsung ketemu ikan patinya karena memang mengunakan umpan ulat pisang tidak bisa lama digunakan karena aroma umpanya akan hilang terbawa arus sungai.

Umpan Ikan Patin Keramba Sungai Alami

Bila di daerah sungai kalian masih sering menemukan ikan patin kerambah dan tergolong memang dijadikan liar atau habitatnya di sana maka ada banyak pilihan umpan yang pas bisa kalian gunakan untuk jenis ikan ini.

Beberapa umpan yang paling pas bisa kalian gunakan yang pertama adalah Buah Sawit, dengan mengunakan umpan ini ikan patin kerambah dijamin paling menyukainya selain itu bila ada ikan patinnya maka tidak membutuhkan waktu yang lama karena ada aroma sawit dari umpan yang kalian gunakan.

Selanjutnya kalian bisa mengunakan buah Nangka, untuk mengunakan umpan ini jangan memilih yang benar-benar masak, tapi cukup pilih yang sedang saja dan potong-potong dulu untuk digunakan umpan. Selain ke 2 jenis buah sawit dan nangka ini kalian juga bisa memancingnya mengunakan udang dan daging ayam.

Bila kalian mengunakan umpan udang, usahakan dalam keadaan hidup cukup kaitkan bagian ekornya ke mata kail. Selain itu kalian juga bisa mengunakan daging ayam untuk cara memasangnya ke mata kail kurang lebih sama saja dengan biasanya yang penting potong-potong dengan ukuran yang dikira-kira pas saja.

Umpan Ikan Juaro Sungai Alami

Kalau untuk ikan yang satu ini tergolong paling rakus, terutama untuk yang berukuran sedang dan kecil minimal dibawah 1 KG, hampir makanan apa saja yang ia temukan di makan jadi terbilang tidak sulit lah untuk memancingnya yang berukuran kecil. Untuk umpannya bisa mengunakan roti, jangkrik, cacing dan hampir semua umpan mancing di sungai bisa kalian gunakan.

Tapi untuk yang berukuran diatas 1 KG, umpan mesti memilih tidak bisa mengunakan sembarangan tapi bila menargetnya untuk yang besar nantinya tetap juga sesekali di sambar yang kecil. Untuk umpan yang pastinya kalian bisa mengunakan Larva Tawon dan Lipas Kayu, bila kalian mengunakan Larva Tawon sebelum digunakan sebaiknya siram dulu dengan air panas supaya tidak mudah hancur saat di gunakan.

Nah beberapa jenis dan nama patin diatas pastinya pernah kalian temui sekaligus umpan yang disebutkan tadi pastinya bisa kalian coba untuk memancingnya, hanya saja terkadang berbeda daerah umpan yang digunakan tidaklah selalu sama tapi sebaiknya di coba dulu kalau kebetulan pas maka bisa digunakan seterusnya.

Untuk pesan dari saya, bila kalian memancing ikan patin ini harap berhati-hati terkena patil sirip kanan kirinya karena sangat tajam, selain itu tingkat sakitnya berbeda-beda, terutama ikan patin juaro semakin kecil semakin tajam patilnya jadi berhati-hatilah memancing ikan patin sungai mengunakan umpan alami nya.

Posting Komentar untuk "3 Jenis Nama Ikan Patin Sungai dan Umpan Yang Terbaik"