Umpan Buah Ara (loa) Bisa Dipakai Untuk Mancing Ikan Apa Saja!

Dipinggir kali biasanya sering terlihat ada pohon ara (loa), bila yang sudah berwarna merah nanti akan jatuh dengan sendirinya ke air dan hanyut dibawa arus.

Untuk yang belum tau pasti biasa saja melihat buah ini lewat depan kalian duduk saat memancing ikan, tapi untuk yang sudah mengetahui biasanya akan langsung mengambil buah tersebut dan dijadikan umpan.

Tanpa kalian sadari, bila yang hanyut tadi sesekali akan dimakan ikan atau sekali teguk saja dengan ikan babon.

memang tidak tau kalau ikan paling senang dengan buah ara

Hanya saja kalau memang tidak tau kalau ikan paling senang dengan buah ara, ya tetap diabaikan saja.

Tapi dengan diterbitkanya artikel ini, kemungkinan kalian yang belum tau akan mengetahui ternyata ini adalah umpan yang jitu bila digunakan.

Seperti yang kita ketahu, bila ada buah yang jatuh dari pohon dipinggir kali, sudah pasti akan dimakan oleh ikan yang berada di dekatnya.

Bila ikan yang kecil, akan selalu bergerombol dan terus memakan, sedangkan kalau ketemu dengan babon sudah pasti cukup sekali lek saja masuk ke perut.

Jadi ternyata kan ini cocok digunakan untuk umpan, terutama untuk pemancing yang sudah mengetahui pasti akan diutamakan untuk memakai umpan ini, karena buah ara (loa) untuk umpan ikan:

  • Patin
  • Juaro
  • Baung
  • Sengerat
  • Pari sungai
  • Gurame
  • Saitam
  • Lampam
  • Mas
  • Semah
  • Sebarau
  • Baronang
  • Belanak
  • Dan sebagainya yang penting di dalam liar.

Namun perlu diperhatikan untuk pemasangan ke mata kail yang akan digunakan bila berniat pakai umpan ini.

Karena bila sekali pasang bulat aslinya tentu hanya ikan besar saja yang makan, berbeda bila dipotong-potong dulu kemungkinan yang kecil tetap langsung menyambar.

cara pasang umpan buah ara

Sekarang kita perkirakan saja seperti ini, bila kita mancing pakai umpan buah ara sudah pasti target ikan tidak selalu yang besar saja, bila kecil kena pancing ya tetap diambil juga.

Jadi alangkah bagusnya bila kita pakai 2 atau lebih joran pancing yang dipakai, dimana 1 untuk mancing yang kecil dan lainnya khusus untuk najur yang besar.

Sehingga bila ikan besar mulai mentiungkan ujung joran tinggal strike, sembari menunggu akan terus untuk dapat yang kecil jadinya tepat cara untuk memancingnya.

Sedangkan untuk pemasangan buah ara yang akan dijadikan umpan, pertama dijadikan utuh saja dengan memasang mata kail 2 atau 3 ke satu senar utama dan lainnya harus dipotong kecil sesuai dengan ukuran mata kail.

Tapi bila khusus untuk yang kecil, sebaiknya jangan langsung mengunakan dengan kulitnya, tapi ambil bagian dalam saja.

Atau juga bisa langsung kupas kulit mengunakan pisau kartel, lalu di potong kecil-kecil dan siap untuk digunakan umpan.

Sedangkan bila kalian memancing dengan target ikan yang besar, kalau terasa 1 utuh buah digunakan kebesaran, kalian bisa juga memotong dulu buahnya menjadi beberapa bagian.

Bisa cukup potong dadu dengan ukuran sesuai mata kail, dan pemasangan lebih dari 1 bila perlu sampai 4, 5 sekali pasang.

Dengan pemasangan ini, sudah pasti trik memancing ikan yang kalian gunakan sudah optimal untuk mendapatkan yang besar dan banyak.

Tapi ada 1 hal yang perlu diketahui, dimana pohon ara yang tumbuh di pinggir sungai, sering kali terdapat buah yang mirip tapi itu aslinya bukan.

buah ara yang tidak dimakan ikan

Jadi bila tanpa disengaja ketemu pohon yang mirip buah ara, lalu kalian gunakan untuk umpan sampai waktu yang lama tidak disambar ikan, bisa jadi itu hanya pohon buah yang mirip saja.

Karena bila memang asli buah ara sudah pasti dimakan ikan, jadi kalian harus tau betul mana buah ara dan bukan saat akan mengunakanya untuk umpan mancing ikan besar di alam liar, semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Umpan Buah Ara (loa) Bisa Dipakai Untuk Mancing Ikan Apa Saja!"