Musim Umpan Belatung (Maggot) Untuk Mancing

Musim Umpan Belatung (maggot) Untuk Mancing - Banyak ikan yang mau makan khususnya ikan lele dan patin kolam, tapi kalau digunakan untuk mancing sungai hampir rata-rata ikan liar mau makan umpan Belatung yang satu ini, apa lagi untuk mancing ikan lembat malam hari, belut dan untuk tajur ikan gabus. Tapi kalau untuk mancing-mancing saja ya tinggal pakai karena diperhatikan hampir kebanyakan ikan sungai, rawa dan danau liar tetap mau makan umpan ini, mingkin karena aromanya yang baru tapi lebih nyengat dari aroma Ulat atau Belatung yang lainnya jadi pantaslah umpan ini jadi joss gandos digunakan.

Ulat atau Belatung yang lainnya jadi pantaslah umpan ini jadi joss gandos digunakan

Selain aromanya yang lebih nyengat kemungkinan karena Belatun (maggot) Black Soldier Fly (BSF) ini terbilang umpan yang baru juga digunakan, sama seperti pembudidayaannya masih baru, tapi diberbagai daerah yang budidaya ikan lele di kolam sudah kebanyakan sih yang mengunakan Belatung ini. Walaupun namanya Belatun (maggot) Lalat/Laler jangan samakan ya sama yang lainnya, terkesan ini berbeda dengan banyak kita hindari.

Sekilas kalau dilihat bentuk Lalat Belatang (maggot) ini lebih besar hampir seukuran dengan Larva Tawon, kalau Belatung yang biasa kita temui kan agak kecil apa lagi Belatung Lalat yang biasanya jelas kecil dan tidak bisa kita gunakan. Jadi, karena sudah beralih ke pakan Ikan Lele peliharaan dan sebagainya, keuntungan dari yang budidayakannya sudah cocolah buatlah usaha, tapi bukan hanya sekadar ikan untuk yang peliharaan saja ya kita pemancing juga mulai banyak yang mengunakannya.

Lanjut, back to Tentang umpan mancing lagi! Untuk kalian yang akan mengunakan Belatung (maggot) jangan lupa cara nyarinya, jenis ikan yang menyukainya, juga cara bawa dan pasang umpannya ke mata kail pancing.

Ikan Yang Makan Umpan Belatung

Kalau yang di pancing ikan kolam pastinya cocok untuk ikan patin dumbo, baik mancing harian, kiloan atau juga borongan. Selain lele ikan patin kolam juga mau makan umpan ini, tapi tetap saja ikan disungai yang sangat pas kalian pancing.

Seperti yang sudah sedikit diulas tadi, karena jenis umpan ini termasuk ke Larva Tawon bisa juga ke Ulat Bambu jadi lebih cocok kalau pas kalian mancing di alam liar saja, supaya umpan yang kalian gunakan untuk mancing tidak sia-sia. Khususnya buat kalian yang sangat suka memancing sungai, rawa atau danau, sekalian bisa kalian utamakan untuk memancing ikan yang sangat suka dengan umpan ini di daerah kalian karena setiap daerah kita terkadang ikan liarnya juga berbeda sebut saja untuk jenis ikan:

Sungai, pastinya sudah ada banyak sekali ikannya contohnya Wader, Nilem, Lele, Patin, Tilan dan terkadang juga Udang Capit Biru ada banyak.

Di Rawa, juga ada tapi biasanya hanya Gabus, Toman, Betok, Belut dan ada juga wadernya.

Ikan Danau, kebanyakan juga sengaja di kembang biakan seperti Mujair, Nila, Bandeng dan sebagainya.

Jadi tidak bisa di sebutkan mengunakan umpan ini untuk ikan tertentu di daerah saya memancing, karena nanti bisa jadi ada perbedaan di tempat kalian kuncinya langsung saja di coba Belatungnya untuk mancing dan perhatikan ikan yang ganas memakannya.

Cara Mencari Belatun (Maggot) Lalat

Kalau kalian mau nyari Belatung (maggot) Lalat Black Soldier Fly ini mesti di cocokan dulu keadaan cuaca di Kabupaten kalian, diutamakan daerah Hutan Lindung untuk mencarinya dan cuaca dingin, intinya di daerah kalian ada Gunungnya, kalau di daerah panas terutama dekat dengan Pantai kadang ada hanya sebagaian dan tertentu saja tapi kebanyakannya tidak ada.

Untuk mendapatkan Belatungnya kalian harus menangkap Lalatnya terlebih dahulu, jadi bila di Hutan Lindung daerah kalian ada Lalat ini maka cobalah untuk buat jebakannya dulu pakai botol aqua atau Galon air, untuk makanan favoritnya adalah bagian akar pohon besar jadi bisa kalian ambil mengunakan cangkul akarnya lalu masukan seperempat wadah jebakan yang kalian gunakan setelah memasukannya tinggal jangan di tutup saja.

Minimal 6 - 7 hari kalian biarkan di sekitarnya lalu cek, pasti sudah banyak Lalatnya selanjutnya tutup dan bawa pulang. Nah tinggal kalian kasih tanah kering tapi lembab di bagian bawah wadah tadi bisa-bisa kalianlah memasukan tanahnya sambil mengembakan biakan lalatnya supaya lebih banyak lagi.

Bila kalian kesulitan untuk mencari Belatungnya, tinggal beli saja karena ada banyak sekali yang menjualnya. Kalaupun ditempat kalian tidak ada yang menjualnya, maka beli Online dan tinggal tunggu saja.

Kalau sudah sampai dan ada Belatungnya pada kalian saatnya untuk tes mancing ikan.

Cara Memasang Belatung Ke Mata Kail Pancing

Sebelum memasangnya kalian sadari dulu jijik tidak untuk memangnya, kalau tidak ya tinggal pegang lalu kaitkan ke mata kail pancing dan langsung masukan ke air tapi bila jijik maka gunakan alat untuk memegangnya bisa pakai kaos tangan cukup gunakan yang biasa saja.

Sebagai saran, untuk memasangnya lebih baik mengunakan mata kail pancing yang kecil dan tajam, rekomendasi mata kail pancing Nissin. Selain itu, usahakan jangan menusuk mulai dari bagian bawah tembus ke kepalanya, karena yang diutamakan ikan untuk memakannya ada bagian perutnya maka usahakan mulai dari kepala tembus ke bawah atau cukup langsung kaitnya bagian tengahnya saja tapi setidaknya sekali pakai 3 sesuai dengan ukuran mata kail yang kalian gunakan.

Tapi untuk kalian yang sudah terbiasa memancing ikan, cara memasang Umpan Belatung ke mata kail pastinya sudah bisalah gak perlu tutorial lagi.

Kesimpulan
Mengunakan berbagai umpan untuk pemancing terbilang biasalah ya, karena ikan pastinya akan selalu buat penasaran untuk yang susah makan atau juga jarang mau makan umpan yang kita gunakan. Dengan kemajuan dunia interner jadi untuk kita mencari informasi seputaran Umpan sekaligus racikannya tidak sulit tinggal cari lalu terapkan cara dan gunakan umpannya.

Sama halnya dengan Belatung (moggot) Lalat, tinggal cari info yang kalian butuhkan baik itu untuk mancing atau pakan ikan peliharaan yang penting perasaan tersampaikan dan hati senang bila sekali mancing dapat banyak ikan.

Posting Komentar untuk "Musim Umpan Belatung (Maggot) Untuk Mancing"