Cara Buat Umpan Lempeng Untuk Mancing

Cara Buat Umpan Lempeng Untuk Mancing - Membuat jenis umpan ini terbilang simpel dan cepat dengan pilihan 3 warna dan aroma yang sangat sering di gunakan, beberapa jenis itu juga sering di sebut dengan umpan lempeng Pelet, Aroma Durian dan Hijauan. Ketiga umpan ini lah sangat sering di gunakan untuk mancing berbagai macam ikan sungai, sekali strike pun bisa di atas 3 KG an, jadi tak heran kalau ada banyak sekali yang sering mengunakan umpan ini, tapi sayangnya terkadang masih ada yang salah dalam pembuatan racikan untuk adonanya sehingga begitu jadi ya mubazir saja.

Cara Buat Umpan Lempeng Untuk Mancing - Membuat jenis umpan ini terbilang simpel dan cepat dengan pilihan 3 warna dan aroma yang sangat sering di gunakan, beberapa jenis itu juga sering di sebut dengan umpan lempeng Pelet, Aroma Durian dan Hijauan

Mubazirnya umpan lempeng ini sering di dasari dengan kesalahan saat membuatnya, bila kalian ingin membuatnya maka perlu dipastikan adonanya jadi dengan pas takarannya serta waktu memasaknya juga pas. Karena pada umumnya, umpan yang dibuat lalu digunakan untuk mancing itu ikan yang akan memakanya harus dengan umpan yang sesuai dengan yang sebelumnya kita buat.

Maksudnya begini, bila ada yang pertama sekali mengunakan umpan yang digunakan, lalu secara terus-menerus mengunakan umpan yang seperti itu maka bila kalian juga ingin membuat umpan mestilah harus sama bila terjadi perbedaan maka biasanya ikanpun tak akan mau memakan umpan tersebut karena berbeda.

Maka dari itulah, untuk kalian yang ingin membuat racikan adonan umpan ini setidaknya mendekatilah aroma dari umpan yang kalian gunakan.

Memang agak ribet sih sebenarnya membuat umpan lempeng ini, tapi bila kalian ingin mencobanya tidak ada salahnya untuk di coba tapi perhatikan dengan pas tata cara pembuatanya supaya pas saat akan kalian gunakan mancing nantinya. Setidaknya ada 3 jenis ya umpan lempengnya, saya jelaskan untuk membuatnya satu-persatu ini.

Racikan Umpan Lempeng Durian

Untuk bahan utamanya adalah tepung terigu dan Pewarna Aroma Durian, untuk pewarna aroma biasanya digunakan untuk membuat kue sedangkan tepung terigu pastinya kalian tau lah.

Setelah bahanya siap, ambil wadah untuk mengaduknya dan ambil 3 sendok makan tepung terigu nya dulu, usahakan di ayak supaya yang benar-benar halus saja yang digunakan. Selanjutnya ambil air dengan menakar di gelas, minimal seperempat gelas saja airnya lalu campurkan pewarna aroma durian 1 sendok makan dan aduk sampai air berubah warna dan bau nya mirip durian, selanjutnya masukan ke tepung terigu dengan perkiraan tercampurkan tapi tidak kebanyakan air.

Bila racikan adonan berwarna kuning merata, silahkan di goreng dengan teplon bukan kuali dan sebagainya, mengunakan teplon supaya gorengan bisa masak merata dan pas gunakan minyak sayur secukupnya. Usahakan juga api yang di gunakan kecil saja, untuk mengorengnya tidak perlu terlalu lama yang penting masak di keseluruhan adonanya tadi, kalau saya yang memasaknya minimal dengan waktu 20 menit sampai 25 menitan saja.

Selanjutnya dinginkan umpannya lalu langsung saja potong-potong untuk melihat hasil dalamnya sudah masak atau belum, bila masaknya rata umpan siap untuk di gunakan, bila tidak rata ada yang masak dan tidak maka ulangi lagi memasaknya biar rata dulu masaknya.

Racikan Adonan Lempeng Hijau Aroma Pandan

Untuk membuat yang satu ini, bahan utamanya masih sama yaitu tepung terigu sedangkan untuk pewarnya adalah Pandan dengan warna hijau biasanya juga di jual untuk buat kue.

Untuk pembuatanya, sama saja dengan cara di atas yaitu mengambil wadah untuk membuat adonan dan 3 sendok tepung terigu selanjutnya menyiapkan air dalam gelas dan mencampurkan aromanya ke gelas tadi. Lalu buat adonan hingga terlihat merata juga, selanjutnya goreng juga pakai minyak sayur secukupnya.

Hampir sama saja dengan pembuatan yang pertama tadi, hanya saja bila umpan aroma pandan ini sering di gunakan untuk mancing kolam saja karena ikan utama yang memakan umpan ini hanya ikan yang bersisik saja, maka dari itulah umpan pandan yang ini termasuk jarang di bawa mancing ke sungai, tapi tetap ada juga sih yang mengunakanya disungai.

Racikan Umpan Lempeng Pelet

Ini umpan yang paling banyak digunakan pemancing sungai, karena hampir semua ikan mau makan umpan ini. Untuk membuatnya sedikit berbeda dengan umpan lempeng lainnya karena membutuh racikan utamanya yaitu Tepung Kanji (sagu) dan pelet.

Untuk membuatnya, pertama ambil 3 sendok makan pelet lalu masukan ke wadah yang sudah di siapkan, selanjutnya ambil air panas untuk menghacurkan pelet untuk banyak airnya diperkiraan sendirilah yang penting peletnya cepat hancur. Setelah itu masukan 4 sendok Sagu sebagai perkiraan, kemudian campurkan bertahap dengan air dingin sambil di aduk-aduk supaya tercampur merata antara pelet dan tepung kanji (sagu).

Setelah tercampur, goreng juga mesti mengunakan teplon untuk ukuran minyaknya jangan terlalu banyak cukup gunakan untuk mengoreng sekilas saja. Kalau saya mengorengnya kurang lebih 7 atau 8 menit lalu dibalik dan tunggu sampai waktu yang sama dan dinginkan, begitu sudah dingin barulah di potong-potong dan selanjutnya tinggal bawa saja ke tempat mancing.

Perlu kalian ketahui, mengunakan umpan lempeng baik aroma durian, pandan dan pelet ini disukai ikan-ikan kecil juga jadi usahakan untuk memancing di bagian tengah sungai saja melemparkan umpannya supaya tidak habis dengan cepat, bila memancing dibagian pinggir maka umpan lebih cepat habis di makan ikan kecil-kecil sehingga ikan yang besar datang umpan sudah habis begitu di pasang lagi ikan yang berukuran besar sudah pergi entah kemana.

Jadi untuk kalian yang memancing mengunakan umpan lempeng, pastikan saat memasukan umpan ke mata kail sedikit lebih banyak karena bukan ikan yang di target saja memakannya nanti tapi hampir kebanyakan ikan ditempat kalian mancing pasti akan memakannya juga.

Posting Komentar untuk "Cara Buat Umpan Lempeng Untuk Mancing"