Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketapel Ikan, Beli dan Buat Sendiri

Ketapel ikan dengan cara beli atau buat sendiri terbilang pengunaanya hampir sama saja.

Tapi untuk ketahanan lamanya ketapel ikan ini, masih tetap tergantung dari bahannya masing-masing.

Ketapel ikan dengan cara beli atau buat sendiri terbilang pengunaanya hampir sama saja

Untuk yang kemungkinan suka mencari ikan mengunakan Ketapel, setidaknya pasti taulah kan cara mengunakannya.

Bila ingin dibuat sendiri, tapi belum tau cara membuatnya sudah pasti susah banget ini jadinya.

Tapi untuk yang memang masih terbilang baru ingin mencoba untuk mengunakannya, ya mau tak mau harus mengerti dengan tepat mulai dari bahan yang akan digunakan.

Cara membuat dan mengunakannya yang paling penting adalah mengerti dulu saja cara pakainya.

Walaupun terbilang untuk memakainya itu mudah, tapi tetap saja tidak semudah yang kalian pikirkan setidaknya tepat sasaran untuk mencari ikannya nanti.

Tapi yang paling penting hanya satu saja, yaitu cara untuk mencarinya lah yang harus benar-benar tepat.

Kalau untuk membuat atau alatnya itu terbilang sangat simpel dan mudah, yang penting punya kemauan untuk membuatnya.

Jadi untuk kalian yang ingin mengunakan ketapel ikan ini, kita mulai dari Nol yaitu pembuatanya saja sampai terakhir nanti untuk mencarinya supaya kalian bisa dapat banyak dengan ketapelnya.

Harga Ketapel Ikan Yang Bagus

Bukan hanya bagus, harga ketapel yang murah juga banyak

Bukan hanya bagus, harga ketapel yang murah juga ada banyak sekali yang bisa kalian beli kapan saja intinya tinggal di lihat sesuai atau tidak bila cocok tinggal buat pesanan.

Untuk kelebihan dari membeli ketapel ikan ini, adalah bentuknya yang terbilang keren dan bagus.

Sedangkan harganya sekitar dibawah Rp.100.000 saja, sudah dapat yang lumayan dengan anak panah hingga 10 buah, dengan ketapel 1 dan berbagai panah pastilah sudah pas untuk kalian gunakan.

Masalah harganya masih ada yang tersedia lebih murah lagi, tinggal search / cari Produk di Online Shope seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau Marketplace Facebook sebagai rekomendasi gunakan saja Online shope yang sudah terbiasa kalian gunakan.

Jangan lupa juga untuk sekalian membeli sarung tangan, saat mengunakannya supaya tidak langsung tergores ke kulit, nah saat semua peralatan ketapel ikan sudah punya tinggal start saja.

Tapi bila masih terkesan tidak mau yang ribet dengan mencari pembelian, masih tetap saja bisa membuatnya sendiri yang penting siapkan bahan dan pelajari sendiri untuk membuatnya.

Cara Buat Ketapel Ikan Sendiri

Bahan utama untuk membuat Ketapel ikan, ada pada Cagakan, Karet Pentil, Senar dan Panah.

Bisa tentukan sendiri bahan utamanya, mau mengunakan Besi atau kayu saja tetap bisa layaknya Ketapel (plinteng) sedangkan pelemparnya untuk yang kuat bisa pakai Karet Pentil ban saja.

Cukup beli karet pentil 6 dan beberapa karet gelang untuk mengikatnya nanti, untuk proses pembuatan pertamanya bisa buat sendiri dari kayu dan parang supaya terlihat rapih.

Setelah itu pasang karet pentil ban di sisi kanan dan kirinya lalu ikat mengunakan karet gelang.

Setelah pemasangan karet selesai, tinggal memilih bagian ujungnya ingin mengunakan tambalan atau cukup pengaitan dari panahnya nanti.

Untuk yang lebih mudah, gunakan pengait panahnya saja karena mengunakanya tinggal langsung kait dan lepaskan ke arah ikan yang sedang santai.

Nah kalau bahan untuk pengangannya sudah jadi, kalian tinggal buat besi untuk panahnya untuk simpelnya pakai Jari-jari motor juga bisa.

Cara Buat Panah Ketapel Ikan Dari Besi

Untuk membuatnya, pertama silahkan ambil jari-jari motor saja, kalau mau yang lebih besar beli saja besi behel di toko bangunan dengan ukuran sesuai keinginan kalian.

