Umpan Ikan Keli dan Ini Penyebabnya Bila Sulit Dipancing

Mancing ikan keli atau lele hutan malam hari termasuk hobi yang sekaligus mencari lauk, kalau sudah ketemu nah barulah sip dan senang banget, bukan hanya dipancing saya tapi ngerong juga sip untuk mendapatkannya asalkan tau caranya saja.

Seperti yang kita ketahui, ikan keli memang mirip dengan lele

Seperti yang kita ketahui, ikan keli memang mirip dengan lele tapi bagian kepalanya lebih agak gepeng dan juga memiliki kumis.

Tapi kalian tidak sadarkan fungsi dari kumisnya, padahal umpan yang jitu kita gunakan ada hubungan dengan kumis ikan keli, dikutip dalam iktiologi dikenal sebagai "barbel", fungsinya adalah sebagai organ peraba karena mata ikan ini kebanyakan kurang mendukung penginderaannya.

Jadi seamis apapun umpan racikan yang dibuat tidak akan ada pengaruhnya bila untuk memancing ikan keli, berbeda bila lele masih tetap ada mengandalkan pencium untuk mencari makan.

Maka dari itu, untuk kalian yang hobi mancing ikan ini pastikan umpan yang digunakan sesuai secara alami saja.

Benerapa umpan ikan keli yang paling jitu dan ganas untuk digunakan seperti:

  • Cacing sampah
  • Cacing kalung
  • Jangkrik
  • Ulat daun pisang
  • Ulat bambu
  • Anak tawon
  • Dan buah ara (tin).

Beberapa umpan diatas bisa kalian coba untuk memancing ikan keli, tapi untuk beberapa umpan perlu pemasangan yang khusus, untuk lebih jelasnya seperti ini.

Bila kalian mengunakan jenis cacing baik yang sampah atau kalung, usahakan di matikan sejak dari rumah karena ikan keli tidak mengandalkan aroma amis dari cacing, jadi cukup yang mati saja tapi butuh proses agak lama supaya lebih ganas dimakan umpan cacingnya.

Sedangkan bila kalian mengunakan umpan jangkrik, pastikan untuk yang besar saja seperti Gangsir dan pastikan memiliki sayap saat dipasang.

Bila kalian mengunakan jenis umpan ulat bambu, pisang dan anak tawon, sebaiknya sebelum dipakai siram dulu dengan air panas agar bagian protein dalam ulat dan anak tawon tidak hilang terbaru arus air. Tujuan menyiram dengan air panas ini agar utuh umpan yang digunakan.

Untuk yang terakhir ini buah ara paling jitu, karena tidak akan butuh waktu yang jelas disambar ikan keli karena memang sudah termasuk jadi makanan alami ikan keli, cara untuk mengunakanya juga simpel tinggal potong sesuai ukuran mata kail saja.

Mengunakan sesuai cara diatas pastinya kalian tidak akan kecewa saat macing ikan keli, karena bila terdapat kesalahan malah buat susah mancing dan kadang strike hanya beberapa ekor saja.

Disinilah sebabnya bila kalian memancing ikan keli malam hari tapi tidak dapat, bukan karena tidak ada ikan keli bila sudah dipastikan spotnya tapi memang karena pengunaan umpan yanh dipakai tidak sesuai dengan prilaku ikan keli.

Dengan cara yang dibagikan tadi, sudah jelas pasti strike karena sudah sesuai dengan karakter ikan keli dan termasuk mengunakan umpan secara alami saja.

Juga perlu diketahui, bila tanpa umpan yang disebutkan tadi ikan keli cenderung memakan apa saja yang ditemui dan merasa selera dimakannya.

Seperti akar rumput sekalipun tetap dimakan, tapi pada keutamaan makanan ikan keli ya secara alami adalah buah, jadi bisa juga kalian simpulkan pohon apa yang berada disekitar air tersebut dan buahnya sering jatuh ke air dan ini bisa dipastikan akan tetap dimakan ikan keli karena sudah secara naluria memakan apa saja yang bisa di dapat.

Posting Komentar untuk "Umpan Ikan Keli dan Ini Penyebabnya Bila Sulit Dipancing"