Umpan Ikan Bandeng Payau Yang Susah Makan

Umpan Ikan Bandeng Payau Yang Susah Makan - Untuk memancing ikan top yang satu ini memang susah-susah gampang, tapi ada juga di satu lokasi yang sulit sekali di pancing bahkan tidak mau makan umpan apa saja yang digunakan, maka dari itu bila ketemu ikan bandeng yang seperti ini dibutuhkan umpan yang khusus digunakan. Sebelum mengunakan umpan, juga mesti di lihat dulu dari segi peralatan pancing yang kalian gunakan dan juga jarak antara kalian memancing dan posisi ikan bandengnya.

Umpan Ikan Bandeng Payau Yang Susah Makan - Untuk memancing ikan top yang satu ini memang susah-susah gampang, tapi ada juga di satu lokasi yang sulit sekali di pancing

Hal perlu kalian ketahui saat mendapati bandeng yang tidak mau makan umpan yang kalian gunakan adalah sifat sensitifitasnya, semakin besar maka ikan ini juga semakin sensitif dengan manusia walaupun tetap mau makan umpan tapi sudah memiliki perhitungan yang kuat. Terkadang bukan dari hal itu saja memakan umpan yang digunakan juga mestinya akan memilih, inilah penyebabnya ikan bandeng tidak mau memakan umpan yang kalian gunakan, kecuali bila saat kalian memancing di lokasi tersebut memang jarang dipancingi orang sehingga baik umpan alami atau racikan yang kalian gunakan tetap saja akan cepat strike.

Tapi sayangnya, untuk lokasi bandeng yang jarang dipancing di jarang sekali mengingat jaman sekarang hampir dimana saja daerah sudah ada yang menyukai hobi mancing ikan, termasuk anak-anakan kecil tidak tau lelaki atau perempuan itu sudah banyak yang hobi memancing walaupun nantinya tidak mendapatkan ikan yang penting semanggat dan hobi!

Kembali ke pembahasan kita, untuk kalian yang akan berangkat memancing ikan bandeng dan tidak mau makan umpan tadi, pertama cek dulu apa saja yang dipakai dan akan diganti supaya tidak ribet lagi saat berada di lokasi pemancingan nanti.

Senar Yang Cocok Untuk Mancing Ikan Bandeng

Hal pertama yang sangat harus disesuaikan adalah senarnya, usahakan kalian mengunakan senar sebagai berikut:

  1. Halus tapi kuat
    Untuk senar yang seperti ini memang sedikit lebih mahal dari harga senar pancing biasa tapi cukup pas untuk digunakan mancing.
  2. Berwarna bening
    Kebanyakan ikan bisa melihat warna senar, terutama untuk ikan yang sudah sensitif dengan senar pancing pastinya akan mengetahui bahwa itu senar dan pasti akan menghindarinya.
  3. Lentur atau lembut
    Dengan mengunakan yang lembut, umpan yang kalian gunakan seolah-olah bisa bergerak natural dengan sendirinya.
  4. Dan BIAS yang tinggi
    Semakin tinggi nilai bias senar maka semakin samar untuk dilihat ikan saat kalian gunakan untuk mancing.

Menganti senar pancing ini sangat penting sekali bila awalnya kalian sering mengunakan senar dengan ukuran yang lebih besar atau sembarangan mengunakannya. Semakin kecil ukuran senar yang kalian gunakan makan semakin bagus untuk mancing ikan bandeng, tapi sesuaikan juga dengan kekuatan bobotnya jangan sampai putus saat strike ikan. Setelah menganti semuanya saatnya sekarang kita menyiapkan umpannya.

Umpan Ikan Bandeng Payau Alami

Untuk yang pertama kalian siapkan adalah mengunakan apa yang biasanya dimakannya, karena ikan bandeng ini liar sudah tentu akan lebih pas bila digunakan umpan alaminya. Untuk beberapa umpannya adalah:

  1. Udang hidup.
  2. Udang mati yang dikupas kulitnya.
  3. Cacing Pumpun.
  4. Anak Katak.
  5. Dan anak ikan yang sangat kecil.

