Sebutan Istilah Dalam Mancing, Boncos, Mocel

Istilah dalam bahasa pemancing yang sering digunakan, biasanya kan kalau pas mancing bareng teman ada yang ngomong Boncos atau ah Mocel lagi dan banyak yang lainnya, padahal terkadang sesama teman belum tentu mengerti sih arti nya tapi cukup ketawa atau iya kan saja.

Istilah dalam bahasa pemancing

Walaupun begitu, cepat atau lambatnya nanti tetap saja paham dengan bahasa para pemancing ini, tapi akan lebih baik lagi untuk banyak mengerti daro istilah diatas karena memang ada yang penting juga bukan hanya kata-kata Boncos saja yang di sebutkan pada sesama pemancing, kalau bisa semuanya mulai dari alat pancing sampai semuanya lah pokoknya.

Nah untuk kalian yang ingin mengetahui lebih jauh tentang bahasa ini, yuk coba sedikit kita jelaskan disini.

Arti Boncos - Untuk yang ini sudah lebih cepat mengetahuinya yaitu tidak dapat ikan saat mancing, untuk yang lebih banyak mengunakan bahasa ini adalah Angler Casting karena memang gaul sih kata-kata yang sering di ucapan.

Caddy atau Kedi - Kata ini banyak digunakan pada pemancing ikan peliharaan seperti kolam dan sebagainya yang ada pembantu untuk menaikan ikan mengunakan jaring, sawuk atau gancu. Namun kata ini sering di gunakan dengan Helper juga lebih tepat untuk hobi lah termasuk memancing.

Backlash - Untuk sebutan ini biasanya digunaan pada Angler Casting yang senarnya kusut, terkadang bila digunakan melalui Chat seperti Inbox, WA dan komen masih banyak yang belum ngerti artinya jadi cuma Ngeread atau liat saja.

Bearing - Sebutan ini banyak ditemukan pada Reel pancing terumata saat baru di beli, kalian biasanya kan ngelihat tu tulisan di Spool biasanya ada Bearing 5 dan seterusnya, nah bila untuk penyebutan Angler itu adalah Kleker atau skala rotasi saat mengulung senar lewat engkol lebih jelasnya untuk mengukur kecepatan gulungan senar dari Handel.

Bom Ikan - Untuk kata ini biasanya banyak digunakan pada pemancing kolam, terutama saat mancing ikan Mas yang tujuannya untuk mengumpulkan ikan mengunakan umpan racikan.

Casting - Untuk sebutan ini pastinya kalian mungkin sudah tau, tekhnik Casting untuk digunakan melempar umpan Bait lalu mengulung dan diulang sampai Strike ikan dan kebanyakan digunakan untuk Casting ikan gabus, toman dan hampala tapi pemancing laut juga banyak yang mengunakan tekhnik ini.

Catch And Release (Rilis) - Sebutan ini biasanya digunakan saat strike ikan yang di lindungi atau masih anakan kecil, kurang lebihnya ikan yang kena pancing di lepaskan lagi.

Bill Fish - Kata-kata ini sering di dengan pas liat video yang di tonton memancing di Laut saat strike ikan Marlyn atau yang ada Layar nya.

Congkok - Kata ini digunakan untuk Cagakan joran pancing, biasanya kan bila pemancing sungai hanya cukup memasang cagakan kayu lalu tarok joran pancing.

Dehooker - Kata ini adalah alat yang biasanya digunakan untuk melepaskan mata kail dari mulut ikan.

Dry Fly - Ini sebutan untuk umpan yang biasanya digunakan tapi mengapung tidak tenggelam.

Essence - Sebutan ini adalah Essen jadi bila kalian melihat hanya tulisan saja tapi belum tau, ya itu kata asli yaitu Essence tapi karena kita sudah biasa mengunakan dengan kata Esen jadi ya penyebutanpun hanya sebatas itu saja.

Drag - Ini biasanya digunakan untuk Kunci pada Reel, biasanyakan hampir rata-rata Reel pancing bisa di buka kuncinya supaya bisa berputar kiri atau kanan dan kunci ini lah yang disebut dengan Drag.

Strike - Untuk kata ini pastinya kalian sudah taulah ya, kalau belum tau ya kebangetan untuk kata dapat ikan masih belum tau juga.

Fishing Knot - Sebutan ini hanya beda dari Bahasa saja, untuk yang sering kita gunakan adalah Simpul senar pancing baik itu untuk menyambung leader, mengikat mata kail dan sebagainya yang penting mengunakan simpul untuk mengikatnya.

Double Hook - Atau yang biasa di dengar dengan Fang Hook yaitu mata kail yang lancipnya ada 2 kiri dan kanan biasanya ya jarang digunakan sih.

Fluorocarbon - Untuk ini sebutan senar pancing ya dengan bahan utama bias tinggi.

