Waktu Yang Tepat Untuk Memancing Ikan Di Sungai

Memancing ikan tanpa perhitungan waktu atau jam, terkadang hanya berdasarkan hobi tanpa pemikiran saja, selagi senang kumpul sama teman berangkat. Urusan dapat atau tidak ikan yang dipancing belakangan sing penting nguncal.

waktu memancing yang paling tepat agar mendapatkan ikan yang besar dan banyak

Akan tetapi berbeda untuk para pemancing dengan penuh perhitungan, setidaknya mengerti waktu yang tepat untuk memancing ikan.

Setelah tepat prediksinya, barulah start mulai berangkat hingga meletakan umpannya.

Seperti yang kita ketahui sebagai pemancing ikan, baik di alam liar atau peliharaan untuk perhitungan waktu tetaplah sama saja dimana pada umumnya terbagi 3 waktu saja seperti:

  1. Pagi
  2. Siang
  3. Sore

Beberapa jenis ikan nokturnal akan lebih aktif di malam hari, namun dengan waktu berbeda.

Untuk lebih jelas perhitungannya seperti ini:

  • Pagi:
    Ini waktu pertama hampir semua ikan memakan, dimulai saat matahari mulai terbit berjalan panas antara setengah 6 hingga 8, 9 pagi tapi kembali pada suhu air jika melewati hujan.
  • Siang:
    Memasuki setengah 1 hingga jam 2 saat yang tepat memancingnya, terutama cuaca yang panas terik sudah pasti strike ikan dengan cepat dan mudah.
  • Sore:
    Dimulai jam setengah 4 hingga berakhirnya magrib. Pada saat ini, terkadang ada yang pengaruh saat air dingin dan ada juga yang tidak.

Waktu yang tepat untuk memancing ikan disungai atau lainnya, tidak akan meleset pada pagi hari diatas, jika terkendala selepas hujan malam harinya paling hanya 1 jam saja. Menjelang matahari naik dan mulai panas ikan besar kecil keliaran dan waktunya mencari makan.

Masih tanpa kalian sadari memancing ikan di pagi hari waktu yang paling tepat? Perhatikan ikan sungai yang aktif dimalam hari seperti Belida, Baung, Lele dan lainnya pada waktu pagi tetap aktif dan sering di dapat pemancing.

Perhitungan yang sering meleset itu ada pada siang hari dimulai pada setengah 1 hingga jam 2 atau 3, kalau lagi kadar air benar-benar hangat tidak akan membutuhkan waktu yang lama pasti strike atau malah sekalian sore hari saja.

Waktu yang dibagikan ini sesuai dengan pengalaman pribadi, mungkin kalian juga pernah mengalaminya namun tanpa disadari dan terpikirkan.

Jika kalian ingin menyadari waktu memancing ikan disungai atau dimana saja, perhatikan lebih dulu cuaca lalu positifkan dengan waktu duduk menuggu joran pancing dan strike. Saat itu perhatikanlah waktu, bisa dari jam tangan atau Hp, pasti tidak akan meleset karena sudah beberapa kali di cocokan sedari dulu memang itu waktunya.

Kecuali jika memancing ikan dimalam hari, waktunya ada pada menjelang magrib saatnya keluar hingga 9 malam atau 11 setelah itu berhenti makan berlanjut pada menjelang subuh hingga matahari terbit, inti batasnya ada disetengah 6 atau sekalian 8 pagi.

Masih belum menyadari juga? Perhatikan saat memancing ikan lele saat terang bulan atau tidak, memasuki waktu diatas bahwa mulai jam 6 sore pada rimbunan tetap bisa dapat termasuk baung dan sebagainya.

Perhatikan waktu mancing ikan lele jika saat terang bulan, menjelang purnama tenggelam justru lebih ganas pada waktu tersebut.

Liat juga ikan belida, tidak perduli terang bulan atau tidak pada waktu diatas pasti bisa mendapatkannya.

Kesimpulan
Mengetahui waktu memancing ikan diatas, bisa dikatakan penting untuk para pemancing ikan yang memang hobi tapi tidak untuk yang sekedar menghabiskan waktu saja.

Dengan tau waktu, justru bermanfaat untuk kita sendiri. Dimana saat akan berangkat hanya memprediksikan waktu dan cuaca dulu, saat berada dilokasi lebih menyadari kapan saatnya ikan makan dan menunggu lagi pada saat selanjutnya. Jadi yang diterka hanya mendekati saja dan jika belum waktunya tetap bisa santai dulu dirumah, sampai disini semogga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Waktu Yang Tepat Untuk Memancing Ikan Di Sungai"