Ini Umpan Ikan Tawes Yang Susah Makan

Umpan untuk memancing ikan tawes, memang sangat di perlukan buat kita pakai saat memancingnya, semakin kuat aroma yang disukai ikan tawes maka akan semakin cepat nyambar dan strike dapat banyak.

membuat umpan untuk mancing ikan tawes yang sedang susah makan

Tapi sangat disayangkan, terkadang ada ikan tawes yang sedang ngambek mogok makan, jadi terkesan sulit sekali untuk mendapatnya saat di pancing.

Kalian harus menyiapkan tandingan untuk umpan ikan tawes yang yang susah makan, bila tidak tepat yang di pilih nah sama saja siap-siap boncos lagi.

Namun pada umumnya jika kalian mengunakan umpan yang tepat untuk memancing ikan tawes, jarang boncos walaupun besar kecil tetap saja dapat.

Kecuali umpan yang kalian pakai memang bukan untuk digunakan dengan target tawes, selain itu jam makan ikan tawes memang belum tepat sehingga saat kalian pancing memang belum saatnya.

Untuk itu, memancing ikan tawes harus dengan pertimbangan yang tepat, baik di mulai dari:

  • Jam makan ikan tawes
  • Alat pancing ikan tawes
  • Titik lokasi tempat yang banyak ikan tawes
  • Umpan jitu ikan tawes
  • Dan cara memancing ikan tawes.

Sebelum ikan tawes susah memakan umpan yang kalian gunakan, silahkan perhatikan dulu beberapa trik memancingnya diatas.

Bila belum paham dengan pengunaanya, berarti bukan kesalahan ikan tawes tidak mau makan itu ada pada umpannya.

Agar lebih jelas persiapan untuk mancingnya diatas tadi, berikut akan di jelaskan hingga pembuatan umpan yang jarang meleset untuk mancing ikan tawes.

Untuk Jam Makan Ikan Tawes biasanya terbagi menjadi 3 sesi saja seperti Pagi, Siang dan Sore sedangkan malam hari sangat jarang ikan ini keluar dan bisa dipancing, kecuali tepat melemparkan umpan di mulutnya, untuk waktu memakannya sebagai berikut:

  1. Pagi, dimulai dari jam setengah 7 saat panas matahari baru naik, hingga jam 10 bila awalnya mendung atau hujan makan mulainya antara 9 tapi jarang.
  2. Siang, jika langsung terasa panas sekali sangat cocok dipancing jam 1 hingga setengah 3, jika mendung atau hujan memang jarang yang makan mulainya nanti lagi.
  3. Sore, bila tidak ada hujan atau mendung mulai makan jam 4 hingga menjelang magrib, bila panas lebih aktif lagi memakannya.

Sedangkan untuk alat pancing, yang mesti dipikiran paling utama adalah senar dan kail pancingnya.

Untuk jenisnya boleh Fluorocarbon, Nylon atau Monofilament sama saja yang penting sesuaikan diameter yang digunakan dan bias warna Clear.

Diameter senar pancing untuk ikan tawes, akan cocok kalian gunakan dengan ukuran 0.18 hingga 0.14 juga usahakan yang lemas.

Bila kail pancing yang di pakai, minimal ukuran menyesuaikan seperti merek Nissin atau Sasame dengan nomer 3 kecil ke bawah, kecuali bila kalian mengunakan tekhnik Ombyok tidak masalah pakai yang 8 atau 9 besar.

Perlu diketahui ukuran kail pancing berdasarkan urutan nomer 1 kecil dan membesar pada 15, jika saat kalian membeli dengan urutan besar dulu berarti yang nomer terakhir paling kecilnya.

Selanjutnya untuk lokasi keberadaan ikan tawes, biasanya di air yang berarus sedang juga dalam dengan tekhnik dasaran.

Jika tempat kalian mancing di sungai arus deras, spot memancingnya ada pada pinggiran minimal meletakan umpan pada jarak paling jauh 2 meteran.

Jika diatas sudah kalian koreksi dan ikan tawes memang sudah tidak mau makan lagi barulah urusannya dengan makanannya, memang ada beberapa racikan umpan yang biasanya digunakan untuk memancing ikan tawes.

Tetapi bila terlanjur susah makan, biasanya saya mengunakan racikan dengan bahan:

  • 1 Bungkus Mie Instan
  • 1 Keping tempe
  • 1 Siung Bawang Putih
  • 4 Sendok Makan Protein Powder Amino
  • Dan setengah iris batang keladi sebesar bawang.

Bukan bahan diatas saja yang nantinya digunakan tapi ada trik khususnya, untuk cara meracik umpan diatas tinggal haluskan dulu mie instan, boleh di blender atau giling.

Setelah halus baru tumbuk tempe agar hancur halus, kemudian salin tempe yang sudah halus ke wadah untuk mencampurkannya dengan mie instan, biasanya kebanyakan pemancing yang meraciknya langsung pada gilingan.

Tetapi nantinya sering bawang putih dan batang talas yang digiling tidak merata saat di campur.

Jadi bila versi saya cukup aduk kedua bahan utama dulu di wadah pakai tangan biar mudah rata, lalu giling bawang putih dan keladi sampai halus dan campurkan 3 sendok makan air dan ulek, baru dipindahkan ke bahan utama dan aduk mengunakan alat agar tidak lengket ke tangan.

Jika adonan racikan umpan ini terkesan sudah merata, lalu pindahkan ke plastik dan masukan 4 sendok makan protein powder amino lalu lumat pakai tangan.

Bila sudah jadi, ambil umpan secukupnya lalu pindahkan ke plastik lain dan jemur hingga kering untuk dibawa mancing nanti.

Untuk cara mengunakan umpan diatas, pertama pasangkan ke kail pancing sesuai ukuran dan tunggu beberapa saat dimakan ikan tawes atau belum, karena mungkin titik yang kalian pasangi umpan memang bukan titik lokasi ikan tawes.

Bila dipastikan belum di sengol angkat dan lihat umpannya dan ganti dengan yang baru, bila bersisa yang sudah dipakai tadi lemparkan ke air lalu gunakan yang barunya.

Setelah umpan masuk ke air, ambil persiapan racikan yang sudah di jemur dan kering tadi, tapi dikit saja untuk ditaburkan ke air agar ikan tawes yang ada pada bagian bawa tempat kalian memasang umpan naik mencari sumber aroma dari protein powder amino yang dicampurkan ke umpan tadi.

Perlu kalian ketahui, protein powder animo adalah perangsang nafsu makan ikan, jika kalian pakai campuran untuk umpan ikan tawes maka tidak akan meleset walaupun sedang susah makan.

Kecuali bila lokasi yang kalian pancing memang tidak ada ikan tawesnya, sampai disini semogga bermanfaat racikan yang sudah dibagikan tadi.

Posting Komentar untuk "Ini Umpan Ikan Tawes Yang Susah Makan"