Fish On - Arti kata ini sering di dengan saat nonton video saja, jarang digunakan oleh pemancing karena sebutannya sama dengan Strike dapat ikan.

Fly Fishing - Kata ini tetap sama saja sebutan Casting hanya saja bahasanya yang berbeda, jadi bila kalian menonton video mendengar ucapan ini nah inilah artinya.

Free Spool - Ucapan ini digunakan saat strike ikan yang besar, saat di mainan pasti butuh Spool di kendorkan dengan membuka kuncinya, jadi kata ini untuk membuka atau mengendorkan Spool.

Gancu - Gak tau ini sih juga kebangetan ya, yang biasanya digunakan pemancing laut sih untuk mengancu ikan supaya mudah menaikannya ke darat.

Foul Hook - Untui sebutan ini biasanya digunakan saat dapat ikan pas diliat tidak kena pancing di mulutnya, bisa yang kena ekor, perut dan lainnya jadi ucapatan tepatnya ikan kena tapi tidak nyangkut dimulutnya.

Gopak - Kata ini sering digunakan oleh pemancing lubang seperti belut atau sarang lele.

Galatama - Ini sebutan untuk lomba mancing ikan kolam, tapi kata ini bukan seperti Perlombaan mancing yang dibukan secara langsung karena ada perbedaan dari segi hadianya.

Hard Bait - Kata ini digunakan untuk Umpan mainan tapi berbahan keras seperti Jig atau Popper yang berbahan metal.

Hook - Kata ini sih juga kebangetan kalau masih gak tau, ini kan mata kail.haha

Hand Line - Nah sebutan ini biasanya kalau kita yang mengunakan itu mancing ikan hanya pakai Senar, Mata kail dan Kaleng untuk mengulung senar, intinya mancing tanpa joran pancing.

Hook Up / Hooked On - Ini hanya kata yang digunakan saat melihat ikan sudah naik dan mata kail kena di mulut ikan, jadi pengunaanya Mata Kail kena di mulut ikan.

Jig - Ini adalah umpan tiruan namun digunakan oleh pemancing laut saja, untuk casting alam liar tetap jarang digunakan.

Jingging - Ini adalah tekhnik tambahan untuk yang mengunakan umpan tiruan Jig dengan tekhnik gulung lalu ulangi.

Jig Head - Sebutan ini biasanya untuk umpan yang ada pemberat di bagian atasnya, bahan pengunaan umpan adalah jenis lure Soft Plastic dan Worm saja tapi masih tetap ada jenis lainnya tapi ringan sehingga membutuhkan pemberat tambahan.

Light Jingging - Ini sebenarnya nama tekhnik yang biasanya digunakan saat memancing di laut yang memainkan Jingging dibagian bawah laut supaya bergerak secara alamk terkena arus bawah laut dan sambil di gerakan sesekali atau seperlunya saja.

Meat Jingging - Untuk yang ini mengunakan umpan hidup dan bergerak secara alami.

Yo Ying Jingging - Tekhnik ini mengentakan joran pancing tapi secara Vertikal terus-menerus sampai ikan kena pancing atau umpan naik ke atas.

Speed Jingging - Untuk tekhnik yang ini mengulung Reel senar secara cepat bersamaan dengan hentakan joran pancing.

Jongat - Ini berarti mata kail kena ikan, sebutan ini digunakan saat ujung joran pancing bergerak-gerak mentiung.

Kenur - Ini sebutan untuk senar pancing, pastinya sudah taulah kan.

Kili-kili - Ini sambungan Leader mengunakan Swivel supaya bagian pemberat (timah) terbatasi dengan leader senar ke mata kail sehingga berputar saat terbawa arus.

Konahead - Sedangkan untuk yang ini sebutan umpan tiruan mirip cumi-cumi.

Leader - Ya sama saja, sebutan ini untuk menyambung bagian ujung senar ke mata kail biasanya digunakan untuk menyambung senar saja.

Layangan / Kite Fishing - Tekhnik mancing ikan mengunakan Layangan, sudah jarang yang mengunakannya tapi tetap masih ada terutama pemancing tradisional.

Lure - Nah ini sebutan untuk berbagai macam umpan casting tiruan seperti:

  • Popping.
  • Trolling.
  • Jigging
  • Dan Fly Fishing seperti:
    1. Jig
    2. Spoon
    3. Popper
    4. Minnow
    5. Konahead
    6. Froggy
    7. Chugger
    8. Jerk-bait
    9. Stick-bait.
  • Dan lain sebagainya.

Mocel - Nah untuk sebutan ini paling sering digunakan yaitu: Ikan yang kena terlepas lagi.

Minnow - Ini sebutan untuk nama umpan tiruan mirip dengan anakan ikan.

Ikan Monster - Ini untuk sebutan ikan yang besar dan seram tapi hanya untuk sebutan ikan besar saja.

