Umpan Ikan Sembilang (dukang) Payau

Umpan Ikan Sembilang (dukang) Payau - Sepintas mirip dengan Ikan Lele/Lembat tapi sayangnya sangat berbeda khususnya habitat kehidupanya, untuk ikan sembilang hanya berada pada air payau dan muara sungai saja terkadang juga bisa ditemukan pada karang-karang namun masih jarang yang banyak tetap di muaranya atau pas peraian payau. Untuk memancingnya juga tidak terlalu sulit karena ikan di alam liar sehingga bisa mengunakan umpan yang biasanya menjadi makan alaminya saja, selain itu saat menentukan lokasi melemparkan umpan juga tidak perlu jauh dan berada di tengah, cukup di pinggir saja karena ada cara mancingnya dengan tepat loh.

Umpan Ikan Sembilang (dukang) Payau - Sepintas mirip dengan Ikan Lele/Lembat tapi sayangnya sangat berbeda khususnya habitat

Karena kehidupan ikan sembilang masih satu jenis dengan lele, pastinya juga predator dan memilik waktu yang tepat untuk mencari makan juga saat yang tepat untuk kita memancingnya. Selain itu, alat pancing yang digunakan juga harus di cek dulu antara senar dan mata kail pancing, kalau bisa pada senarnya harus disesuaikan untuk bobot ikan karena ukurannya ikan sembilang juga bisa benar-benar besar diatas 5 KG dan juga mata kail bisa gunakan yang agak besar tapi memiliki ketajam yang maksimal supaya bila makan bisa langsung menancap di mulutnya.

Untuk waktu seperti halnya kebanyakan ikan predator, yaitu malam hari kalau mancingnya siang pastikan ikan sembilang berada di bawah-bawah kayu yang tenggelam di air atau lokasi sungai yang rimbun dengan pepohonan lah kalian bisa menentukan waktu yang tepat siang atau malam hari dan juga umpannya yang akan digunakan mesti tetap diperhitungkan.

Umpan Ikan Sembilang Untuk Mancing Siang Hari

Bila kalian ingin start mancingnya disiang hari maka bisa gunakan umpan yang normal saja yaitu:

  1. Udang Hidup.
  2. Cacing Kalung atau Pumpun.
  3. Dan anak ikan kecil.

Ke 3 umpan diatas bisa dikatakan tepat untuk memancing ikan sembilang di siang hari, namun usahakan semua umpan yang kalian gunakan terlihat hidup di dalam air, kalau mengunakan Udang dan Anak ikan pastinya akan tetap terlihat hidup di air karena saat memasang mata kailnya cukup tancapkan ke bagian ekornya saja.

Bila kalian mengunakan Cacing Kalung atau Pumpun, perlu kalian gerakan menarik joran pancing pelan-pelan untuk menandakan seperti umpan hidup, atau mengerak-gerakanlah. Untuk yang pentingnya kalian harus bisa menentukan lokasi saat melemparkan umpannya saja, usahakan pada bagian pinggir dan tidak terlalu tengah.

Berbeda bila kalian memancingnya pada malam hari, umpannya bisa mengunakan yang lainnya tapi tetap ganas dimakan.

Umpan Ikan Sembilang Untuk Mancing Malam Hari

Karena ikan ini keluar dan aktif dimalam hari maka kalian tetap bisa mengunakan umpan Cacing kalung ataupun Pumpun, tapi lebih joss lagi bila kalian mengunakan Udang saja.

Udang yang kalian gunakan untuk mancing pada malam hari ini tidak perlu harus hidup, karena ikan ini aktif mencari makan maka kalian bisa mengunakan yang sudah mati. Lebih pas lagi saat akan dipasang kupas bagian kulit udang supaya mengunakan dagingnya saja, dengan begini aromanya pasti akan menarik perhatian ikan sembilang untuk memakannya.

Untuk umpan yang memang banyak gunakan pemancing ikan sembilang malam hari memang hanya udang saja, walaupun mengunakan cacing kalian tetap bisa tapi tidak akan seganas udang yang di kupas kulitnya ketimbang yang masih hidup, kalau yang digunakan hidup maka kalian akan menunggunya sedikit lebih lama karena tidak ada aromanya tapi tetap saja kalau ketemu dimakan ikan sembilang.

Tapi untuk kalian memancingnya, bukan hanya umpan yang perlu kalian ketahui tapi tekhnik mancingnya juga perlu pas supaya bisa mendapatkan banyak dan juga besar-besar tidak sebatas strike dan tarik saja tapi coba gunakan caranya.

Cara Mancing Ikan Sembilang Yang Besar

Untuk memancing ikan ini, kalau bisa usahakan berpindah-pindah tempat tidak bisa menetap di 1 lokasi saja. Walaupun pas kalian mancing itu mendapatkan ikan yang banyak tapi tetap saja kalau pas sudah tidak makan lagi kalian harus pindah mencari lokasi lain.

Terutama bila kalian mendapatkan ikan sembilang yang besar, maka langsunglah pindah dari lokasi tersebut, karena bersifat predator jadi untuk yang besar hanya ada 1 ikan saja yang menguasai lokasinya. Maka dari itu kalian harus pindah, jangan hanya menetap saja memancingnya kecuali bila berukuran sedang atau masih kecil pastinya bersifat rombongan kalau ketemu dengan yang besar pastinya yang kecil tadi tetap akan di makan.

Atau kalau pas kalian mancing mendapatkan anakan dari ikan sembilang ini, pastinya ia masih di jaga dengan ikan babonnya. Dengan begitu kesempatan kalian untuk strike babon tetap bisa, namun caranya kalian tidak bisa melemparkan umpan dengan waktu yang sebentar minimal cobalah dengan waktu 1 jam baru dipindahkan umpannya. Bila kalian melemparkan umpannya tepat ke ikan sembilang babon pastinya ia pindah lokasi lagi kalau di tunggu ya tetap saja kembali lagi tapi kalian harus mengunakan umpan udang yang hidup supaya lebih cepat di sambar ikan babonnya.

Kesimpulan
Memancing ikan sembilang intinya sesuaikan dengan pengalaman yang mungkin bisa kalian ambil dari seringnya memancing atau memang mendapatkan saran dari orang lain dan bermanfaat. Tapi perhatikan dengan tepat saran dan masukan yang kalian terima bukan hanya atas dasar omongan saja juga dari sesama pemancing, dengan begitu pengalaman yang kalian miliki pastinya akan bertambah untuk mengunakan umpan dan memancing ikan sembilang.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Sembilang (dukang) Payau"