Dengan mengunakan umpan diatas pastinya akan dimakan dengan ikan bandeng, hanya saja bila ikannya masih tetap mau makan saja belum sensitid terhadap senar pancing. Bila sudah terlanjur susah untuk dipancing atau tidak mau makan umpan lagi maka kalian harus membuat dulu racikannya sebelum di gunakan.

Racikan Umpan Untuk Ikan Bandeng

Ada beberapa umpan buatan yang biasanya digunakan untuk mancing, walaupun liar tapi umpan racikan tetap diutamakan karena lebih joss gandos dari umpan alami yang bisa mereka cari sendiri. Untuk racikan yang pertama silahkan siapkan beberapa bahannya sebagai berikut:

  1. Sebungkus Mie Instan Goreng.
  2. Kunyit sebesar jempol.
  3. 2 siung bawang putih.
  4. 1 masako ayam.
  5. Dan minyak jelantah
    (minyak belas goreng).

Untuk pembuatannya pertama blender mie instan dan buang bumbunya, ambil hanya mienya saja kemudian tumbuk kunyit dan bawang putih, selanjutnya masukan mie yang sudah diblender tadi sekaligus masako ayam dan aduk rata terlebih dahulu. Terakhir, masukan ke plastik semua bahan tadi kemudian masukan minyak jelantah tadi bertahap mulai dari 1 sendok lalu lumat-lumat umpan tadi mengunakan tangan bila belum kenyal tambahkan lagi pakai sendok, biasanya kalau saya yang buat itu antara 3 sendok atau lebih sedikit.

Sebagai tambahan, kalian bisa siapkan beli roti kepala di warung, untuk membuatnya pisahkan dulu antara roti dan kelapanya lalu ambil roti dan injak-ijak supaya padat lalu tingga gunakan saja. Karena ini memancing ikan bandeng yang liar setidaknya kalian juga perlu mengetahui caranya.

Cara Mancing Ikan Bandeng Yang Besar

Hal pertama yang mesti kalian lihat adalah kondisi air, bila memancing di air tenang maka kalian bisa mengunakan pelampung supaya umpan yang kalian gunakan tidak tenggelam di dasar sungai, bila sampai dasar maka ikan bandeng yang besar kurang suka memakannya dan juga yang kecil tetap jarang yang sampai dasaran. Bila mengunakan pelampung sudah tentu umpan yang kalian gunakan akan melayang dan ini kesempatan yang bagus.

Bila kalian memancing di air yang mengalir maka kalian harus setting mengunakan tekhnik gantung, untuk pemasanganya kurang lebih seperti ini:

Pertama masukan karet stoper 1 diawal kemudian masukan kili-kili lalu 1 karet stoper lagi, ikat timah pemberat di senar lalu kasih jarak minimal 2 jengkal tangan ikatkan ke kili-kili selanjutnya pasang mata kail pancing dan buat jarak sekitar 1 setengah meter kemudian isi umpan dan lempar ke lokasi mancing. Tujuan pembuatan ini supaya umpan dari senar pancing yang kalian gunakan akan melayang seperti bergerak sendiri.

Dengan menerapkan cara mancing diatas pastinya kalian akan strike ikan bandeng asal umpannya pas, walaupun kalian mengunakan umpan alami atau racikan bila mengunakan tekhniknya tetaplah pas. Karena kuncinya mancing ikan bandeng payau itu jangan sampai mengunakan tekhnik mancing dasaran karena tidak akan mau makan dan kalaupun masih dapat ikan malah yang lainnya bukan ikan bandeng.

Kesimpulan
Perlu kalian ingat, bahwa tekhnik dan umpan diatas hanya untuk ikan bandeng yang liar secara alami, bila kalian gunakan untuk memancingnya secara peliharaan sebaiknya jangan gunakan umpan diatas tapi bila untuk tekhnik cara mancingnya boleh saja digunakan karena umumnya memanglah seperti itu untuk memancing ikan bandeng yang susah makan umpan.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Bandeng Payau Yang Susah Makan"