Ngocer - Sebutan ini saat mengunakan umpan hidup seperti anak ikan, udang dan kodok.

Ngomset - Sebutan untuk target mancing sebanyakan mungkin walaupun kadang kala masih dapat sedikit, tapi sebutannya tetap mencari ikan banyak.

Ngotrek - Mencari ikan dengan rangkaian banyak mata kail untuk mancing ikan besar atau kecil tapi sekali pasang dapat banyak.

Ngoyor - Memasak sambil mancing, biasanya kan sering terjadi mancing ikan sampai berhari-hari dan masak untuk makan.

Tajur / Njegok - Sebutan untuk memasang pancing hari ini dan di lihat besok harinya.

Jambret / Nyengget - Tekhnik mancing pada mata kail asal dapat ikan kena apa saja yang penting dapat.

Benang Pancing / PE - Sebutan ini hanya sebatas benang pancing yang sama sebutan dengan senar hanya saja Benang yang biasanya digunakan untuk Casting seperti PE Piranha dan sebagainya, pastinya kalian sudah tau lah dengan sebutan ini.

Pelagis / Pelagic - Sebutan yang digunakan pemancing laut dengan kedalaman air kisaran 0 sampai 200 meter dan mencari ikan yang begerombolan banyak, intinya mancing di laut dalam.

Piranti / Peranti - Alat Pancing cadangan atau untuk memperbaiki bila terjadi kerusakan seperti ganti mata kail dan sebagainya.

Pole - Sebutan untuk joran pancing yang tidak mengunakan Reel seperti tegek dan sebagainya yang tidak pakai Reel gulungan tapi langsung saja.

Popping - Nah ini sebutan untuk tekhnik mancing juga yang sering disebut Popir atau Poper dimana mancing dengan tekhnik mencipratkan air dengan cara mengulung senar.

Rangkaian Setan - Biasanya sebutan ini disebutkan untuk merangkai mata kail sekali banyak tapi masih tetap mengunakan senar pancing melalui Reel dan joran pancing.

Reel - Pastinya ya tau la kan untuk kerekan senarnya, tapi pada bagian ini juga ada namanya masing-masing seperti:

  • Body, bentuk utama dari Reel.
  • Crank, pada bagian ujung Spool untuk mengunci kencang dan kendornya senar di dalam Spool.
  • Drag, kunci utama dibagian bawah atau belakang Spool supaya tidak bergerak kiri dan kanan gulungan senarnya.
  • Handle, ini adalah engkol tempat kita akan mengunakan senar.
  • Spool, ya bagian tempat senar itu atau slidernya.

Rod - Adalah nama lain dari Joran pancing.

Spinner - Ini adalah sebutan untuk umoan mainan yang bisa berputar saat di gunakan.

Spoon Lure - Ini sebutan untuk umpan yang dibuat mengunakan Besi lempengan seperti sendok dan lain sebagainya.

Spot - Ini sebutan untuk tempat mancing atau lokasi duduknya.

Stick - Kata lain untuk sebutan Joran pancing.

Karet Stopper - Ini biasanya sebutan untuk mengajal atau pembatas Pelapung, Timah dan sebagainya yang dimasukan ke senar untuk mengunakannya.

Strike - Ini sebutan dapat ikan dan akan menaikanya itu.

Tackle - Ini untuk sebutan semua peralatan mancing yang akan digunakan dan dibawa berangkat.

Teaser - Ini sebutan untuk spot lokasi mancing tertentu saja, jarang digunakan tapi tetap masih ada saja yang sering menyebutkannya.

Telak - Ikan memakan umpan sampai tertelan dan sulit untuk dilepaskan biasanya sering terjadi saat dapat ikan.

Tembir - Sebutan ini digunakan saat ikan makan tapi kena bagian mulut tipis atau lokasi lainnya yang paling mudah di lepaskan.

Tippet - Sebutan untuk tekhnik Fly Fishing saat akan memasang leader.

Triple Hook - Sebutan mata kail bercabang 3.

Dan Yang Terakhir Trolling - Biasanya untuk sebutan saat memasang pancing dibagian belakang perahu saat berjalan supaya dimakan ikan atau tidak dan hanya sebutannya ya seperti ini.

Nah semua istilah mancing diatas hampir yang paling sering di gunakan pada berbagai pemancing yang sealiran dengan hobi memancingnya seperti pemancing laut ya pastinya mengunakan istilah kata yang berhubungan dengan hobinya termasuk kalian yang hobi mancing di alam liar pastinya juga mengunakan kata yang sealiran.

Tapi, dengan mengetahui arti pengucapannya seperti diatas membuat kita jadi tau apa yang maksudkan teman kita saat mengucapkan kata tersebut. Sampai disini semogga bermanfaat untuk kita semua dan salam strike!

Posting Komentar untuk "Sebutan Istilah Dalam Mancing, Boncos, Mocel"