Cara Sukses Pelihara Ikan Di Kolam Tanah

Cara Sukses Pelihara Ikan Di Kolam Tanah - Bila tidak tau cara memelihara ikan memang susah, adanya ikan malah habis digoreng sendiri malah kebanyakan memiliki kolam ikan memang hanya untuk sebatas memiliki ikan peliharaan bukan untuk mengembangkan supaya berhasil untuk usaha. Contohnya ingat ya ini hanya contoh, ada orang membuat kolam ikan tapi hanya untuk sebatas memiliki saja, ia pelihara ikan bukan mengunakan target sekian bulan lalu dipanen tapi hanya dibiarkan saja dan bila ingin memakan ikan barulah diambil atau hanya untuk ada tetangga dan soudara yang mau baru dikasih, hanya sebatas itu saja dan yang seperti ini hanya cukuplah sebatas itu saja tanpa ada peningkatan untuk usaha.

Cara Sukses Pelihara Ikan Di Kolam Tanah - Bila tidak tau cara memelihara ikan memang susah, adanya ikan malah habis digoreng sendiri malah kebanyakan memiliki kolam

Berbeda untuk kalian yang memang ingin membangun usaha, membuat kolam lalu memikirkan ikan apa yang akan dipelihara dan bisa dipanen lalu jual, usaha yang seperti ini pastinya akan membuat sukses kalian terlebih bila mempelajari cara yang tepat supaya bisa semakin maju.

Selain memikirkan ikan apa saja, kalian juga setidaknya memikirkan pakan yang nantinya akan digunakan. Kalau bisa sedikit mengeluarkan modal untuk beli pakan tapi bobot ikan cepat besar dan siap untuk dijual, memang cara ini jarang tapi tetap ada saja caranya.

Nah bila kalian bisa memikirkan ke 2 cara utama tersebut, kesukses akan selalu ada untuk kalian kuncinya ada belajar untuk berusaha, jangan hanya usaha dan mengerjakan cara yang standart, yang seperti ini bisanya tetap saja mendapatkan keuntungan dari penjualan hanya saja tempo waktu panen dan bobot ikan perlu kalian perhitungkan dalam usaha memelihara ikan, berikut ada beberapa ide untuk kalian yang membutuhkan usaha dan beberapa triknya pokoknya disesuaikan dengan kemampuan yang kalian miliki sebelum menjalankan usahanya bila ada gambarannya jangan tunda lagi waktunya!

Memikirkan Biaya Pembuatan Kolam dan Tanah Yang Digunakan

Ini adalah perhitungan awal, dimana mengali tanah untuk kolam mengandalkan tenaga yang lebih terutama bila kalian melakukannya mengajak orang lain, sudah tentu harus memiliki cadangan biaya untuk membeli kebutuhan dan memberikan sangu untuk yang membantu kalian.

Dan selanjutnya, pikirkan untuk membuat lebih dari 1 kolam yang akan dibuat, bila hanya mengandalkan 1 saja maka akan sempit pemikiran dalam berusahanya maka dari itu cobalah buat 3 atau 4. Kolam yang kalian buat tidaklah perlu besar tapi pas, bila ukuranya besar ikan yang bisa kalian peliharan hanyalah 1 jenis saja, kecuali kalau memang ikan sudah ditargetkan pada penjualan kalian sudah ada dalam pikiran, bila belum ada maka usahakan dulu menyelesaikan kolam yang lebih dari 1.

Selain itu, perhitungkan kedalam kolam kalau bisa sesuai dengan ikan yang akan kalian pelihar.

Mencari Ide Memilih Ikan Yang Akan Di Pelihara

Untuk menemukan ide, sebaiknya kalian survei dulu diberbagai pasar yang menjual ikan peliharaan, kalian harus mengetahui minat pembeli ikan apa saja yang paling laku dan banyak dibeli. Dengan mengetahui jual beli ikan di pasar inilah yang nantinya bisa kalian gunakan untuk memilih ikan yang akan dipelihara dan kembangkan. Contohnya dipasar kalian banyak peminat ikan nila, sedangkan ikan lele kurang banyak yang suka.

Masukan utama diatas bisa kalian perhitungkan, misalnya yang target pertama adalah ikan Nila lalu kalian lihat juga daya saingnya karena kalian baru mau memulai usaha jangan paksakan untuk menyaingi penjual yang sudah lebih dulu. Bila peminat ikan lele kurang banyak tapi persainganya kecil, maka tidak ada salahnya untuk kalian membangun usaha yang kecil persainginya dulu, nanti kalau sudah berkembang usaha yang kalian bangun barulah mulai usaha yang setara dengan saingan penjualan kalian.

Untuk hal selanjutnya yang perlu kalian perhitungan biaya bibit ikan dan pakannya, jangan sampai nanti menjual ikan tidak sebanding dengan pengeluaran.