Saran gunakan saja besi behel karena cukup besar dan tepat untuk membuatnya.

Setelah besinya siap, potong dulu kira-kira sejengkal tangan atau sesuai keinginan, setelah dipotong ambil palu (penokok) dan kikir lalu runcikan dulu bagian ujung pertamanya dengan dipukul sampai gepeng dan kikir sampai tajam.

Jangan lupa untuk membuat siku supaya kalau kena ikan tidak lepas kalau di tarik.

Setelah membuat runcing pada ujung utama, lanjutkan dengan memukul sekilas bagian belakang untuk membuat pengait dan mengikat senar saat akan digunakan nanti.

Setelah jadi antara besi untuk panahnya, tinggal sesuauikan senar yang akan di gunakan untuk saran pakai yang ukuran 0.40 saja sudah cukup kuat untuk di gunakan dan tidak akan mudah putus.

Sedangkan untuk merek tidak akan berpengaruh, cukup beli senar geluntungan Rp.2000 per 10 meter saja sudah cukup.

Selanjutkan tinggal pasang dan mulai untuk mengenapel ikan targetnya, tinggal sesuaikan saja waktu yang tepatnya dan juga untuk besi panahan kalau bisa buat lebih dari 5 sebagai untuk cadangan mana tau terkadang ujung yang tadinya tajam menjadi tumpul.

Waktu Yang Tepat Untuk Ketapel Ikan

Untuk mencari ikan mengunakan ketapel bukan hanya dilihat dari waktu untuk mencarinya, tapi juga target ikan dan lokasinya.

Bila ingin mencari ikan di lokasi air yang keruh pastinya akan sulit, karena ikan tidak terlihat untuk di ketapel tapi tetap bisa mengunakan cara untuk mencarinya.

Jadi tinggal melihat dulu target ikannya, bila ikan yang aktifnya di siang hari maka bisa mencari tempat ikan berkumpul banyak.

Jadi saat melepaskan ketapel walaupun tidak kena secara target tapi tetap akan kena karena pas ditempatnya.

Waktu yang tepat untuk mencarinya adalah diwaktu siang hari pas cuaca panas, karena ikan pastinya akan berada di tempat yang rimbun supaya tidak langsung terkena panas seperti dibawah pohon atau bawah-bawah kayu.

Bila ikannya sudah mulai aktif seperti di pagi dan sore hari, kemungkinan akan sulit untuk menembak ikan mengunakan ketapel.

Walaupun sulit tapi tetap saja bisa di gunakan alatnya masalah kena atau tidaknya ya tinggal di coba saja dulu.

Waktu Ketapel Ikan Di Malam Hari

waktu ketapel ikan di malam hari

Ini adalah waktu yang tepat untuk mencari ikan dengan ketapel, tidak tau air keruh atau jernih tetap saja ikan akan kelihatan karena pasti mengunakan senter.

Usahakan warna dari senter yang digunakan putih terang jarak jauh yang bisa menembus kedalaman air.

Dengan memulai di malam hari ini, bila mencari target ikan yang aktif di siang hari pastinya akan tenang dan diam saat malam hari.

Dan yang aktif dimalam hari akan mudah untuk terlihat tinggal langsung keker dan lepaskan ketapel.

Jadi untuk waktu yang tepat ngetapelnya memang saat malam hari, sama seperti nyuluh ikan tinggal tergantung waktu sengang dan niat kalian lagi lah mau di siang atau malam hari.

Namun bila mulainya dimalam hari, jangan lupa untuk mengunakan sepatu bot atau membawa senjata lainnya.

Karena pada malam hari mencari ikan di air, sangat rawan dengan jenis ular welang dan kobro.

Jadi harap selalu berhati-hati dengan kaki, dan juga jangan lupa untuk hewan buas lainnya seperti babi atau buaya di air.

Karena malam hari terkadang binatang berbisa dan hewan ini tidak terlalu jelas untuk terlihat jadi harap waspada.

Kesimpulan
Alat ketapel ini sebenarnya digunakan untuk burung, tapi karena akal manusia dibuatlah yang untuk mencari ikan.

Jadi untuk mengunakannya, tinggal menyesuaikan dengan keinginan kalian.

Juga pada pembuatanya, bila susah dan ribet maka cari yang simpel dan mudah saja karena pastinya tetap cepat dan tidak membuang-buang waktu untuk berangkat ngetapel ikan.

Posting Komentar untuk "Ketapel Ikan, Beli dan Buat Sendiri"