Cara Membuat (meracik) Umpan Ikan Nila Dari Mie Instan Soto

Cara membuat racikan umpan ikan nila dari mie instan, ada banyak sekali caranya namun untuk yang jitu sudah pasti terus digunakan, kecuali bila boncos sisa yang masih banyak pun dibuang.

Cara membuat racikan umpan ikan nila dari mie instan

Tapi liat juga lokasi tempat kalian memancing ikan nilanya dulu, terkadang memang tidak mau dimakan oleh target tapi jenis yang lain masih tetap mau seperti Gabus, Betok dan Keting.

Kecuali bila kalian memancing memang di spot untuk ikan nila saja, membuat umpan racikan dari bahan utama mie instan jelas terus dipakai atau dibuang.

Seperti yang kita ketahui, pada umumnya ikan nila sama dengan mujair, akan selalu ganas bila mengunakan lumut, tapi untuk yang kecil lebih dulu gerombolan sehingga habis dan pasang lagi sampai strike babon.

Bila mengunakan mie instan yang diracik, sudah jelas target hanya untuk yang babon saja, termasuk yang sering saya gunakan untuk memancing ikan nila tapi hanya mengunakan mie instan soto.

Pernah nyoba mie yang lainnya tapi tetap tidak dapat, juga mie soto yang dipakai adalah sedap.

Untuk membuat umpan ikan nila dengan mie instan ini, ada 2 cara yang pernah dicoba dimana yang pertama hanya mengunakan minyak dan bumbunya saja dan yang kedua pakai racikan.

Untuk membuat yang hanya mengunakan bumbu langsung, tidaklah sulit bahkan terkesan biasa saja.

Cukup di rendam dulu dengan air panas seperti akan dimakan, tunggu sampai lembut dan keluarkan air sampai benar-benar kering dulu.

Bila sudah tidak ada air lagi di dalamnya, tinggal campurkan semua bumbu dan minyak yang ada lalu remas-remas mengunakan tangan sampai semuanya bercampur.

Kalau cara mencampurkan saya, yang pertama dimasukan adalah bumbunya lalu diremas sambil dikocok, bila dilihat sudah bercampur baru dimasukan minyak dan remas lagi.

Meremas bumbu mie instan bukan agar mienya hancur, tapi supaya bumbu menempel dan waktu dikasih minyak biar melekat tidak mudah lepas saat digunakan umpan.

Untuk cara pakainya tinggal dicuil mengunakan kuku jari dengan ukuran kecil saja, tapi perlu diperhatikan pengunaan mata kail usahakan yang tipis, halus dan tajam seperti Nissin atau Wormer.

Mengunakan umpan mie soto diatas cocok untuk ikan nila liar, tapi yang belum pakai mie sebagai umpannya.

Sedangkan bila untuk racikan, saya mengunakan campuran sebagai berikut:

  • 1 bungkus mie instan soto
  • 2 butir telur burung puyuh
  • Ubi jalar ungu rebus 2 sendok makan
  • Pasta pandan 1 sendok teh
  • Dan vanilli setengah sendok teh.

Untuk cara membuatnya pertama ambil gelas dan masukan 3 sendok makan air biasa, campurkan pasta dan vanilli lalu aduk sampai semuanya larut.

Lalu giling mie instan soto sampai halus tanpa minyak dan bumbu, kemudian masukan 2 sendok air dari gelas tadi dan aduk.

Bila mie instan masih keras saat diaduk bisa campurkan lagi dengan air, bila sudah terlihat pulen mie tadi barulah masukan ubi jalar dan kuning telur puyuh lalu aduk sampai semuanya nyatu.

Bila sudah terasa pulen, maka sudah bisa kalian gunakan untuk memancing ikan nila dengan racikan mie instan soto diatas. Selamat mencoba dan semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat (meracik) Umpan Ikan Nila Dari Mie Instan Soto"