Buat Gagang Joran Pancing Mengunakan Bambu Cendani

Buat Gagang Joran Pancing Mengunakan Bambu Cendani - Terlihat keren dan menarik, sekilas seperti buatan sendiri padahal gagang joran ini asli pakai bambu yang unik, untuk pembuatanya pun terkesan mudah untuk dibuat kalau bisa menyesuaikanya tapi.

Buat Gagang Joran Pancing Mengunakan Bambu Cendani - Terlihat keren dan menarik, sekilas seperti buatan sendiri padahal gagang joran ini asli pakai bambu yang unik, untuk pembuatanya pun terkesan mudah untuk dibuat kalau bisa menyesuaikanya tapi

Untuk membuat gagang seperti ini, yang sulit di temukan itu bambunya untuk bahan utamanya sedangkan yang lainnya terkesan hampir sama, banyak yang digunakan fiber bening atau solid. Kalau murni keseluruhan joran pancinh mengunakan bambu cendani ya pastinya keren tapi untuk kekuatannya ya belum tau juga ini.

Karena seperti yang kita ketahui, bagian tengah sampai ke ujung joran pancing pastinya mesti lentur dan kuat, karena saat strike ikan yang berukuran babon biasanya bagian ujung akan mentiung dan kalau lentur tapi tidak kuat pastinya ya patah. Kecuali kalau hanya untuk mancing ikan berukuran menyesuaikan, mengunakan bambu cendani untuk keseluran joran pancing sih ya biasa saja dan lebih terlihat keren dan unik.

Jadi inilah sebabnya mengapa kebanyakan joran pancing yang mengunakan bambu cendani hanya dibagian gagangnya saja sedangnya selebihnya tetap mengunakan fiber, karena kekuatannya juga sangat dibutuhkan untuk pemancing yang mengerti. Karena mengerti tentang pancing jugalah bisa jadi juga mengunakan joran yang semua bahan utamanya mengunakan bambu cendani dan juga ada banyak yang menjual bambu cendani ini untuk digunakan membuat gagang atau joran sebagai alat pancing padahal bambunya tidak disemua daerah ada loh.

Untuk kalian yang mengetahui adanya bambu cendani di sekitar tempat kalian, bisa juga diambil untuk di jual atau digunakan sendiri untuk membuat joran pancing. Tapi kalau di daerah kalian tidak ada sepertinya mesti dicari dulu bambunya!

Cara Mencari Bambu Cendani Untuk Gagang Joran Pancing

Seperti yang kita ketahui kalau awalnya, rumpung bambu cendani ini hanya di gunakan untuk hias saja, baik itu hiasan disekitar rumah atau tidak disengaja tumbuh di tempatnya. Nah karena bambu cendani ini tumbuh tanpa di tanam maka bisa diambil oleh penduduk atau orang sekitar untuk berbagai macam keperluan, untuk yang utamanya ya itu dibuat jadi alat pancing.

Untuk kalian yang berusaha untuk mencari bambu cendani, tinggal disesuaikan untuk yang asli di rumpun cendani atau hanya tumbu beberapa batang saja di rumpunan bambu, yang biasanya di gunakan itu setidaknya terbagi 2 untuk yang mencarinya yaitu:

  1. Bambu cendani asli
    Untuk yang pertama memang didaerahnya ada banyak atau yang tumbuh, dengan begitu bambu disesuaikan untuk panjangnya lalu diambil.
  2. Bambu biasa yang mirip
    Namun ada juga beberapa bambu yang tumbuh tidak normal sehingga mirip dengan aslinya padahal tidak, ada banyak juga bambu yang seperti ini di rumpunan bambu sehingga juga bisa di ambil untuk digunakan jadi bahan alat pancing.

Untuk kalian yang berusaha untuk mencari bambu seperti ini silahkan di sesuaikan untuk nyarinya, bila sudah ada tinggal siap digunakan sendiri atau akan dijual lagi. Bila di daerah kalian sulit ditemukan atau kalian tidak mau susah mencarinya maka tinggal beli saja biar lebih mudah, kalau di toko pancing tidak ada yang jual kalian tinggal beli online saja, setelah itu tinggal di proses lagi.

Cara Buat Gagang dan Joran Pancing Pakai Bambu Cendani

Bila kalian ingin membuatnya tinggal di sesuaikan untuk kebutuhkanya, ingin hanya buat gagangnya atau sekalian langsung membuat joran pancing dari keseluruhan bambu cendani. Untuk cara membuatnya sebagai berikut:

Cara buat hanya gagangnya saja:
Bila kalian akan membuat hanua digagangnya, kalian harus menyiapkan bahan lainnya seperti Bor, Stick fiber, Ring, Benang dan Lem perekatnya dan kalian tidak membutuhkan gabus mika karena tidak digunakan. Setelah bahanya siap yang pertama ambil jumlah panjang yang akan kalian gunakan lalu potong, setelah itu bor bagian ruas dalamnya supaya fiber sambungan bisa dimasukan agak panjang (disesuaikanlah) lalu masukan dan jangan lupa diberi lem perekat kemudian sesuaikan semua panjangnya dan pasang Ring mengunakan benang dan lemnya selesai!

Cara membuat joran pancing keseluruhanya:
Kalau ingin membuat keseluruhnya tidak rumit lagi sih, tinggal kalian ambil bambunya seberapa panjang yang dibutuhkan lalu tinggal potong dan di rapikan. Supaya awet dan tahan lama sebaiknya bagian ujung bambu cendaninya di rendam dulu dengan air kurang lebih 10 - 12 jam supaya tidak mudah patah dan tinggal pasang senar dan semua alat pancingnya.

Untuk pembuatan gagang ataupun joran pancing dari bambu cendani tidaklaj sulit, tinggal enak atau tidaknya dilihat, kalau kurang bagus buatan sendiri maka kalian masih tetap bisa beli saja supaya tidak rumit lagi dan susah-susah mengaturnya.

Kesimpulan
Mengunakan joran pancing dari bambu cendani tergolong bagus dari segi modelnya, untuk kelenturan juga pastinya sangat lentur tapi ketahan menyesuaikan untuk kalian gunakan mancing ikan, bisa kuat dan bisa juga tidak karena kekuatan dari fiber untuk joran pancing pasti ada kelebihan masing-masing.

Posting Komentar untuk "Buat Gagang Joran Pancing Mengunakan Bambu Cendani"