Joran Pancing Bambu Orang Jaman Dulu

Kelebihan dan kekurangan memancing ikan pakai joran bambu untuk garan memang tetap ada, karena sedari dulu pengunaan alat pancing ini sudah ada sebelum kita hobi.

joran pancing bambu jaman dulu

Hampir kebanyakan orang tua, nenek moyang yang lebih dulu ada pada hobi mancing ikan pasti hanya akan mengunakan joran ini saja sebagai garan.

Khususnya untuk memancing pada lokasi rawa dan sungai kecil, terkesan lebih simpel kan digunakan dan juga cepat.

Sedangkan bila untuk sungai besar, biasanya pemancing jaman dulu tetap sudah mengunakan Senar, Kail, Timah atau Bandul, Ring juga Reel hanya saja pembuatanya berbeda untuk kita sekarang.

Dimana Senar dulu yang digunakan sedapatnya, jarang dengan berbagai merek ternama seperti sekarang ini, hanya cukup sesuai langsung pakai.

Kail pancing ya juga begitu, jarang ditemui bermacam-macam hanya cukup terlihat bagus dan tajam siap pakai.

Sedangkan Timah pemberat lebih banyak yang membuat sendiri, baik dari beli lalu cetak.

Jika Ring banyak yang hanya mengunakan kawat halus atau bolongan peniti, lalu dirangkai sendiri dan di ikat dengan benang jait saja.

Bila Reel nah ini baru unik, dimana jaman dulu kebanyakan hanya mengunakan kaleng saja untuk mengulung dan mengulur senarnya.

Aslinya jaman dulu itu juga tidak kalah asik dengan sekarang, dimana ikan masih banyak disungai juga tidak banyak pemancing seperti sekarang.

Kini kita kembali sesuai judul artikel ini untuk membahas lebih jauh tentang joran dari bambu ini, yuk coba kita bahas agak jauh sedikit.

Kelebihan dari mengunakan joran ini terbilang tidak mudah patah, kuat dan lebih ringan dari pada Joran Fiber atau Susun Carbon.

Terutama saat digunakan memancing di sungai kecil dan rawa, tidak perlu waktu yang lama soal pemasangan alat dan umpan.

Dari sentakan juga lebih bisa maksimal, tak heran jika salah mengunakan ukuran senar lebih mudah untuk putus, karena bagian ujung joran bambu lebih kaku jadi sentakan tetap langsung nyentak bila difungsikan.

Kecuali bila ikan yang memakan babon pastinya juga akan mentiung sih, tapi tetap unik dan wah pengunaan joran bambu seperti orang jaman dulu sedangkan.

Kekurangan joran bambu ini mencolok saat akan digunakan, sangat terlihat dan tidak bisa disusun agar lebih pendek.

Bentuknya hanya begitu saja, bila panjang 2 meter ya seperti itu sajam, kesannya ribet bila dibawa-bawa saat akan memancing.

Untuk kekurangannya hanya sebatas itu saja, ribet membawanya sedangkan untuk mengunakannya ya masih tetap asik saja.

Jadi sekarang begini saja, mengapa para pemancing jaman dulu lebih suka joran bambu? Karena memang pada zaman itu masih terkesan sulit untuk menemukan toko alat pancing.

Berbeda untuk jaman sekarang, apa saja yang dibutuhkan alat pancing mudah ditemukan.

Itulah sebabnya, bila kalian masih memiliki kakek yang dulunya hobi mancing lebih mengutamakan pakai joran bambu, karena memang saat itu belum ada yang menjualnya.

Jadi yang digunakan sebatas wajar dan mudah untuk ditemukan saja.

Nah ulasan diatas, hanya sebatas mengingat kakek kami yang dulunya juga hobi mancing, dengan masih menyimpan puluhan tahun bambu pancing.

Saat melihat kamar khusus meletakan alat pancingnya ada banyak sekali joran bambu, jadi pembuatan postingan ini sebatas untuk dibaca lagi dilain waktu karena memang sulit ditemukan untuk mengingat orang dulu mancing mengunakan joran bambu.

Posting Komentar untuk "Joran Pancing Bambu Orang Jaman Dulu"