Cara Memberi Pakan Ikan Modal Kecil Hasil Besar

Banyak orang yang memilihara ikan tapi belum mengetahui caranya, pemikirannya hanya memberikan pakan saja dan sudah. Padahal untuk memberikan makan ikan kalau pas, pertumbuhan ikan lebih cepat dan sesuai dengan berapa banyak yang dikeluarkan dan ini perlu perhitungan yang tepat. Contohnya seperti ini, dalam 3 bulan kalian bisa memanen ikan dan memberi pakan pelet sebanyak 3 karung, saat menjualnya perlu kalian hitung pembelian bibit sekian, pembelian pakan sekian, lama panen sekian.

Untuk yang lebih meleset adalah jangka waktu bobot ikan tidak sesuai dengan perhitungan berapa lamanya, misalkan target 3 bulan tapi bobot belum sesuai bahkan lebih lama sampai 5 atau 6 bula baru ketemu. Sudah jelas ini kesalahan!

Kebanyakan kesalahan ini letaknya dipemberian pakan, untuk mengerjar bobot ikan itu ada di waktu pemberian pakannya. Kuncinya diwaktu harus pas dan sesuai, contohnya kalian memberikan pakan pada Jam 9 pagi lalu jam 3 sore dan jam 9 malam lalu jam 9 subuh, perhitungan ini harus tepat dan sesuaikanlah terlebih dahulu bisa mulai jam 5 subuh atau 6 pagi kuncinya pas.

Bila sedari kecil sudah dibiasakan waktu untuk pakannya maka ikan akan lebih aktif dan bertenangga, berbeda bila hanya memberikan pakan hanya diwaktu pagi saja setelah itu besok pagi lagi, jelas itu salah dan banyak yang memberikan pakan hanya seperti ini.

Pengecekan Waktu Panen Ikan

Setelah tepat waktu memberikan pakan ikan, selanjutnya kalian bisa fokus dengan waktu panen, misalkan target kalian 3 bulan maka cek bobot ikan di waktu tersebut dan bila pas tinggal panen dan siap untuk di jual. Kalau belum pas, bisa kalian perhitungan dan kemungkinan ada kesalahan dalam pemberian pakannya.

Selain itu, usahakan untuk melihat bobot ikan di beberapa ekor ikan, karena bisa jadi juga besar ikan tidak rata ada yang besar dan ada juga yang masih kecil dan jelas ini kesalahan saat kalian memberikan pakannya tadi. Untuk mengatasi hal seperti ini, karena ini masih baru dan tahap kalian belajar maka dijalani saja dulu.

Untuk pemulaian diwaktu selanjutnya harus lebih pas lagi dalam pemberian pakannya dan harus benar-benar sesuai dengan bobot ikannya. Untuk kebanyakan kesalahan itu biasanya karena tidak merata memberikan pakan ikan, hanya menyebarkan pakan di 1 lokasi titik saja, cobalah untuk menyebarkan di semua titik supaya ikan yang tadinya enggan untuk makan jadi tetap mau makan juga.

Bila cara diatas sudah kalian terapkan, kemungkinan besar kalian akan sukses dan selanjutnya yang perlu dipikiran adalah kolam yang lainnya.

Fungsi Pembuatan Kolam Ikan Lebih Dari Satu

Bila kalian bangun lebih dari 1 kolam ditanah, maka itu lebih baik lagi untuk kalian membedakan waktu panen ikan. Sebut saja ada 4 kolam, antara yang pertama dan yang lainnya usahakan lebih 1 bulan saja, maksudnya untuk yang pertama dipanen dengan selanjutnya hanya berselang 1 bulan atau jarak 2 - 3 minggu saja.

Dengan penerapan waktu pastinya modal yang kalian gunakan akan terus berputar, tidak habis saja untuk biaya keperluan yang lainnya serta kalian mesti pintar-pintar mengatur biayanya.

Bila kalian buat panenya serentak atau bersamaan, selain biayanya tidak pas putaran juga perselisihan akan ada, akan perhitungannya tidak akan pas. Bila perhitungan jarak kalian terapkan maka pastinya akan ada keuntungan yang banyak untuk kalian, sebut saja pertamanya adalah pemijahan bibit ikan di kolam yang lainnya pasti akan lebih mudah.

Langkah ini akan memberikan respon yang positif untuk usaha kalian karena memiliki kolam lebih dari 1 titik, walaupun pembuatan kolamnya hanya pas-pasan saja tapi perhitunganya nanti tetap akan pas. Baik dari segi jarak panen sampai niat kalian untuk menambahkan usaha dengan pemijahan ikan supaya tidak perlu beli lagi ke orang lain bibit ikan yang kalian pelihara.

Kesimpulan dan Penutupan
Beberapa cara dan pemikiran serta perhitungan diatas silahkan coba untuk digunakan bila kalian baru saja akan membangun usaha pelihara ikan atau kalian yang sudah berusaha tapi belum mendapatkan perkembangan dengan usaha yang kalian jalani. Juga jangan lupa ada 1 kunci utamanya yaitu berdoa sesuai dengan Agama!

Posting Komentar untuk "Cara Sukses Pelihara Ikan Di Kolam Tanah"