Cara Membuat Essen Ikan Nilem, Bawang Putih, Royco, Minyak Sawit

Cara Membuat Essen Ikan Nilem, Bawang Putih, Royco, Minyak Sawit. Beberapa bahan ini yang paling utama banyak dipakai, selain pembuatannya mudah jika diracik untuk umpan tidak membutuhkan banyak bahan lainnya lagi karena begitu di olah langsung siap untuk strike ikan nilem.

Cara Membuat Essen Ikan Nilem, Bawang Putih, Royco, Minyak Sawit

Intinya begini, bila sudah ada biang Essen untuk ikan nilem yang dibuat sendiri, saat akan membuat umpan dengan Tepung maka tidak memerlukan yang lagi, tapi cukup diberikan saja Essen ikan nilem lalu siap untuk digunakan.

Nah untuk kalian yang ingin meracik cara membuat Essen ikan nilem, berikut ada 3 aroma yang bisa digunakan secara terpisah dan untuk membuat yang pertama adalah minyak kelapa sawit.

Minyak sawit ini umpannya dipadukan dengan Tepung Aci, termasuk juga cara membuatnya tidak sulit. Pertama siapkan kelapa sawit tua, boleh satu plastik atau secukupnya yang dibutuhkan oleh kalian, lalu rebus dulu dengan air kurang lebih sampai warnanya berubah jadi kecoklatan.

Setelah warna sawit yang direbus tadi berubah, siapkan wadah untuk memisahkan kulit dan bijinya dulu. Setelah semua terpisah tumbuk sampai agak lembut, lalu ambil kain dan peras sambil menampung minyak yang keluar.

Bila kulit sawit terasa sudah kering tidak ada minyaknya lagi, ya tinggal dibuang dan gunakan minyak ini untuk membuat umpan ikan nilam.

Bila cara diatas termasuk yang paling mudah dibuat, silahkan buat Essen ikan nilem yang agak rumit dengan mengunakan Bawang putih dan royco. Untuk cara membuatnya, pertama siapkan 8 siung bawang putih dan 2 bungkus royco ayam lalu blender sampai halus atau giling saja.

Bila sudah halus semua, campurkan dengan air putih dan masukan ke gelas bening lalu biarkan sampai 2 harian. Bila sudah terlihat warna air berubah, perhatikan pembatasnya karena biasanya yang bagian bawah agak kekuningan dan atas masih bening seperti biasa.

Nah silahkan buang air putih yang bening tadi agar terpisang dengan yang warna agak kuning, karena ini yang diambil untuk bahan Essen ikan nilem.

Bila trik saya memisahkan air ini mengunakan suntikan yang biasanya dijual untuk mainan anak-anak, diambil secara berlahan lalu buang sampai yang ditinggalkan warna kuning dan ada beberapa bekas bawang cukup di saring saja boleh langsung pakai suntikan atau saringan teh yang penting bisa diambil dengan aroma aslinya.

2 Cara membuat Essen ikan nilem diatas yang paling sering saya gunakan dengan campuran tepung aci, tapi hanya digunakan untuk memancing di air bening yang penting tidak keruh saja airnya. Daya sambaran ikan nilem juga cepat, berbeda dengan membuat umpan racikan yang biasanya, akan tetapi pembuatannya Essen ini terkesan agak ribet bila dibuat dikit, jadi sekali buat mesti banyak agar bisa dipakai berulang-ulang!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Essen Ikan Nilem, Bawang Putih, Royco, Minyak Sawit"